MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Balapan Seru GP Amerika Dimenangi Maverick Vinales

APR 15, 2024@10:00 WIB | 145 Views

Balapan utama MotoGP Amerika yang berlangsung Minggu (14/4/2024) atau Senin dini hari WIB menghadirkan balapan yang cukup seru. Dalam balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas, Austin, Texas, tersebut, Maverick Vinales berhasil mewujudkan mimpinya dengan meraih kemenangan perdananya bersama Aprilia.

Gak cuma itu, Vinales juga mencatatkan sebuah rekor yang menarik pada kemenangan di GP Amerika tersebut. Ia kini menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang bisa menang dengan tiga pabrikan yang berbeda. Sebelum bersama Aprilia, Vinales sudah memenangi balapan bersama Suzuki dan Yamaha.

Tidak seperti balapan Sprint Race sehari sebelumnya yang ia raih kemenangan dengan mudah. Di balapan utama ini, Vinales justru sempat mengalami kesulitan di awal lomba. Bahkan saat start, ia sempat melebar di tikungan pertama karena disenggol oleh Francesco Bagnaia.

Melebarnya Vinales dan Bagnaia membuka jalan bagi Pedro Acosta untuk memimpin jalannya lomba. Dibelakangnya ada Jorge Martin, dan Jack Miller. Sedangkan dibelakangnya ada Pecco Bagnaia, Marc Marquez dan Maverick Vinales sendiri yang mencoba mengusik barisan depan di awal-awal lomba.

Pada lap keempaf, Jorge Martin menyalip Pedro Acosta untuk mengambil alih pimpinan lomba. Serta Marc Marquez berhasil masuk ke posisi ketiga di lap yang sama. Sebelum akhirnya satu lap setelahnya, Marquez berhasil menyalip Acosta untuk mengambil posisi kedua.

Di lap selanjutnya, Martin dan Marquez sempat bersenggolan dan membuat Marquez turun hingga posisi keempat. Pada lap kesupuluh, Pedro Acosta mengambil alih pimpinan lomba. Dan Marc Marquez berhasil menyalip Jorge Martin satu lap setelahnya untuk merebut posisi kedua.

Bahkan di lap selanjutnya, Marquez berhasil menyalip Acosta untuk mengambil alih pimpinan lomba. Namun sayangnya, tidak berselang lama ia terjatuh di tikungan sebelas. Meski tidak mengalami cidera, Marquez harus menyudahi balapan saat itu juga karena motor yang ia kendarai mengalami kerusakan yang cukup serius.

Maverick Vinales yang sulit menembus tiga besar terus berusaha untuk merangsek kedepan. Hingga pada akhirnya pada lap lima belas, Vinales berhasil mengambil alih pimpinan lomba. Dan ia berhasil mempertahankan posisi tersebut hingga finis dan memenangi balapan utama GP Amerika kali ini.

Pedro Acosta kembali mencuri perhatian dengan meraih podium nomor dua. Dan yang menarik, podium ketiga berhasil diraih Enea Bastianini yang mampu merangsek kedepan di lap-lap akhir lomba. Jorge Martin finis keempat didepan rival utamanya, Pecco Bagania yang finis kelima.

Posisi keenam berhasil diraih oleh Fabio di Gianntonio yang finis didepan Aleix Espargaro. Melengkapi posisi sepuluh besar ada Marco Bezzecchi, Brad Binder dan Raul Fernandesz yang finis nomor delapan hingga sepuluh di balapan kali ini.

Setelah balapan GP Amerika ini, Jorge Martin semakin nyaman di puncak klasmen dengan 80 poin. Ia unggul 21 poin atas Enea Bastianini yang baru mengumpulkan 59 poin. Maverick Vinales naik ke posisi tiga dengan 56 poin. Pedro Acosta ada diposisi keempat dengan 54 poin dan Pecco Bagnaia di nomor lima dengan 50 poin.

MotoGP akan rehat selama dua pekan setelah balapan di COTA ini. Selanjutnya, MotoGP akan menggelar ronde keempat dalam gelaran GP Spanyol di Sirkuit Jerez yang berlangsung 26 hingga 28 April mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
gp amerika,
#
maverick vinales,
#
cota,
#
aprilia,
#
balap motor

X