MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Tiga Fakta Menarik Tentang MotoGP Qatar 2021

MAR 29, 2021@17:00 WIB | 382 Views

Maverick Vinales memenangkan pembuka musim MotoGP di Qatar untuk Yamaha setelah menaklukkanpara pembalap Ducati.

Sedangkan sang juara dunia dari tim Suzuki, Joan Mir, menyalip Zarco untuk tempat kedua di lap terakhir, tetapi melebar di tikungan terakhir dan kemudian disusul oleh Zarco dan Bagnaia sampai garis finish.

Pada putaran ini, semua pembalap memilih ban soft untuk bagian depan dan belakang. Namun ada tiga fakta menarik di MotoGP Qatar 2021.

Absennya Marc Marquez

Di putaran pembuka MotoGP 2021 yang berlangsung di Qatar ini, Marc Marquez masih harus absen karena menjalani pemulihan cedera.

Tanpa kehadirannya, tim pabrikan Honda benar-benar kesulitan dan bahkan tidak mampu berbuat banyak. Hal itu juga ditunjukkan oleh Pol Espargaro yang diplot sebagai pembalap utama dan hanya mampu finish kedelapan.

Sedangkan Stefan Bradl yang ditugaskan mengganti peran Marquez, tercecer di posisi 11 saat sampai garis finish.

Vinales kembali menang di Qatar

Maverick Vinales tampaknya menunjukkan keahliannya di trek Qatar. Bagaimana tidak, dengan motor Yamaha yang disebut-sebut sulit bersaing di trek lurus, pembalap asal Spanyol itu mampu berbuat banyak.

Hasil positif tersebut juga menambahkan rekor baru bagi Maverick Vinales yang memenangkan balapan di sirkuit Losail untuk ketiga kalinya.

Sebelumnya, dia juga finish di podium utama pada tahun 2017 di kelas MotoGP, sedangkan di tahun 2012 dia juga memenangkan balapan di trek ini untuk kelas Moto3.

Ducati tak lagi mendominasi

Melihat hasil MotoGP Qatar 2021 ini,selain dua fakta diatas, ada fakta lain yang ternyata kemenangan Maverick Vinales menghentikan dominasi Ducati.

Tahun lalu balapan di sirkuit ini tidak bisa diadakan karena pandemi Covid-19, namun dua tahun sebelumnya yaitu 2018 dan 2019, sosok Andrea Dovizioso adalah juaranya.

Semenjak ditinggal Dovizioso, Ducati seperti kehilangan taring. Padahal di grid dan saat balapan berlangsung, tim pabrikan Italia tersebut mendominasi dengan empat pembalap di barisan depan (Jack Miller, Johann Zarcodan Jorge Martin dan Francesco Bagnaia).

Dan seperti yang dilihat, pemenangnya justru dari tim pabrik Yamaha. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp qatar 2021,
#
hasil motogp qatar 2021,
#
maverick vinales,
#
motogp 2021