MENU
icon label
image label
blacklogo

Perubahan Modern BMW R100S 1977 Si ‘Bavarian Solossus’

FEB 24, 2021@12:30 WIB | 321 Views

Ada banyak hasil modifikasi dan kustomisasi khusus yang luar biasa berdasarkan sepeda motor BMW. Walaupun sejauh ini R nineT menjadi pilihan paling umum di bengkel saat mencari donatur Bavaria. Hasilnya ialah kelahiran kembali mesin klasik nan anggun dari tangan seniman moto berbakat. Salah satu contohnya ialah tampilan mesin pesanan khusus yang dibongkar-bangun oleh para professional di Iñaki Bellver’s Ønix Design.

Intinya, ‘the German beast’ ini merupakan varian tahun 1977 dari jajaran produk R100S kesayangan Motorrad. Pada rangka ganda baja, motor ini memiliki mesin boxer-twin berpendingin udara yang membanggakan dirinya dengan mesin berkapasitas 980cc. Di mana pada 7.000 rpm, mesin sepenuhnya mampu menghasilkan hingga 70 hp, bersama dengan torsi 56 pound-feet (76 Nm) pada 6.000 rpm. Tenaga ini diserahkan ke penggerak akhir poros melalui transmisi lima kecepatan, memungkinkan R100S untuk berlari seperempat mil hanya dalam waktu kurang dari 13 detik. Bahkan, kecepatan tertingginya tidak kurang dari 119 mph (191 kpj).

Perihal mahakarya unik Bellver, para ahli Spanyol mulai dengan menurunkan ujung depannya sekitar dua inci (50 mm) untuk menyamakan posisi menungganginya. Di bagian belakang, mereka mengganti subframe standar dengan alternatif kustom, sementara peredam kejut asli telah dibuang untuk memberi ruang bagi sepasang rekan YSS Ecoline.

Kemudian membangun kembali dengan jari-jari baja tahan karat dan pelek berlapis bubuk. Setelah unit dipasang kembali, Ønix membungkus kedua item dalam karet E270 berkinerja tinggi dari inventaris Shinko. Seluruh struktur disambungkan, menerima pilihan listrik modern yang membuatnya melangkah ke abad ke-21. Di bawah mesin ada baterai lithium-ion tersimpan rapi di dalam kotak potong laser.

Di bagian depan, lampu aftermarket dengan getaran retro. Kokpit dijaga agar tetap bersih dengan speedometer Motoscope Tiny dari Motogadget. Untuk menyebut sebagiannya: setelah semua yang disebutkan di atas dipasang, spesialis Bellver membuat pilihan modul bodywork unik yang cantik yang akan memberi entitas mekanik yang khas, seperti spatbor depan baru dan satu sadel kulit yang enak.

Lalu, stang stok diganti unit Renthal yang memakai ‘turn signals’ di pucuk batang LED Gazzini. Ada juga kit Shin-Yo lengkap yang menangani tugas pencahayaan di ujung yang berlawanan. Di bagian powertrain, boxer-twin 980cc menjalani perombakan menyeluruh, menerima filter udara segar dan gasket, serta karbohidrat Bing yang direvisi dan sistem pembuangan ‘homologated two-into-one’. Guna memastikan ‘fiend sounds’ ini semanis kelihatannya, knalpotnya ditutup dengan ‘Ixil reverse megaphone muffler’.

Sentuhan akhir hadir dalam bentuk dasar abu-abu metalik yang diterapkan pada ruang bahan bakar pabrik R100S. Di sisi lain, rangka menggunakan lapisan hitam matte siluman yang melengkapi tangki bensin, penutup mesin, dan rem tromol belakang. Tak perlu dikatakan lagi, tim Ønix Design melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengerjakan ulang ‘Bavarian colossus’ ini! [asl/timBX]

Tags :

#
bmw r100s 1977,
#
bavarian solossus,
#
motor kustom,
#
r ninet,
#
bmw