MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Mobil Ini Mampu Pecahkan Kecepatan 300 MPH

JAN 11, 2021@09:00 WIB | 179 Views

Beberapa dekade yang lalu, setiap mobil produksi yang mencapai 200 MPH hanyalah mimpi. Bahkan sekarang, mobil yang dapat melampaui 200 MPH masih sedikit dan jarang, hanya berlaku untuk supercar dan mobil dengan performa tercepat.

Selama bertahun-tahun, pabrikan mobil telah mendorong batas rekayasa yang semakin dekat ke penghalang 300 MPH, sesuatu yang bahkan tidak dirancang untuk mobil balap F1.

Sekarang, seolah-olah situasi dibalik, beberapa mobil telah menembus angka 300 MPH. Yang pertama berhasil melakukannya pada akhir tahun 2019 dan yang lainnya berhasil memecahkan hambatan dalam setahun terakhir dengan lebih banyak lagi yang akan segera hadir. Berikut adalah lima supercar yang diklaim memilikinya:

Shelby Supercars Tuatara - 331 MPH

Shelby Supercars Tuatara saat ini adalah mobil produksi tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi rata-rata 316,11 MPH tetapi kecepatan tercepatnya mencapai 331,5 MPH yang menakjubkan pada Oktober 2020. Hypercar senilai 1,9 juta US Dollar ini memiliki 1750 HP dan 1341 lb-ft torsi. Shelby berencana membangun kurang dari 100 model yang kemungkinan besar sudah terjual.

Shelby sudah terbiasa memecahkan rekor dunia. Supercar pertamanya yang disebut Ultimate Aero memecahkan rekor dunia mobil produksi tercepat pada tahun 2007 dan mencuri gelar dari Bugatti Veyron.

Koenigsegg Jesko Absolut - 330+ MPH

Koenigsegg mendapatkan ketenaran dengan Agera RS, supercar yang mencuri rekor dunia mobil produksi tercepat dengan kecepatan tertinggi 278 MPH. Mereka belum melambat dan mereka akan merilis versi hardcore hypercar Jesko mereka, Jesko Absolut. Hypercar ultra-eksklusif menghasilkan 1.600 HP di dalam mobil yang beratnya hampir sama dengan Honda Civic. Jesko Absolut juga memiliki mode kecepatan tertinggi yang menurut Koenigsegg akan memungkinkan mobil mencapai kecepatan tertinggi 330 MPH. Kecepatan tertinggi ini belum diverifikasi, tetapi berdasarkan sejarah Koenigsegg dan kekuatan serius yang diberikan mobil ini, kemungkinan besar mereka mengatakan yang sebenarnya.

Label harga Absolut belum diungkapkan, tetapi karena harga Jesko normal berkisar antara 2,8 juta US Dollar hingga 3 juta US Dollar dan versi hardcore akan lebih kuat dan lebih langka, Anda dapat mengharapkannya untuk mendapatkan banyak uang bahkan sebelum opsi.

Devel Sixteen - 320 MPH

Banyak mobil mengklaim mereka dapat menembus catatan 300 MPH dan biasanya mengejar pendanaan yang menguntungkan tanpa bukti apa pun mereka benar-benar dapat mencapai target itu, tetapi Devel Sixteen berbeda. Meskipun mereka hanya memiliki prototipe yang telah mereka akui tidak dapat mendekati 300 MPH namun mereka memiliki seseorang seperti Paolo Garella.

Bagi yang belum tahu, Paolo Garella adalah mantan kepala divisi khusus Pininfarina. Dia bertanggung jawab atas pembuatan hypercar Apollo V12 IE dan mobil performa berorientasi track SCG 003. Seluruh proyek didukung oleh banyak uang dari Dubai dan menampilkan beberapa angka gila. Devel Sixteen diduga menghasilkan 5.000 HP dari mesin V16 quad-turbo. Akan ada varian lain dari hypercar yang menghasilkan 3.000 HP yang diklaim masih bisa mencapai target 320 MPH.

Hennessey Venom F5 - 311 MPH

Mantan pemegang rekor dunia lainnya, Hennessey yang dikenal dengan mobil modifikasi aneh mereka menjadi nama berbeda ketika mencuri mahkota sebagai yang tercepat dari Bugatti Veyron. Venom F5 bertujuan untuk mengalahkan Bugatti sekali lagi. Hennessey sudah mengklaim mengalahkan kecepatan tertinggi Bugatti Chiron 304 MPH dengan 311 MPH tetapi klaim itu belum diverifikasi oleh sumber luar. Kemungkinan besar, mereka akan menyiapkan tampilan kehebatan kepada publik seperti yang mereka lakukan dengan GT mengalahkan Veyron.

Berdasarkan rekam jejak Hennessey, mereka mungkin bisa melakukannya. Venom F5 terbuat dari bak serat karbon untuk kelembutan dan kekokohan yang dipasangkan dengan turbo V8 yang dipasang di tengah yang diberi nama "Fury" yang menghasilkan tenaga 1817 HP. Menurut lembar spesifikasi, Venom F5 mencapai 0-62 MPH hanya dalam waktu 2,6 detik. Hanya 24 dari mobil ultra-eksklusif ini yang akan dibuat dengan masing-masing memiliki label harga 2,1 juta US Dollar.

Bugatti Chiron Super Sport - 304.7 MPH

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa mobil produksi pertama yang mampu menembus batas 300 MPH. Bugatti tidak asing dengan memecahkan rekor dunia. Veyron adalah mobil produksi tercepat di dunia selama bertahun-tahun dan memiliki rekor terpanjang dalam sejarah modern. Hypercar ini memiliki 1578 HP dari mesin W16 yang mengerikan dan melanjutkan tema AWD yang sangat berat namun bertenaga untuk menurunkan tenaga seperti Veyron. Meskipun Chiron Super Sport bukan lagi mobil tercepat di dunia, mobil ini akan selamanya dikenang sebagai yang pertama menembus penghalang 300 MPH seperti Ferrari F40 yang merupakan mobil produksi pertama yang menembus penghalang 200 MPH.

Meskipun sekarang ada mobil yang lebih cepat, Chiron Super Sport sejauh ini merupakan hypercar paling nyaman dan mewah di daftar ini. Itu tidak mengherankan karena Bugatti memiliki harga hampir 4 juta US Dollar. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mobil kecepatan 300 mph,
#
supercar,
#
mobil tercepat,
#
shelby supercars tuatara