MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Jimny Sierra, Style Offroad nan Eye Catching

FEB 26, 2019@13:00 WIB | 3,253 Views

Suzuki Jimny Sierra menjadi salah satu varian Jimny yang cukup legendaris, hingga akhirnya Jimny Sierra generasi keempat diluncurkan sebagai mobil offroad 4x4 di tahun 2018. Jimny Sierra SJ410 yang satu ini merupakan generasi era 1980-an tepatnya 1984, yang dimodifikasi secara  komprehensif dan keren tentunya. Perpaduan warna yellow wet yang cukup eye catching ditambah dengan lift up body yang membuat tampilan offroad-nya cukup kekinian.

Tim Blackxperience.com berkesempatan menemui sang owner Ariz dari komunitas SKIN di sela-sela acara Jimny Days Out, Parkir Timur Senayan, Minggu lalu. Puluhan mobil Jimny, Katana tertata rapi diparkiran, salah satu yang paling menonjol adalah Jimny Sierra, milik bro Ariz. Pasalnya style offroad-nya terbilang match dan tentunya proper, namun tidak banyak mobil offroad yang warna bodynya kinclong.

Ariz memodifikasi Jimny Sierranya pada bagian per dan gardan dibalik posisinya.  Bagian per dan gardan berada diatas garden. Kemudian ditambahkan karet lift up body untuk meredam gesekan antara sasis dan bodi. Akibatnya, ground clearance jadi lebih tinggi dan harus over axle, menyesuaikan penggunaan ban Kanati Mud Terrain berukuran 235x85 berpadu dengan velg Daytona 16 inci. Suspensi juga harus menyesuaikan, dan jatuh pada pilihan Kayaba  dan Omni.

“Gaya mobil offroad masih bisa digunakan untuk perkotaan. Meski sesekali saya harus mencoba medan offroad, pengguaan ban Kanati tipe MT cukup nyaman di dua alam.  Didukung dengan gaya over axle  suspense Kayaba dan Omni, cukup enak digunakan untuk perkotaan,” cetus Ariz.

Dirinya  menambahkan karet lift up empat titik dan harus memasangnya pada bengkel yang jago dan ngerti case by case. Fungsinya untuk menambah tinggi dan meredam gesekan. Fungsi over axle lebih pada bagaimana Jimny Sierra ini mengarungi medan, ditambahkan mid arm untuk mengurangi efek limbung karena mobil sudah tinggi.

“Karakter suspensi jadi lebih keras, karena jika disetting lembut malah berbahaya. Lumayan nyaman untuk harian, asal tidak kita bandingkan dengan sedan,” ungkapnya.  

Soal powertrain, mesin Jimny Sierra buat Ariz harus rela diswap, untuk menghasilkan power dan torsi yang lebih besar.  Sebagai mesin penggantinya, Ariz menggunakan mesin 1300 Caribian yang lebih muda sekitar tahun 2000 keatas. Dengan mesin G13B, 1300 liter tenaga yang dihasilkan 69 HP dan torsi 103 Nm, dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.

“Setelah swap engine, Saya gunakan mesin Caribian tahun 2000, dengan mesin 1300 cc versi karburator, dan transmisi manual  5 percepatan dan telah menggunakan power steering. Cukup beda dengan bawaan Sierra tahun 1984 yang belum power steering. Ini memudahkan saya main di perkotaan atau di medan offroad,” jelas Ariz.

Untuk mendongkrak tampilan, Ariz lagi-lagi harus mengganti tampilan depan, dengan menggunakan grille Suzuki Samurai dan over fender menggunakan part Jimny Samurai. Dikolaborasikan dengan gaya lampu depan LED aftermarket bergaya Rubicon.  Bagian Hood digunakan air scoop mengikuti gaya Jimny JDM yang kekinian.  Selain itu yang paling dominan, adalah penggunaan canvas, dengan gaya seperti hatchback atau lebih ke gaya semi bikini.

Secara looking, Jimny terlihat sebagai mobil yang kurus, namun dengan modifikasi suspensi, lift up, over fender dan ban MT, menjadi sebuah mobil yang lebih gagah dan kekar. “Goals-nya mobil saya terlihat lebih kekar dengan kemampuan 4x4, hasilnya benar-benar beda dengan mobil-mobil baru brand lain dengan kemampuan offroad. Bagi saya modif Sierra ini memang bukan mobil baru, namun  baru disebut mobil,” terang Ariz, yang cukup berhasil mengubah tambang Sierra lebih bengis.

Bagian interiornya, menggunakan dashboard Jimny Samurai, setir menggunakan versi Jepang, menggunakan audio serta penggunaaan jok Recaro.  Bagian plafon juga telah di touch ulang, dengan tambahan hand grip bergaya offroad. Pilar dan plat body bagian dalam mempertahankan warna kuning mengikuti eksterior.

Bagi Ariz, pengguna Jimny tidak usah ragu apa lagi malu. “Keluarkan Jimny Anda dari parkiran, dan tuangkan karakter Anda pada modifikasi Jimny. Hasilnya setiap Jimny akan memberikan karakter tersendiri."

Mempermanis tampilan sektor rear, Ariz menambahkan ban serep, yang ditambahkan cover kuning yang cukup manis. “Original style Sierra tetap kami pertahankan dengan tetap memasang ban serep di belakang.  Tambahan stop lamp diatas ban serep juga memiliki fungsionalitas, namun originalitas Sierra tetap tidak hilang,” jelas Ariz yang mempertahankan gaya offroad dengan part towing Warn.

Seperti apa kemampuan Jimny Sierra Kuning ini? Ariz mengaku penghobi touring dan adventure. Jadi dirinya tidak mengkhususkan hobi terabas medan lumpur. “Mobil offroad tidak harus becek-becekan, meski secara kemampuan bisa. Saya sudah mengikuti Jambore Nasional SKIn di Lampung. Selain itu sudah pernah kamping diatas gunung, pinggir laut dan medan offroad di Garut,” jelas Ariz.

Soal maintenance, Ariz mengaku cukup irit. Selain mobil Jepang, sparepartnya mudah, dan mudah dicari dimana-mana. “Saya mempertahankan sisi konvensional atau sisi manualnya, jadi tidak terlalu ribet untuk setting apabila terjadi kerusakan,” aku Ariz yang sudah melakukan rubahan minor change.

Bagi Ariz, Jimny Sierra kuning miliknya telah menemukan paket modifikasi yang tepat. Dirinya tidak ingin mengganti tampilan dalam waktu dekat, karena semuanya sudah sesuai target. Ariz membangun sebuah modifikasi yang benar-benar baru, untuk mobil offroad-nya. [Ahs/timBX]

  

Tipe      : Jimny Sierra 1984

Konsep : Touring dan Adventure

Spek Modifikasi

  • Lampu Depan DRL Aftermarket Model Rubicon
  • Fender  Jimny Samurai
  • over Axle
  • Swap Engine mesin 1300 Caribian Karburator
  • Karet Lift Up Body 4 titik
  • Jok Recaro
  • Canvas Semi Bikini
  • Dudukan Canvas
  • Dashboard Jimny Samurai
  • Air scoop aksesoris
  • Power Steering 
  • Velg 16 inci Daytona
  • Ban Kanati M/T 235x85 R16
  • Rear Lamp
  • Ban Serep
  • Mid arm gardan belakang
  • Suspensi Kayaba
  • Suspensi Omni
  • Spion Aftermarket
  • Talang Air aftermarket
  • Part Towing Warn
  • Power Steering

Tags :

#
automods,
#
modifikasi,
#
jimny sierra,
#
jimny daily,
#
offroad