MENU
icon label
image label
blacklogo

Snapdragon Ride, Platform Mobil Otonom yang Lebih Sederhana dari Qualcomm

JAN 08, 2020@17:00 WIB | 97 Views

Qualcomm Ride sebuah platform untuk membuat teknologi self driving cars menjadi lebih simple.  Dalam perspektif teknologi, mobil modern akan akan menerima berbagai sensor, kamera dan fitur  untuk mendukung kenyamanan pengemudi. 

Seperti fitur adaptive cruise control, backup dan parking camera, serta lane assistance disingkat menjadi ADAS system. ADAS sendiri kependekan dari advanced driver assistance system kumpulan fitur-fitur canggih saat ini. 

Tak cukup hanya itu, sistem infotainmen seperti Android Auto dan CarPlay, remote kontrol dan wireless conncetivity melengkapi hardware yang bekerja dengan chip kontrol terpisah, menggunakan jaringan terpisah. Konektivitas mereka tersambung oleh software sehingga fungsionalitasnya terjaga.

"Mobil sekarang diciptakan dengan kompleksitas yang tambah banyak," jelas Ashuman Saxena, Direktur Produk Management Qualcomm. Dirinya bekerja pada Automotive Driver Assistance Solutions untuk teknologi otonom.

Ketika pabrikan mobil saling berlomba menciptakan mobil tercepat itu menjadi wajar. Namun bila pabrikan berlomba menuju masadepan otonom, perlu persiapan tersendiri menurutnya."Mobil tidak memiliki jaringan teknologi yang cukup. Apalagi dengan adanya bencana alam, teknologi diciptakan dalam kekacauan jaringan dan nilai yang mahal."

Qualcomm akhirnya memperkenalkan sebuah solusi yang mereka sebut sebagai Snapdragon Ride.  Sebuah platform untuk kendaraan otonom, termasuk beberapa chip dan software yang tidak lebih dari ukuran tas ransel Anda. "Ada radar all range, LIDAR eyes, sistem komunikasi CV2X, kamera depan dan belakang, sebuah software yang menandakan dimana mobil itu berada," cetus Saxena dilaman digitaltrends.com.

"Kami telah menghabiskan waktu selama bertahun-tahun memahami masalah, dan menyatukan semuanya menjadi sebuah solusi otonom," lanjutnya.

Tetapi setelah empat tahun waktu untuk menghabiskan menguji coba platformnya, Qualcomm merasa sekarang waktu yang tepat untuk meluncurkannya. Qualcomm memperkirakan kendaraan yang mendukung Snapdragon Ride akan berproduksi pada tahun 2023.[Ahs/timBX]

Tags :

#
snapdragon ride,
#
qualcomm,
#
platform mobil otonom