MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memegang Setang Motor yang Benar

MAY 24, 2018@17:00 WIB | 1,985 Views

 (Ilustrasi riding position yang benar)

Lantaran dianggap sepele, banyak orang yang memegang setang motor dengan cara yang salah. Umumnya, banyak orang yang mengambil setang dari depan, dan memegangnya dalam kondisi tangan yang lurus.

Sekali lagi, itu adalah cara memegang setang motor yang salah. Memang, memegang setang dengan cara seperti itu tidak berefek besar pada keamanan, tapi itu berpengaruh terhadap keefektifan berkendara.

 (Contoh riding position yang salah)

Cara memegang setang motor yang benar adalah dengan mengambilnya dari luar. Saat memegang setang, siku kita dalam posisi yang melebar, bukan lurus seperti yang biasa dilakukan.

Saat memegang setang, pastikan juga jempol kanan berada dalam posisi yang melingkari putaran gas. Ini perlu dilakukan dengan tujuan agar kita dapat dengan mudah memutar gas.

 (Menikung jadi lebih mudah jika kita memegan setang dengan benar)

Lantas, kenapa kita harus mengambil setang dari luar dan memegangnya dalam kondisi siku yang melebar? Tujuannya adalah supaya kita bisa melakukan handling dan manuver dengan mudah.

Karena handling dan manuver bisa dilakukan dengan lebih mudah, maka kita juga tak akan menemukan kesulitan berarti saat ingin menyalip. Tak hanya itu, memegang setang dengan cara yang benar juga dapat membuat kita tidak cepat lelah dalam berkendara. [APSG/timBX]

Tags :

#
riding,
#
riding position,
#
setang motor,
#
auto tips