MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki GSX S1000 2021 Debut Dengan Tenaga Lebih

APR 28, 2021@16:00 WIB | 357 Views

Suzuki telah membuka bungkus All New GSX S1000 dengan beberapa peningkatan serius baik dari segi estetika maupun fungsionalitas. Model generasi baru dari speedster hyper-naked dijadwalkan untuk memasuki pasar internasional mulai Juni tahun ini. Terlepas dari banyak fitur tambahan dan desain yang sangat diperbarui, motor ini juga mendapat mesin yang ditingkatkan Euro-5.

Styling Lebih Agresif

Dimulai dengan styling, GSX S1000 baru terlihat jauh lebih agresif dan tajam dari pendahulunya. Sorotan yang paling menonjol adalah sepasang lampu depan LED fokus tunggal yang ditumpuk secara vertikal yang menguraikan sifat agresifnya. Lebih jauh lagi, motor ini ditonjolkan oleh desain tangki bahan bakar yang kekar dan garis penutup mesin yang tajam.

Motor ini terlihat lebih gempal berkat tangki bahan bakar dan ekstensi yang terintegrasi rapi ke dalam fairing dan selubung radiator bertekstur. Dalam prosesnya, tangki sekarang dapat menampung hingga 19 liter bahan bakar, bukan 17 liter pada model sebelumnya. Winglet berwarna perak adalah tambahan lain yang tidak hanya meningkatkan daya tarik motor tetapi juga meningkatkan kualitas aerodinamisnya. Elemen berbeda lainnya termasuk velg sewarna bodi dan panel bodi setajam silet yang membedakan model baru dari pendahulunya.

Kecuali unit lampu belakang LED baru, bagian ekor yang terangkat dari naked streetfighter sebagian besar telah diambil alih dari model sebelumnya. Sementara kuda-kuda masih tetap sedikit berkomitmen dengan postur tubuh yang condong ke depan, setang yang lebih lebar 23mm tentu saja memudahkan perjalanan yang lebih lama.  Ini akan ditawarkan dalam tiga pilihan warna yaitu Metallic Triton Blue, Glass Sparkle Black dan Glass Matte Mechanical Grey.

Fitur Galore

Dari segi fitur, motor ini ditawarkan dengan pengaturan pencahayaan LED penuh, layar instrumen LCD, dan switchgear multifungsi. Terlepas dari barang-barang biasa ini, GSX S1000 generasi baru hadir dengan sejumlah alat bantu elektronik di bawah Suzuki Intelligent Ride System (SIRS). Ini terdiri dari banyak fitur termasuk sistem kontrol traksi lima langkah, throttle ride-by-wire, pemindah gigi cepat dua arah, bantuan rpm rendah dan tiga mode penggerak- A, B dan C.

Meskipun A menawarkan respons throttle dan penyaluran daya paling agresif, C menawarkan respons paling tidak agresif dengan penyaluran daya linier. Mode ini cocok jika seseorang mengharapkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi atau saat berkendara di permukaan yang basah atau licin. Meskipun output daya tetap sama di setiap mode.

Performa Lebih Baik

Jantung motor juga mengalami sedikit peningkatan. Ini didorong oleh mesin empat silinder segaris 999cc DOHC berpendingin cairan yang memompa 150 hp pada 11.000rpm dan torsi puncak 106 Nm pada 9.250rpm ata meningkat 5 hp dan 2 Nm di atas model sebelumnya. Dipadukan dengan gearbox enam kecepatan dengan slip and assist clutch baru, Suzuki mengklaim kinerja top-end yang lebih baik berkat sistem kontrol throttle elektronik baru dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi membantunya mematuhi norma emisi yang lebih ketat. [ibd/timBX]

Tags :

#
suzuki gsx s1000 2021,
#
suzuki gsx s1000,
#
suzuki,
#
all new gsx s1000