MENU
icon label
image label
blacklogo

All-New Suzuki Jimny - Simply Adorable

AUG 09, 2018@12:00 WIB | 5,907 Views

Suzuki Jimny terbaru sangat menggemaskan. Ini adalah fakta dan itu tak terbantahkan. Versi terbaru baby off-roader Suzuki ini telah dipamerkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales ke hadapan publik Indonesia melalui ajang GIIAS 2018, dan kami benar-benar harus menyiapkan teaser agar Anda benar-benar tergoda untuk membelinya.

Sekarang, kami akan membeberkan lebih banyak detail tentang Jimny generasi keempat ini, sehingga Anda bisa ikut mempelajarinya. Ada sasis ladder-frame, suspensi 3-link yang kaku dengan per pegas, penggerak ALLGRIP PRO 4-wheel-drive dengan part-time dan low range transfer gear.

Dalam terminologi Suzuki, "dirancang untuk para profesional." Pengemudi profesional tentu. Yang jelas, lihatlah bentuknya..

Mentenagai si boxy ini adalah mesin empat silinder 1,5 liter, menggantikan mesin 1.3 liter lamanya, dengan output 101hp dan torsi 130 Nm. Kami tidak begitu memperdulikan catatan sprint 0-100kph, tetapi yang kami perhatikan adalah Jimny terbaru ini sudah dilengkapi dengan gearbox manual 5-percepatan dan diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi 145 km/jam. Namun kalau Anda memilih transmisi otomatis 4-percepatan, dan angka tersebut bakal turun menjadi 140 km/jam. Tidak masalah untuk sebuah off-roader kompak sekeren ini.

Prinsipnya karena bobotnya yang ringan, hanya 1.090 kg (manual), atau 1.110 kg (otomatis). Dalam keadaan pengoperasian normal, dia adalah penggerak roda depan, tetapi Anda dapat beralih ke pengaturan '4H' four-wheel-drive (dengan gigi tinggi), dan '4L' (gigi rendah). Mode terakhir itu memungkinkan traksi yang lebih baik jika Anda memutuskan untuk menjelajah ke medan yang Anda tidak kuasai.

Yang mana Anda bisa, dengan leluasa malah. Karena All-New Jimny ini punya approach angle 37 derajat, dan departure angle 49 derajat (bahkan G-Class terbaru, misalnya, hanya mencatatkan angka masing-masing 31 dan 30 derajat untuk itu). Belum lagi, Jimny punya kontrol traksi yang memungkinkan roda mengerem bila tergelincir di medan yang sulit.

Jadi ya, dia akan menjadi off-roader dengan bagus. Lalu di jalanan biasa? Suzuki telah memasang peredam kemudi baru pada suspensi depan untuk membantu kemulusan berkendaranya. Plus, ada lebih banyak ruang dari sebelumnya: 377 liter ruang kargo dan apabila kursi belakang dilipat, membuat kapasitasnya bertambah 53 liter lebih luas dari pendahulunya, dan proses pelipatannya juga flat (datar), untuk memudahkan menaruh barang.

Lalu ada hal-hal yang dapat Anda lihat dengan mudah. Bentuk siluet kotaknya, panel instrumen anti gores dan tahan noda dan dasbor, grip dan switch yang dapat dioperasikan meskipun Anda sedang mengenakan sarung tangan. Bahkan ada layar sentuh tujuh inci pada sistim audionya.

Alat bantu elektronik lainnya termasuk kontrol hill-descent, yang berarti Anda dapat meluncur menuruni bukit dengan aman tanpa kaki Anda menginjak pedal rem, dan hill hold. Yang terakhir secara otomatis menahan mobil di atas kemiringan bukit jika Anda kehilangan momentum.

Dan akhrinya, Anda dapat memilih dari delapan pilihan warna termasuk dua yang dikembangkan khusus untuk mobil ini - kuning atau hijau. Makanya BlackPals, mulai menabung dari sekarang. Karena diperkirakan bila benar jadi dipasarkan di sini, harga berkisar mulai Rp 200 – Rp 300 jutaan, loh! [bil/timBX]

Tags :

#
suzuki,
#
all-new jimny,
#
pt suzuki indomobil sales,
#
giias 2018