MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Percaya dengan Kemampuan Tim Internal Hadapi Musim 2021

JAN 19, 2021@08:00 WIB | 147 Views

Kepergian manager tim Davide Brivio ke dunia balap Formula 1 adalah langkah tepat bagi karier Brivio, namun bagaimana nasib tim yang baru menyabet gelar juara dunia ini? Kali ini kami akan menyarikan wawancara khusus dengan pimpinan proyek Suzuki Ecstar Shinichi Sahara terkait langkah tim di tahun 2021 ini. "Kami bisa memanage kendali tim, kami optimis lebih bersatu dari sebelumnya," tukasnya.

Bagaimana kabar kepergian Brivio sangat mempengaruhi Anda?

"Tentu saja, ini membuat saya shock. Saya menghargai kepergiannya, setelah dia datang bergabung dengan Suzuki membuat proyek dan mengembangkan tim menjadi yang teratas. Pikiran dan langkah kami sangat dipengaruhi olehnya. Cara kerja kami dan arah keputusan yang harus diambil, kami cukup faham. Dibantu dengan staf ahli untuk mengelola tim, saya cukup mempercayai tim kami, termasuk Davide yang membantu membangunnya."

Perasaan tim setelah pengumuman Davide Brivio keluar?

"tentu semua tim kami terkejut. Namun tak lama kemudian, kami berfikir untuk menyatukan tim, dan mengatasinya secara bersama-sama. Kami bersatu dalam satu brand Suzuki. Tim Suzuki Ecstar bersiap memberikan 150% untuk melanjutkan tantangan MotoGP2021 dengan langkah terbaik."

Apakah Cukup modal tim yang solid menjelang musim penting 2021, dimana Suzuki dan Joan Mir bakal mempertahankan gelar?

"Untuk saat ini tidak ada pengaruh apapun sekarang. Kami bekerja seperti apa yang kami tahu, bahkan lebih baik setelah memenangkan kejuaraan. Sikap kami tetap komitmen, memperjuangkan gelar untuk dua pembalap kami, Mir dan Rins".

Moralitas Rins dan Mir seperti apa menatap MotoGP 2021?

"Sepertinya mereka tetap on fire, tidak terpengaruh atas kepergian sosok Davide Brivio.  Kami sudah juara, dua pembalap yang sama-sama hebat dan berbakat.  Keduanya cukup mengerti bagaimana mengatasi masalah dan mengelola tekanan sepanjang waktu. Dari sini saya tidak mengkhawatirkan mereka, karena keduanya super profesional dan siap merebut kembali 2021".

Secara internal tim apakah butuh struktur baru departemen tim saat ini?

"Secara struktur tetap kami perbaiki. Karena kinerja maksimal dari anggota tim adalah prosedur standar, bahkan tanpa sosok Davide sekalipun. Kami sadar kelanjutan tim harus cukup profesional dan dengan cara terbaik".

Diantara dua opsi, mendatangkan manager baru atau menunjuk sosok patron dalam tim yang mampu menjaga filosofi dan keakraban tim. Pilihan mana yang terbaik?

"Secara singkat, kami akan mengelola tim sendiri, tanpa manajer eksternal. Bakal kami pilih orang-orang internal yang punya kapasitas untuk menjalankan tim dengan maksimal"

Selama musim 2021 ini, dimana musim dingin berlangsung, apa yang dilakukan tim?

"Seperti yang kami lakukan di masa lalu. Pengujian berlangsung untuk meningkatkan semua area performa motor tanpa kehilangan balance. Mungkin tugas paling berat adalah bagaimana bisa mencapai starting grid yang baik, tanpa kehilangan performa dan gap antar pembalap."


Persaingan Mir dan Rins apakah membuat GSXR1000 makin kompetitif?

"Kami harus menghindari kesalahan dalam term of direction of development. Dengan data yang berbeda dari dua karakter pembalap yang berbeda, dari gaya berkendara yang sudah cukup tinggi. Mereka mengerti keuntungan sharing data keduanya, dan membuat pengembangan motor menjadi cukup kompetitif bagi keduanya"

Apakah Joan Mir bakal diplot sebagai pembalap terbaik?

"Secara potensi tentu saja. Darah muda, dan memasuki musim ketiga bersama Suzuki. Jadi kami punya margin besar dalam mengembangkan motor, tim. Arah kami lebih fokus mengantarkan dirinya sebagai pembalap yang dewasa dan tahu bagaimana menghadapi tekanan."

Bagaimana Alex Rins?

"Kami akan memoles kemampuan Rins menjadi lebih kuat, dalam berjuang dengan tim. Meski tahun lalu dia sempat cedera, jadi tugas kami lebih banyak mengkondisikan penampilan secara bagus sepanjang musim 2021. "


Secara development motor apakah terhenti?

"Tentu tidak, kami punya ide baru untuk membuat GSXR1000R jauh lebih baik. Keuntungan bila motor kami tampil baik di 2020. Jadi pengembangan lebih pada area yang boleh kami tangani, terkait peraturan baru. Kondisi ini tentu bakal sama bagi semua pabrikan. Cukup adil bila regulasi memang berimbang.

Secara teori tim Satelit benar-benar bisa running di 2022?

"Kami masih menyelidiki bagaimana cara terbaik menggapai tim satelit. Selama musim 2021 ini kami bakal mendapatkan lebih banyak informasi, untuk kelahiran sebuah tim Satelit." [Ahs/timBX]

Tags :

#
suzuki ecstar,
#
shinichi sahara,
#
motogp 2021