MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Versys 650 2022 Tampil Percaya Diri dengan 5 Fitur Barunya

JAN 24, 2022@18:00 WIB | 324 Views

Kawasaki Versys 650 2022 meluncur dengan beberapa titik refresh. Keputusan mengeluarkan Versys 650 setelah dua varian Versys 1000 dan Versys 250 lebih dulu diluncurkan. Berdurasi waktu 2 bulan setelah pertama kali diperkenalkan di EICMA November 2021 lalu. KMI memperkenalkan varian adventure 650 ini dengan beberapa fitur baru. Simak titik pembaharuan Versys 650  ini ya BlackPals. 

Pertama Layar TFT dan Konetivitas Smartphone

Layar TFT ini punya display yang mirip dengan ZX10R terbaru 2021 lalu. Terbilang cukup mewah karena sudah full colour.  Rentang putar mesin dibatasi hingga 13000 rpm. Semua indikator disajikan secara digital, termasuk temperatur mesin, waktu, rata-rata riding, indikator bluetooth, fuel indicator, posisi transmisi dan indikator KTRC, serta ABS. Tampilan mudah dibaca, dan mengandalkan fungsional rider saat perjalanan,  dan Kawasaki cukup detail dalam meningkatkan upgradenya. 

Kawasaki TRaction Control (KTRC)

Fitur ini kami kenal saat ZX25R diluncurkan bulan April 2021 lalu. Fungsinya lebih membantu saat riding dalam berbagai kondisi cuaca dan medan. Saat riders percaya diri melintasi medan berbatu dan berpasir, bisa saja mematikan fitur KTRC. Namun disaat hujan lebat dan badai, yang memungkinkan untuk tetap riding bisa menggunakan fitur KTRC ini.
Rider tetap aman, karena putaran roda bakal disejajarkan dengan putaran mesin melalui kontrol ECU.

Style Front Cowl 

Kalau dibilang baru, Front Cowl dari Versys 650 ini banyak mengacu ke gaya ZX25R atau Versys 1000. Namun sebagai motor dual purpose bagian front cowl depan dikawinkan dengan front fender minimalis ala motor Dakkar. Kalau di motorsport, front fender digantikan dengan fungsi aerodinamika lain seperti winglet. Sayangnya titik rubahan body tidak dibarengi dengan update serius lainnya.


LED HeadLamp

Update lain seperti penggunaan lampu LED, mungkin menjadi lebih tepat. Karena selama ini motor adventure hampir selalu dilengkapi dengan lampu-lampu tembak, untuk penerangan di jalan. LED Headlamp lebar dengan gaya lampu tajam mengalir dari depan motor hingga ke belakang. 

Desain yang diperbarui pada fairing atas dan bodywork di sekelilingnya memaksimalkan tampilan New Versys 650 jadi lebih menarik, dan penutup buritan yang tajam memperkuat citra motor yang kompak dan sporty.


Windshield Adjustable

Melengkapi fairing atas yang didesain ulang adalah kaca depan baru, menawarkan peningkatan perlindungan angin dan menambah kenyamanan rider. Keempat posisi dapat dengan mudah disesuaikan dengan tangan menggunakan tombol pelepas di bawah layar TFT. Tombol ini mudah diraih dengan tangan kanan. 

Beberapa wilayah dengan track panjang, biasanya akan dibarengi hembusan angin yang kencang. Maka peran windshield untuk menopang tekanan angin ke rider cukup penting, dan bisa menggunakan setingan agar handling lebih mudah.

Test Ride: Kawasaki Versys 650, Semakin Handal dan Bertenaga

Sementara sistem sasis dan suspensi masih mempertahankan versi lama. Suspensi depan sudah Up Side Down berdiameter 41mm, dilengkapi dengan sistem rebound yang bisa disetel. Suspensi belakang, single shock, ditopang dengan swing arm banana yang kokoh dengan single disk.  Sistem pengereman depan dengan double disk, pada velg 6 palang depan dan belakang.

Kawasaki Versys masih menggunakan mesin yang lama, dengan dual piston (Parallel Twin) 4 tak, DOHC dengan 8 klep. Mesin berkapasitas 649 cc, menghasilkan tenaga dengan 66 hp pada rentang putar 8500 rpm serta torsi maksimum 61 Nm pada 7000 rpm. Tenaga, torsi dan kubikasi yang sama dengan Versys 650 yang dilansir 2016 silam.  Mesin Kawasaki dirancang dengan perbandingan kompresi 10,8:1 memudahkan konsumsi BBM dengan oktan rendah.

New Kawasaki Versys 650 siap untuk digunakan di jalan mana pun, kapan pun untuk petualangan Anda berikutnya dengan suspensi depan long-travel 41mm, reabilitas yang telah terbukti, dan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. 
Setelah memantapkan posisinya sebagai favorit para rider, New Versys 650 terus menjadi pilihan utama sebagai kendaraan utama bagi pengguna yang gemar riding dengan performa maksimal dan tingkat fleksibilitasnya yang mumpuni. 

“Terinspirasi dari Versys 1000, desain yang diperbarui dari upper cowl dan bodywork di sekitarnya memberikan Versys 650 menjadi lebih emotional design dan stylish. Pastinya Kawasaki Lovers akan dimanjakan kenyamanan yang maksimal dalam setiap perjalanannya.”, ucap Michael C. Tanadhi, selaku Head Sales & Promotion KMI. New Kawasaki Versys 650 tersedia dengan warna yang memikat yaitu Candy Lime Green dengan harga OTR Jakarta Rp. 199.900.000,- (OTR Jabodetabekser).[Ahs/timBX]
 


 

Tags :

#
kawasaki versys 650,
#
kawasaki motor indonesia,
#
kawasaki adventure,
#
motor adventure