MENU
icon label
image label
blacklogo

Spyshot BMW XM Beredar, Mobil Listrik Pertama Dari Divisi M BMW

MAY 19, 2022@18:00 WIB | 127 Views

Divisi M BMW tampaknya sedang bersiap untuk memperkenalkan SUV XM. Dalam spyshot yang beredar baru-baru ini, XM terlihat tanpa adanya kamuflase penuh layaknya purwarupa pada umumnya. Meskipun masih ada kamuflase di bagian ujung depan, lampu belakang, roda, dan dasbor, sebagian besar XM tidak tertutup.

XM yang akan datang ini terlihat memiliki kap dengan desain yang bersudut dan terangkat dengan lipatan tengah yang menonjol di dalamnya yang merupakan logo bundar. Kidney grille khas BMW tampaknya dihiasi dengan trim berwarna emas yang tampak sejajar dengan beltline. Concept XM juga menampilkan potongan trim samping yang lebih tebal dalam warna hitam dan digunakan untuk memisahkan dua lapisan cat eksterior. Tutup pengisian daya memiliki bentuk yang lebih konvensional dan tampaknya lampu belakang sedikit dirombak. Namun, secara keseluruhan, bentuk XM serupa dengan Concept XM dengan garis atap yang melengkung dan bagian buritan yang terlihat menonjol.

Bagian interior sendiri tidak tampak jelas dalam spyshot ini, namun masih terlihat lingkar kemudi, shifter dan konsol tengah yang sama dengan konsepnya, dan di-finishing dengan warna aquamarine. Konsep ini menampilkan desain dasbor yang mirip dengan produk BMW terbaru lainnya, dengan "BMW Curved Display" yang menampilkan kluster instrumen digital besar dan layar sentuh sentral dalam satu tempat.

Dipilih sebagai mobil listrik pertama BMW M, BMW XM masih akan ditenagai oleh mesin bensin V8 terbaru yang dikawinkan dengan motor listrik. Mesin ini sendiri mampu memuntahkan tenaga sebesar 480 kW dan torsi 800 Nm, kurang dari apa yang dijanjikan oleh BMW pada saat perilisan Concept XM beberapa waktu yang lalu. Tidak jelas apakah BMW akan memproduksi versi XM yang lebih kuat di masa depan. BMW masih mengklaim XM all-electric memiliki daya jangkau hingga 80km menurut pengujian WLTP.

XM memiliki sistem penggerak semua roda M xDrive khusus hybrid yang mencakup kunci diferensial belakang elektronik di transmisi gardan belakang. Sebagai standar, XM hadir dengan suspensi adaptif M dan sistem pengereman khusus model M, sementara tersedia velg hingga ukuran 23 inci.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah BMW M, XM memiliki sistem penstabil roll elektromekanis yang ditenagai oleh sistem kelistrikan 48V, serta kemudi gardan belakang yang membantu menikung kecepatan rendah dan stabilitas mengemudi kecepatan tinggi.

Walaupun BMW menjual versi M dari SUV X3, X4, X5 dan X6, XM hanya akan tersedia sebagai produk divisi BMW M tanpa tersedia versi standar dan akan mulai diproduksi menjelang akhir 2022. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
bmw,
#
bmw xm