MENU
icon label
image label
blacklogo

Sabre, Mobil Dua Kursi Tercepat McLaren Memulai Debut

JAN 06, 2021@16:30 WIB | 244 Views

Kedatangan mobil sporty dan bertenaga dari McLaren yang disebut Sabre, memang telah terdengar cukup lama. Kini, McLaren Sabre 2021 akhirnya resmi melakukan debutnya.

Supercar edisi terbatas ini baru saja diumumkan oleh McLaren Beverly Hills di California, sebagai produk dari McLaren Special Operation (MSO). Meskipun penampakan mobil telah bocor mendahului perilisan resmi, detail McLaren Sabre 2021 tetap menarik untuk disimak.

Berbeda dengan Speedtail yang ilegal dikendarai di AS, Sabre dirancang khusus untuk pasar AS. Karena mobil tidak akan dijual secara global, MSO dapat menggabungkan ide dan inovasi yang tidak diizinkan oleh homologasi global.

Sabre didasarkan pada Senna edisi terbatas, hanya ada 15 unit saja, dengan setiap pelanggan memiliki suara dalam proses pengembangan. Sebagai referensi, McLaren hanya membuat 500 contoh Senna secara global.

Secara desain, mobil ini hadir dengan menerapkan swing-up doors dan huge dorsal fin yang tersambung hingga ke sayap belakang. Ini memiliki beberapa kemiripan dengan Senna tetapi menampilkan isyarat gaya unik.  seperti kap berventilasi, lampu depan ramping, dan rok samping. Juga ada diffuser belakang, knalpot yang dipasang di tengah, sirip ekor, dan sayap belakang yang besar.

Hanya ada satu bidikan interior, yang memperlihatkan jok Alcantara dua warna yakni hitam dan merah, dengan pola putih di jok. Kedua kusen samping juga dibalut Alcantara, sementara sebagian besar dasbor tampak berbahan serat karbon.

Menuju ke inti mobi, alih-alih menggunkaan mesin hybrid, rupanya Sabre mengusung mesin konvensional murni dengan kapasitas 4.0 liter dan konfigurasi V8. McLaren menegaskan bahwa Sabre adalah non-hybrid paling kuat mereka hingga saat ini.

Berbekal twin-turbocharged, mobil ini diklaim mampu menghasilkan 824 tenaga kuda dan 800 Nm torsi, mengalahkan Elva. Sabre pun mampu mencapai kecepatan tertinggi 218 mph atau 350 km/jam. Ini  menjadikannya McLaren dua kursi tercepat sepanjang masa.

Hingga saat ini belum ada bocoran mengenai harga Sabre yang dijamin membuat Anda melesat di jalanan. Harga Sabre diprediksi akan jauh lebih mahal daripada Senna, yang awalnya dijual seharga $1,43 juta dolar AS atau Rp19,8 miliar rupiah saat masih baru.

“Saya cukup beruntung telah terlibat dengan sejumlah mobil yang sangat istimewa dan saya belum pernah melihat pabrikan memberi klien tingkat akses yang disediakan McLaren Special Operation untuk Sabre,” komentar Parris Mullins, Direktur O’Gara Motorsport.

Saat ini, satu dari 15 unit McLaren Sabre telah dikirim kepada pemiliknya. Sementara sisanya masih di dapur produksi McLaren dengan waktu pengiriman bervariasi hingga beberapa bulan ke depan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mclaren sabre,
#
sabre,
#
mobil tercepat,
#
mclaren sabre 2021