MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Delapan Balapan Formula 1 Eropa Resmi Dijadwal Ulang

JUN 01, 2020@14:00 WIB | 156 Views

Kalender Formula 1 2020 yang direvisi akan menampilkan delapan putaran Eropa antara bulan Juli dan September. Versi terbaru dari jadwal F1 untuk leg Eropa musim 2020 rencananya akan diumumkan pekan depan.

Kalender asli F1 musim 2020 telah ‘dirusak’ oleh pandemi Covid-19 yang telah memaksa musim untuk ditunda dengan semua kegiatan balap dihentikan sampai bulan Juli. 10 balapan awal pun telah dibatalkan (Belanda, Monaco, Kanadadan Prancis).

F1 berharap masih bisa mengadakan serangkaian balapan Eropa di balik pintu tertutup dalam lingkungan ‘biosfer’ yang terkendali, yang akan melihat sejumlah kecil personel paddock yang sering melakukan tes untuk virus corona, dan sekarang telah muncul balapan mana yang akan ditampilkan di leg Eropa yang direvisi.

Musim 2020 akan dimulai pada tanggal 5 Juli di Austria, dengan Red Bull Ring mengadakan balapan berturut-turut seminggu kemudian (pada 12 Juli).

Grand Prix Hungaria (yang semula dijadwalkan 2 Agustus) diperkirakan akan dimajukan ke slot 19 Juli untuk memungkinkan personel F1 melakukan perjalanan langsung dari Austria ke Hungaria.

Langkah seperti itu akan memotong setiap komplikasi yang disebabkan oleh aturan karantina dari pemerintah Inggris pada kedatangan internasional, dengan F1 awalnya bermaksud untuk menuju ke Inggris untuk sepasang balapan beruntun pada 19 Juli dan 2 Agustus di sirkuit Silverstone.

F1 tampaknya akan meninggalkan rencana untuk balapan Inggris setelah gagal mendapatkan pembebasan dari aturan ‘isolasi mandiri 14 hari’, meskipun mendapatkan dukungan dari Perdana Menteri Boris Johnson.

Intervensi dari Downing Street dapat memungkinkan acara ganda Silverstone tetap berjalan. F1 pun telah mencadangkan tanggal baru pada 2 Agustus dan 9 Agustus untuk melangsungkan perlombaan, asalkan semua personel diizinkan untuk melakukan perjalanan pada waktu itu.

Jika rencana itu gagal, Hockenheim dapat menggantikan Silverstone setelah adanya pembicaraan dengan F1 tentang kemungkinan mengadakan balapan tahun ini  meskipun Grand Prix Jerman tidak ada dalam kalender asli.

Revisi Grand Prix Spanyol di Circuit de Barcelona-Catalunya akan mengikuti balapan Silverstone pada 16 Agustus.

Dua putaran Eropa selanjutnya akan diadakan di Spa-Francorchamps (Belgia) dan Monza (Italia) pada 30 Agustus dan 6 September, dengan kedua acara mempertahankan tanggal asli mereka.

Jadwal seperti itu artinya hanya akan ada dua akhir pekan tanpa balapan F1 antara 5 Juli dan 6 September. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

PERUBAHAN KALENDER F1 2020 di EROPA

PEKAN

TANGGAL

TEMPAT

1

5 Juli

Spielberg, Austria

2

12 Juli

Spielberg, Austria

3

19 Juli

Budapest, Hungaria

4

2 Agustus

Silverstone, Inggris

5

9 Agustus

Silverstone, Inggris

6

16 Agustus

Barcelona, Spanyol

7

30 Agustus

Spa-Francorchamps, Belgia

8

6 September

Monza, Italia

Tags :

#
kalender formula 1 2020,
#
jadwal f1 2020,
#
downing street