MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Kawasaki ZX-25R, Ganteng Buat Kontes Garang buat Freestyle

OCT 07, 2020@21:48 WIB | 2,577 Views

Tak salah bila Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memimpin sportbike kelas 250cc dengan sejumlah teknologi terkini. Kawasaki Global menyebut mesin 4 silinder inline four screamer digitally, yang sekarang harfiah identitas jeritan mesin 4 silinder digabungkan dengan fitur-fitur digital ala moge seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Throttle by Wire, Electronic Throttle Valves, dual direction quick shifter, fitur assist dan slipper clutch.

Renyah bila two wheelers enthusiast menggiringnya ke ranah modifikasi. Witjax Modizigner memulai modifikasi minor, kental nuansa speed racer, namun tetap elegan dengan kombinasi warna emas pada velg. Menurut Witjax, Zx-25R cukup fashionable, dan lagi-lagi selain performa yang edan, buat kontes juga oke. Tak hanya itu, Witjax memperkenalkan wrapping dan beberapa titik modifikasi lainnya. 

Menurut Witjax, trend modifikasi roda dua lebih futuristis. Kata lain dari simple, minimalis, namun aura elegan terpancar, dengan part-part branded yang fungsional. Tapi modifikasi ZX-25R ini tidak terlalu mudah, kecuali harus pihak expert seperti yang bro Witjak sampaikan.

"Sistem upside down depan saya reanodize gold, ngejar pilihan warna pabrikan Ohlins. Dan itu tidak mudah pastinya. Sementara shockbreaker belakang Ohlins paling ribet harus rubah mounting, agar pas dengan dudukan ZX25R. Karena memang belum ada yang khusus untuk ZX-25R," buka Witjax kepada tim Blackxperience.com.

Selain suspensi, bagian velg pabrikan juga dichrome dengan gold. Dikombinasikan dengan ban lebih lebar 1-2 angka yang lebih lebar, untuk menjaga jarak dengan swing arm. 

"Pabrikan memilih velg 3,5 inci yang cukup proporsional untuk moge. Namun di ZX25R ini masih punya space menaikkan ukuran ban. Jadi upgrade ban juga kombinasi yang tepat, dan mendukung moge look," ujar Witjax.

Sektor pengereman juga menjadi fokus modifikasi.  Handle rem menggunakan Brembo 15 RCS Racing, dikombinasikan dengan kaliper hedon Brembo GP4RS serta selang rem Hell cukup untuk menghentikan mesin 60hp ini. Kaliper rem belakang juga menggunakan Brembo, dengan braket WR3.

Soal performance yang masih standar, namun dengan silencer Akrapovic itu sudah mengangkat kasta ZX25R ini di kelas Sultan. Sementara leher knalpot dibuat custom, untuk menggabungkan silencer buatan Slovenia ini. Mempertebal aroma racing, beberapa part karbon digunakan untuk body. Tampilan gold pada triple clamp mengandalkan WR3, cukup menambah kesan elegan.  

Teknologi slipper clutch untuk pergantian gigi saja tak cukup. Witjax menambahkan kopling Accosato untuk meringankan.  Sedangkan jok telah dimodifikasi dengan Luimoto, lebih empuk dan nyaman. Footstep diganti menggunakan WR3, mengakomodir slipper clutch yang lembut. 

Raungan knalpot tak ubahnya ZX-25R adalah kasta baru sportbike 250 cc. Semoga saja tak membuat pengendara di jalan terganggu, dengan suara garang Akrapovic, karena bro Witjax masih cukup kental dengan gaya akrobatik. Paling pertama adalah adalah mematikan fitur KTRC, dengan memencet tombol sel 2kali, untuk memilih menu KTRC, dan mematikan dengan memencet tombol panah bawah. 

Tips modifikasi bagi Witjax adalah tetap mempertahankan fungsional, dengan tetap safety dan tingkat kenyamanan yang bisa diandalkan. Maka, Kawasaki ZX-25R yang sudah moge look ini lebih ganteng secara estetika. Budget modifikasi ZX25R ini mencapai Rp75 juta, dengan upgrade full body carbon. [Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi kawasaki,
#
modifikasi ninja zx-25r,
#
kawasaki motor indonesia,
#
witjax modizigner