MENU
icon label
image label
blacklogo

9 Tips Beli Motor Bekas

OCT 08, 2021@19:30 WIB | 175 Views

Membeli sepeda motor bekas bisa menjadi nilai yang bagus jika Anda menemukan sepeda motor yang dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan dokumen yang lengkap.

Hal terbesar yang perlu diingat saat membeli sepeda motor bekas adalah tidak terburu-buru dalam prosesnya. Orang-orang terburu-buru dan mungkin hanya ingin membeli sepeda pertama yang sesuai dengan anggaran mereka. Tapi itu mungkin bukan kepentingan terbaik mereka.

Luangkan waktu untuk menemukan sepeda motor yang tepat untuk kisaran harga Anda. Dan inilah tips yang harus Anda lakukan.

1. Cari Kerusakan

Periksa sepeda motor secara visual dan pastikan tidak ada goresan atau bantingan besar. Berikan perhatian khusus pada tangki bensin; jika penyok, mungkin perlu diganti. Lihat juga pipa knalpot, dan periksa apakah ada warna biru pada logam, yang bisa menunjukkan bahwa sepeda motor terlalu panas.

2. Periksa Ban

Masukkan jari Anda ke dalam tapak ban, jika itu menutupi ujung jari Anda, itu dalam kondisi yang baik. Jika tidak, atau jika ban aus di satu sisi atau yang lain, itu mungkin menunjukkan masalah dengan keselarasan atau mungkin roda bengkok. Pastikan juga spatbor tidak menyentuh ban, yang dapat menyebabkan keausan yang tidak normal atau tidak merata.

3. Dengarkan Mesinnya

Suara harus halus dan bersih. Dengarkan apakah ada ketukan atau gemeretak, yang bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti baut yang kendor atau menunjukkan masalah yang lebih besar. Perhatikan juga pemalasan, suara kasar dapat menunjukkan masalah dengan gas atau berarti mesin tidak bekerja untuk sementara waktu.

Baca juga: 10 Tips Bagi Anda yang Ingin Touring Sepeda Motor!

4. Nilai Minyaknya

Saat Anda melihat ke jendela oli atau mengeluarkan dipstick, Anda ingin melihat cairan semi-transparan berwarna coklat tua. Jika oli berwarna hitam, itu belum diganti baru-baru ini. Periksa juga bagian bawah sepeda motor apakah ada kebocoran oli, yang dapat mengindikasikan masalah dengan paking utama (atau yang lebih buruk).

5. Periksa Mileage

Pastikan odometer memiliki jarak tempuh yang wajar. Semua nol atau jarak tempuh yang sangat rendah bisa berarti seluruh speedometer telah diganti dan sepeda motornya TMU, atau "mil yang sebenarnya tidak diketahui.”

6. Minta Dokumen

Apakah sepeda motor mengalami kecelakaan atau mengalami perbaikan besar? Apakah ada penarikan kembali di atasnya? Melakukan pencarian di Nomor Identifikasi Kendaraan, atau VIN (terletak secara vertikal di leher kemudi), dapat memberi tahu Anda semua yang diketahui tentang sejarah sepeda motor, termasuk apakah itu dicuri. Ini juga akan membantu Anda memastikan sepeda memiliki judul yang jelas, yang bebas dari hak gadai.

7. Lakukan Test Drive

Duduklah di atas sepeda motor untuk memastikan ukurannya tepat; Anda harus bisa meletakkan kaki Anda rata di tanah untuk stabilitas. Kemudian lakukan perjalanan singkat—bahkan hanya satu mil saja sudah cukup. “Pastikan sepedanya nyaman dan tidak terlalu berat,” kata Kirby. "Kamu harus tahu kamu bisa mengatasinya."

Baca juga: 6 Tips Untuk Pengendara Motor Baru

8. Apakah Ini Diperiksa

Dealer harus memiliki mekanik bersertifikat yang telah memeriksa sepeda motor, tetapi jika tidak, atau jika Anda membeli dari individu, mintalah sepeda motor diperiksa oleh mekanik luar sebelum Anda membeli.

9. Teliti Harganya

Untuk menentukan apakah harga yang diminta wajar, pastikan model serupa diberi harga dalam kisaran yang sama. Periksa dealer sepeda motor dan sumber online, dan jika harga yang diminta tampaknya terlalu tinggi, atau rendah, tanyakan alasannya. Jika menurut Anda harganya tinggi, jangan takut untuk bernegosiasi.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tips beli motor,
#
tips untuk pria,
#
9 tips beli motor bekas