MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Membersihkan Roda Mobil di Rumah

MAR 16, 2018@17:00 WIB | 256 Views

Roda mobil yang kita lihat kebanyakan terbuat dari aluminium dan magnesium yang berfungsi menahan ban. Beberapa mobil juga masih menggunakan velg kaleng plus penutup roda plastik yang ditempel. Roda-roda mobil ini juga harus selalu dijaga tampilannya agar selalu terlihat bagus. Penggunaan mobil yang sering dapat membuat roda mobil anda berdebu dan tidak enak dipandang. Jika anda menyisihkan sedikit waktu dan uang anda untuk merawat roda mobil, maka mobil anda kelihatan seperti baru juga nantinya.

Debu korosif akibat rem dapat menggores roda dapat menyebabkan perubahan warna, dan pengelupasan velg. Bahkan jika kejadian tersebut terjadi secara terus menerus dan roda tidak diganti, maka harga jual mobil akan sangat turun. Ketahuilah bahwa orang tidak melihat mobil telah tercuci saja, namun “kilau” roda juga menjadi pengamatan utama dari orang lain.

Kabar baiknya, untuk memiliki roda kinclong dengan aman dan dikerjakan dirumah sangat gampang, jika dikerjakan dengan perawatan dan produk yang benar. Direkomendasikan untuk merawat roda anda dengan pembersih roda yang relative baru yaitu pH netral dan yang menetralisir endapan besi dari debu rem yang menempel di velg mobil.

Lebih lanjut lagi ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar roda mobil anda menjadi “kinclong” kembali:

  1. Pilih spons busa besar. Atau, ambil sikat dengan bulu lembut. Roda mudah tergores, jika menggunakan sikat keras. Sikat gigi bekas sangat baik untuk membersihkan roda, karena teksturnya yang lembut.
  2. Rendam spons dan sikat di air selama beberapa menit sebelum digunakannya.
  3. Gunakan dua ember.  Ember pertama untuk digunakan dengan pembersih dan ember kedua untuk membilas spons dan sikat. Dengan begitu, kotoran yang sebelumnya disikat tidak kembali lagi ke roda.
  4. Pastikan roda dalam keadaan dingin, agar hasil pencucian baik.
  5. Jangan terburu buru dibilas. Biarkan sejenak sabun yang ada di roda. Tunggu beberapa menit sebelum anda membilasnya.
  6. Cucilah mulai dari roda bagian atas hingga ke bawah. Agar kotoran yang disikat akan turun, dan tidak menabrak permukaan yang baru dibersihkan.
  7. Setelah itu bilas dan keringkan roda setelahnya.
  8. Jika perlu, gunakan wax khusus roda, agar melindungi roda dari debu. Wax roda lebih murah dibandingkan tambahan lain untuk melindungi “kilauan” roda anda.[pram/timbx]

Tags :

#
autotips,
#
roda