MENU
icon label
image label
blacklogo

FP2 Portimao : Jack Miller Pecahkan Rekor Tercepat, Pol Espargaro Crash Parah

MAR 25, 2023@01:47 WIB | 487 Views

Kecelakan hebat di sirkuit Algarve Portimao, saat free practice kedua berlangsung. Panitia balap mengibarkan Red Flag hingga dua kali. Pol Espargaro terjatuh dan terpental ke gravel di tikungan ke 10, membuat tim medis harus membawanya ke rumah sakit terdekat.

Portimao dijadwalkan sebagai seri pembuka MotoGP 2023 dari 21 seri yang terjadwal. Memasuki FP2 Jack Miller, merasa cukup percaya diri dengan tim barunya KTM Redbull. Catatan impresifnya telah ditetapkan sebagai rekor terbaru, pada FP2 Portimao.

Lima belas menit tersisa, waktu dimana Pol Espargaro harus terjatuh, dan membuat bagian belakang engine GAS-GAS terlempar ke tanah setelah sebelumnya terbang ke udara. Hal itu terjadi karena motornya terseret ke gravel dan menabrak pembatas.

Pembalap Spanyol dengan nomor 44 tersebut dilaporkan dalam keadaan sadar. Data terbaru menunjukkan dirinya mengalami traum punggung dan dada. Semoga tidak ada trauma yang membuat debut pertama di tim GAS-GAS terhalang.

Kecelakaan kedua oleh pembalap RNF Raul Fernandez, dan Miguel Oliveira tepat terjadi sebelum Espargaro sebagai crash terparah. Secara teknis kemungkinan ban kurang panas, akibat lintasan sore hari yang mulai mendingin. Disisi lain Aleix Espargaro sempat membubuhkan waktu tercepat, saat Red Flag kedua dikibarkan, sekitar 30 menit penundaan akibat red flag pertama.

Waktu FP2 melambat hingga 1 jam dari rencana awal, akibat kecelakaan tersebut. Jack Miller yang sebelumnya hanya diposisi 13 berhasil melompat ke posisi pertama (FP2). Sedangkan sang rookie Augusto Fernandez di posisi ke-16.

Rekor baru Portimao tersebut tidak disadari tim KTM, saat Miller berusaha mengejar Enea Bastianini. Dirinya tidak mendapatkan slipstream secara konkret karena posisi garis di lintasan lurus.

Marverick Vinales membuntuti diposisi kedua dan Pecco Bagnaia menempel di urutan ketiga. 

Marc Marquez mengikuti Fabio Quartararo keluar dari pit untuk putaran terakhirnya, tetapi terjatuh dan - seperti saudara laki-laki dan pemimpin pagi Alex Marquez - tertinggal di luar sepuluh besar, yang berarti mereka akan ambil bagian dalam Kualifikasi 1 hari Sabtu.

Rekan setim Repsol Honda Marquez, Joan Mir (kedua tercepat pagi ini), Marco Bezzecchi dan rookie Augusto Fernandez juga termasuk di antara mereka yang jatuh sore ini.

Brad Binder dari Red Bull KTM masih sakit karena kecelakaan pengujian besarnya di sini dua minggu lalu. 

Pembalap Aprilia Aleix Espargaro melakukan balapan untuk pertama kalinya sejak menjalani operasi pada lengan kanannya setelah mengalami masalah gaya pompa lengan pada tes pramusim terakhir.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
fp2 portimao 2023,
#
jack miller,
#
maverick vinales,
#
pecco bagnaia