MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Shelby V-10 Cobra Concept Siap Dilelang

SEP 05, 2021@12:00 WIB | 112 Views

Shelby Cobra dari Ford merupakan salah satu mobil mewah berharga fantastis pada masanya. Namun sayang, mobil ini berakhir di meja perencanaan dan tak pernah terlahir untuk produksi.

Konsep mobil Shelby Cobra pun jadi incaran menarik mengingat kelangkaan, estetika, dan tenaga yang melekat padanya. Ya, Ford Shelby V-10 Cobra Concept dikabarkan akan dilelang selama Monterey Car Week tahun ini, dan seseorang akan membayar lebih untuk mendapatkannya.

Ford Shelby Cobra Concept atau yang akrab disebut Project Daisy, awalnya adalah cara untuk memanfaatkan sebagian besar biaya rekayasa dan modal yang dipesan lebih dahulu. Jadi untuk mempersingkat produksinya, Shelby Cobra direkayasa dan dikembangkan ke tingkat yang tidak terlihat pada mobil konsep sejak tahun 1960-an.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Ford GT '64 Prototype Heritage Edition

Mobil ini dibangun dari sasis aluminium agar sesuai dengan kekakuan torsi Corvette kontemporer dan komponen suspensi GT disetel untuk menunjukkan potensi dinamis roadster. Mobil ini sepenuhnya dimodelkan dalam CAD dan 6.4L modular twin-cam V-10 telah diuji hingga 7.500 rpm.

Mobil ini kian menarik karena berbeda dengan mobil Cobra klasik lainnya yang mendapat sokongan V-8. Perancang percaya bahwa V-10 ini mampu menghasilkan putaran tinggi yang baik untuk 605 tenaga kuda dan 679Nm.

Baca juga: Hormati Pilot Wanita Perang Dunia II, Ford Luncurkan Mustang Mach-E Khusus

Dibandingkan dengan V-8 supercharged GT, Cobra Concept V-10 jauh lebih ringan, memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah, dan hanya berukuran 0,4 inci lebih panjang saat berpenampilan lengkap. Dengan putaran tinggi dan gabungan sistem pembuangan yang tepat bersama X-pipe crossover, Cobra yang satu ini terdengar luar biasa.

Terlepas dari pengembangan, rekayasa dan rencana, Shelby Cobra V-10 tak pernah dirilis. Waktunya dinilai tak tepat oleh Ford untuk meluncurkan kendaraan halo bermargin rendah. Selain itu, perusahaan juga belum pulih dari bencana Firestone, resesi membayangi, dan beberapa tim manajemen perusahaan meremehkan nilai nama dan afiliasi Shelby. Theodore dan Shelby telah melalui banyak hal untuk merealisasikan Project Daisy. Mulai dari penyesuaian modal dan harga jual, penggantian suku cadang, hingga perubahan pengoperasian sakelar untuk klakson dan lampu sein.

Baca juga: Ford Custom Ini Sangat Cocok Untuk Road Trip

Atas permintaan Ford, tim fabrikasi asli mengukir pelat nomer seri bertuliskan 002003SHELBYCOBRA, dan sudah berlisensi dan terdaftar untuk digunakan di jalanan. Mobil ini dijual apa adanya dan tanpa garansi. Hanya saja, pembeli akan mendapatkan buku pembuatan asli dan detail teknis lainnya. Tim Project Daisy berdedikasi untuk menjaga konsep agar tetap hidup.

Nilai jual Shelby Cobra akan dijawab secara pasti oleh penawar yang ditentukan di lelang Mecum, di Monterey. Perkiraan saat ini harganya akan berkali lipat dari $825.000 dolar AS atau Rp11,7 milyar rupiah yang dilaporkan pada tahun 2017. Ini adalah nilai dari keindahan dan kelangkaan, karena Cobra ini adalah yang terakhir yang dikembangkan dan dikendarai oleh Shelby.[yub/shf/timBX]

Tags :

#
ford shelby,
#
mobil ford shelby,
#
ford,
#
ford shelby v-10 cobra concept