MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki eVX Ternyata Bakal Memiliki Kembaran Dari Toyota?

MAR 05, 2024@14:00 WIB | 145 Views

Di India, banyak produk Maruti Suzuki yang dijadikan produk mobil kembar oleh Toyota. Dan trend ini kabarnya akan terus berlanjut mengingat mobil listrik pertama Suzuki, eVX ternyata juga akan hadir dalam versi Toyota dan akan hadir pertama kali di India.

Melansir Autocar India, Selasa (5/3/2024), kembaran Suzuki eVX dari Toyota ini memang tidak akan meluncur secara bersamaan. Suzuki eVX akan dihadirkan terlebih dahulu pada Maret 2025. Barulah selang enam bulan kemudian, versi kembaran dari Toyota akan meluncur.

Diketahui beberapa waktu lalu Toyota juga menghadirkan sebuah mobil konsep dengan tema Urban SUV. Mobil tersebut punya kesamaan bentuk dan desain dengan mobil konsep Suzuki eVX yang sudah meluncur terlebih dahulu. Sama seperti Suzuki eVX, kembaran dari Toyota akan masuk ke segmen SUV compact dengan harga terjangkau.

Secara dimensi, mobil ini bakal memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.800mm, tinggi 1.620, serta wheelbase atau jarak sumbu roda 2.700 mm. Artinya mobil ini punya ukuran yang tergolong compact dan diproyeksikan untuk penggunaan di dalam kota.

Soal drivetrain, kabarnya bakal hadir dengan dua pilihan baterai yang berbeda. Yang pertama adalah baterai berkapasitas 48 kWh yang punya jarak tempuh hingga 400 Km. Sedangkan untuk versi tertingginya menggunakan baterai 60 kWh yang diklaim punya jarak tempuh mencapai 550 Km dalam sekali isi daya.

Berkaca dari Suzuki eVX, kembaran dari Toyota ini juga akan hadir dalam penggerak FWD maupun AWD. Dan gak cuma itu, kedua mobil ini nantinya diproyeksikan memiliki berbagai mode berkendara yang termasuk sangat banyak dan beberapa gimmick menarik lainnya.

Suzuki eVX sendiri nantinya akan diproduksi di India serta akan di ekspor ke beberapa negara. Meski begitu, untuk versi Toyota sendiri belum diketahui apakah juga akan di ekspor keluar India atau tidak. Terlebih produk kembaran Toyota yang bekerjasama dengan Suzuki hanya hadir di pasar India dan negara tetangganya saja. [edo/timBX]

Tags :

#
maruti suzuki,
#
suzuki,
#
suzuki evx,
#
toyota,
#
mobil kembar,
#
ev