MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbandingan Hypercar: McLaren Senna Vs McLaren Sabre

DEC 31, 2020@17:00 WIB | 490 Views

Hypercar hardcore McLaren bertarung habis-habisan. Bahkan sekarang McLaren sedang naik daun. Merek supercar yang tidak memiliki satu mobilpun yang diproduksi  dalam satu dekade lalu, kini akan memiliki repertoar penuh dari 14 turunan, dengan akan dibuatnya hibrida Artura dengan jumlah terbatas yakni 15.

Sampai saat ini dua produksi McLarens yang gila dan tiada duanya adalah Senna dan Sabre yang baru diresmikan. Keduanya legal untuk dibawa ke jalanan, meski tidak sepenuhnya dibuat untuk dikendarai di jalan raya. Sebaliknya, mobil ini dibuat untuk menjadi mobil lintasan terbaik. Tapi mana yang lebih baik dari keduanya?

Styling: Bentuk Mengikuti Fungsi

McLaren Sabre mungkin merupakan model terbaru dari pabrikan Inggris, tetapi itu tidak berarti semuanya baru. Sebenarnya ini dibuat berdasarkan Senna, yang berarti, jika Anda menyipitkan mata, keduanya memiliki beberapa kesamaan. Keduanya dibangun dengan mempertimbangkan fungsi daripada bentuk, itulah sebabnya Sabre memiliki sayap mencolok dan berbagai sayap kecil di seluruh tubuh ada - mereka pasti bukan untuk gaya. Sabre adalah desain yang diselesaikan dengan lebih baik. Ini agak lebih ramping daripada McLaren Senna, yang terlihat lebih mirip dengan pembalap Le Mans daripada trem. Garis yang mengalir dan integrasi sayap besar bekerja lebih baik di Sabre, dan bagian depan yang direvisi terlihat rapi. Sementara ekor panjang dan berbagai diffuser masih dibuat untuk tujuan tertentu. Sementar aitu, Sabre yang dibuat terbatas adalah hypercar yang jauh lebih cantik.

Kinerja: Bawa Ke Lintasan

Lintasan adalah tempat di mana supercar ini dimaksudkan untuk menjalani hidup mereka. Banyak yang ingin menyimpan mobil ini di ruang tertutup rapat yang bahkan mencegah setitik debu mencemari cat mereka, tetapi keduanya sangat mampu merajai lintasan. Dengan bak serat karbon di intinya, keduanya sangat ringan dengan bobot trotoar serupa di bawah 3.000 lbs. Keduanya juga berbagi mesin V8 4.0 liter twin-turbo yang dipasang di tengah, tetapi Senna memiliki 789 tenaga kuda dan torsi 590 lb-ft, Sabre memiliki 824 hp dan sesuai dengan torsi Senna. Ini menjadikannya McLaren non-hybrid paling kuat. Produsen supercar belum membuat klaim akselerasi yang berani, tetapi mengingat Senna berlari dari 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari 3 detik, maka tak heran jika Sabre sedikit lebih cepat. Ini adalah kecepatan tertinggi yang diklaim 218 mph, 10 mph penuh lebih cepat dari Senna dan membuatnya lebih lambat dari hanya McLaren Speedtail - putra F1 itu sendiri.

Interior: Urusan Karbon dan Alcantara

McLaren belum membocorkan terlalu banyak detail tentang interior Sabre. Tetapi kabarnya dibangun dengan MSO, dan memiliki sentuhan khusus seperti jok 'gaya kobra' yang lebih empuk. Pintu masuk dibuat bergaya kupu-kupu yang sama dengan Senna. Namun, karena tidak ada panel kaca di pintu, maka hal ini membuat Saber terasa lebih sesak. Keduanya memiliki tampilan indah dari serat karbon dan Alcantara. Mengenai mana yang lebih baik, Senna lebih cocok untuk tujuan tertentu, tetapi Sabre terasa lebih eksklusif dan kemungkinan akan lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Eksklusivitas: Kuda dan Unicorn

McLaren Senna dianggap sebagai kendaraan produksi seri, meskipun produksinya akan dibatasi hanya 500 unit secara global. Semua saat ini telah terjual habis, meskipun faktanya lebih dari 500 unit bahkan belum dibuat. Senna juga mahal, dengan harga di AS sekitar $ 1 juta (14,1 Milyar Rupiah), meskipun penyesuaian akan dengan mudah mendorong angka itu lebih tinggi karena tidak ada stok mobil yang ditinggalkan di pabrik. Tapi Senna adalah kuda pacu yang umum bagi unicorn yaitu Sabre. Hanya 15 unit Sabre sedang dibuat oleh MSO, dan tidak seperti Speedtail yang tidak legal di jalan raya di Amerika, Sabre dibuat secara eksklusif untuk pasar AS. Masing-masing akan disesuaikan dengan permintaan pelanggan, artinya tidak ada dua yang sama. McLaren belum membocorkan harga Sabre, tapi bisa dipastikan itu membuat Senna terlihat murahan. We’ll see? [eli/asl/timBX]

Tags :

#
perbandingan hypercar,
#
hypercar,
#
mclaren senna,
#
mclaren sabre