MENU
icon label
image label
blacklogo

Gazoo Racing Rilis Detail Toyota Hypercar

JAN 05, 2021@16:00 WIB | 337 Views

Telah dikabarkan sebelumnya selama lebih dari dua tahun, kini divisi Toyota Gazoo Racing sedang mengerjakan mobil balap yang akan bersaing di kelas hypercar baru balap FIA. Bagi yang belum tahu, Gazoo Racing adalah merek olahraga motor dalam grup Toyota yang mengembangkan mobil balap dan model produksi seperti Toyota GR Supra 2021, GR Yaris khusus Eropa, dan GR Corolla yang akan datang. Hypercar baru ini tidak akan menjadi proyek GR sebelumnya, karena tidak akan didasarkan pada model Toyota yang ada.

Sebagai gantinya, mobil tersebut akan dibuat untuk balapan dengan sekitar 20 varian legal jalan raya untuk memenuhi persyaratan homologasi. Masih belum jelas mobil apa yang akan disebut dengan nama balap atau produksi, tetapi Gazoo Racing hampir siap untuk menceritakan semuanya. Bagian dari Toyota Racing ini baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengungkapkan hypercar baru pada hari Jumat, 15 Januari 2021.

Teaser tersebut muncul di Twitter, bersama dengan beberapa spesifikasi performa pada kendaraan tersebut. Gazoo Racing mengutip 500 kilowatt atau 680 PS, yang berarti sekitar 670 tenaga kuda mekanis. Angka keluaran tersebut berasal dari konsep aslinya yang menghasilkan 986 hp, dan rumor yang beredar sekitar 1.400 hp. Powertrain dikonfirmasi sebagai konfigurasi hybrid all wheel drive. Dengan berat hanya 1.030 kilogram (2.270 pon), Toyota Hypercar harus tetap melaju kencang.

Perlu diingat bahwa teaser ini untuk versi balap, yang mungkin memiliki daya terbatas karena peraturan Le Mans Hypercar (LMH). Bukan hal yang aneh jika mobil jalanan modern lebih bertenaga daripada mobil balap, jadi diperkirakan versi legal jalanan masih dapat menghasilkan lebih dari 1.000 hp. Rumornya, mobil tersebut akan menggunakan nama "GR 010" dan mengemas mesin V6 2.4 liter V6 Competition twin turbo dengan tiga motor listrik. Meski memakai lencana Toyota, GR 010 akan menjadi mahal, dengan setidaknya dengan label harga $1 juta (sekitar Rp 14 miliar). [ibd/timBX]

Tags :

#
gazoo racing,
#
toyota hypercar,
#
toyota,
#
hypercar,
#
toyota gazoo racing