MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Ride: Kawasaki Versys 650, Semakin Handal dan Bertenaga

APR 22, 2016@13:50 WIB | 8,205 Views

Setelah sempat merasakan ganasnya peforma Kawasaki Versys 1000, blackxperience.com akan mengulas versi yang lebih kecil yakni Versys 650. Meskipun mengusung mesin lebih kecil tidak berarti motor ini tidak mampu 'berlari'. Dengan selisih berat kendaraan sebesar 35 kilogram, Versys 650 tentunya lebih lincah dibandingkan saudara barunya.

Kalau biasanya kami menguji motor didaerah perkotaan, kali ini kami mencoba kuda besi ini ke kawasan pegunungan. Memulai perjalanan dari Sentul, Bogor, Jawa Barat, kami langsung menuju gunung pancar. Di perjalanan kami menemukan lintasan yang cukup menantang seperti tanjakan curam dengan kontur jalan rusak. Tidak jarang kami juga menemukan kondisi lintasan aspal mulus sehingga bisa memacu kemampuan maksimal motor ini.

Berbeda dengan versi sebelumnya, Vesys 650 lansiran 2015 ini mendapat suntikan tenaga lebih besar. Sokongan tenaga maksimal yang diklaim mencapai 69 hp ini cukup mengesankan! Belum lagi torsi yang besar membuat motor ini sangat lincah sejak awal membuka gas. Penyempurnaan pada peranti peredam kejut juga memberikan kesan tersendiri bagi kami.

Melintasi medan berbatu nan curam dengan kecepatan rendah tidak membuat pengendara canggung. Motor tetap stabil sehingga kami tetap nyaman mengendalikan kuda besi seharga ratusan juta rupiah ini. Deru mesin khas motor besar juga terdengar cukup sangar namun tidak berlebihan. Di kawasan Bukit Sentul kami juga menemukan beberapa tikungan landai dengan aspal mulus.

Kedua suspensi Versys 650 yang dapat diatur tingkat kekerasannya memberikan kenyamanan melibas tikungan meski dengan kecepatan cukup tinggi. Kedua ban yang cukup lebar juga menambah rasa nyaman pada situasi tersebut. Sayang, varian ini tidak dibekali peranti slipper clutch, sehingga saat kami melakukan deselerasi ban belakang seringkali mengunci.

Sebagai motor dual purpose sudah pasti mengutamakan kenyamanan berkendara. Maka dari itu posisi berkendara Versys 650 sangat ideal sehingga tidak membuat pengendara mudah letih. Dengan tinggi motor 1400 mm, pengendara berpostur kurang dari 180 cm terpaksa harus menapak tanah dengan ujung kaki saja alias jinjit! Dengan berat total 214 kilogram, Versys 650 tidak menyeramkan seperti kami bayangkan.

Adanya fitur Anti Brake lock System (ABS) mampu menambah rasa aman ketika berkendara. Salah satu pembeda dari Versys generasi terbaru ini adalah bracket boks samping. Versys 650 kini dilengkapi bracket panniers plug n play, sehingga memudahkan Anda yang ingin memasangkan boks samping pada kendaraan kesayangan. Akhir kata, kami puas bisa merasakan peforma Versys 650 dan terima kasih kami ucapkan pada Tommy Ernawan dari Kawasaki Motorave Cibubur yang telah memberikan kami kesempatan ini. [dw/timBX]


Spesifikasi

Mesin : Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin, DOHC, 8 valves
Sistem pendingin: Radiator 
Kapasitas : 649 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Fuel injection: 38 mm x 2
Tenaga Maksimum : 69 hp/8.500 rpm
Torsi Maksimum : 64 Nm/7000 rpm
Transmisi : Manual 6 percepatan, return shift
Bahan Bakar : Gasoline
Kapasitas tangki : 21 liter
Panjang : 2.165 mm
Lebar : 840 mm
Tinggi : 1.400 mm
Sumbu Roda : 1.415 mm
Berat kosong : 214 kg
Suspensi Depan : 41 mm inverted telescopic fork with adjustable rebound damping (right-side) and adjustable preload (left-side)
Suspensi Belakang : Offset laydown single-shock with remote spring preload adjustability
Rem depan: Dual semi-floating 300 mm petal discs    
Rem belakang: Single 250 mm petal disc
Ban Depan : 120/70ZR17M/C 
Ban Belakang : 160/60ZR17M/C
Fitur lain : ABS, Bracket panniers
Harga : Rp 172 juta on the road Jabodetabek

Tags :

#
test ride,
#
kawasaki versys 650,
#
kawasaki versys,
#
kawasaki,
#
auto review