MENU
icon label
image label
blacklogo

New Suzuki SX4 S-Cross - Jauh Lebih Baik

SEP 20, 2018@12:00 WIB | 1,334 Views

Dalam waktu di mana kelas SUV kompak menjadi trend di pasar Indonesia, SX4 S-Cross adalah wujud dari langkah yang berani yang diambil oleh Suzuki. Menantang rival seperti Toyota Rush, Honda HR-V dan Chevrolet Trax, tidak mudah, dan diakui, SX4 S-Cross belum pernah mendorong grafik penjualan Suzuki melonjak tinggi. Meskipun demikian, ini adalah mobil yang bagus secara keseluruhan - nyaman, praktis dan cukup mengasyikan untuk dikendarai juga. PT Suzuki Indomobil Sales kini meluncurkan facelift, yang diharapkan, bakal membuat mobil itu semakin bagus.

Perubahan paling mencolok yang pertama kalau Anda temukan adalah di luar, terutama di bagian fascia depan. Ketampanannya cukup banyak dirubah dengan kap yang lebih terpahat, lampu depan LED yang baru dengan DRL, grile krom beralur vertikal, dan bumper baru dengan pelat underguard baru.

Apakah saya menyukainya? Tentu. Wajah baru memberikan sedikit lebih banyak sosok dan karakter pada S-Cross. Serupa di depan, di bagian belakang, Suzuki S-Cross mendapat bumper baru dengan plat underguard baru, dan elemen lampu belakang LED yang diperbarui.

Penyempurnaan pada profil samping mungkin tidak  begitu diperhatikan. Tapi Suzuki setidaknya memberikan penyegaran pada S-Cross. Kami senang velg kini tidak terlihat seperti dop roda biasa. Velg 16-inci sekarang mendapatkan desain yang lebih simpel dengan dua corak. Velg ini juga dibungkus ban profil 215/60 yang lebih besar yang membuat mobil terlihat sedikit terangkat. Jika Anda balik ke angka-angka spesifikasinya, Anda akan menemukan kalau S-Cross terbaru lebih tinggi 5 mm dan 20 mm lebih lebar.

Setelah Anda masuk ke dalam kabinnya, perubahannya sangat halus, jadi Anda mungkin bahkan tidak akan menyadari pada awalnya. Suzuki mengatakan ada elemen sentuhan baru di sekitar dasbor, tetapi tidak ada yang baru secara signifikan. Meski tidak ada yang perlu diubah sejak awal juga, menurut saya.

Desain dashboard secara keseluruhan juga cukup simpel, bersih dan ergonomis. Dia punya sentuhan Eropa sedikit yang sesuai dengan karakter mobil. Ada ruang cukup lega untuk lima penumpang dan tersisa banyak ruang bagasi. Keseluruhan sesuai dan finishingnya bagus, dan material plastik  kalau disentuh cukup lembut dimana memainkan peran dalam membuat mobil ini terasa cukup premium.

Secara fitur, tidak ada yang ditambahkan, tetapi sekali lagi, Suzuki S-Cross sepertinya tidak kekurangan fitur apapun. Anda sudah mendapatkan AC otomatis, lampu depan dan wiper otomatis, keyless entry and ignition, glove box yang didinginkan, dan sistem head unit layar sentuh 7 inci yang bagus yang kini mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Tapi kalau dipikir-pikir sepertinya ada yang kurang di sini. Apa yang bisa ditambahkan mungkin ventilasi AC belakang, dimana dengan iklim tropis seperti kita dan dengan kabin yang cukup besar, akan sangat menyenangkan.

So, apakah kali ini dia benar-benar lebih bagus? Benar! Apakah dia berbeda secara signifikan? Jawaban sederhananya, tidak. Tapi, kesampingkan itu, kekuatan S-Cross tetap ada. Buka kap mesin dan Anda akan menemukan mesin bensin 1.5 liter VVT yang terus membuat  daya 107 HP dan torsi 138 Nm hingga putaran 4.000 rpm.

Apalagi sekarang dipasangkan dengan gearboks otomatis 6-speed yang bisa Anda pindahkan giginya melalui tuas paddle-shift di balik setir. Di dalam kota ini akan menjadi berkah. Sangat nyaman melakukan 20 km/jam di gigi ketiga tanpa protes.

Kelemahannya, Anda harus benar-benar membuatnya bekerja dengan cepat dimana pun. Sederhananya, pilih gearboks manual jika Anda ingin bersenang-senang. Sementara dia menarik tenaga ketika Anda menginjakan kaki ke pedal gasnya, dibutuhkan kesabaran untuk dia mengumpulkan kecepatan.

Mesin M15A jelas harus dipacu maksimal untuk membuat mobil seberat 1.6 ton ini menjadi lebih cepat. Yang patut dihargai adalah mesin ini konsisten tidak berkeringat mempertahankan kecepatan tiga digit pada speedometer.

Soal kenyamanannya, kami berulang kali menggeleng-gelengkan kepala kami dengan tak percaya bagaimana S-Cross mengatasi jalan-jalan yang kasar. Kualitas kendaranya selalu menjadi sorotan. Tapi, berani kami katakan, dia lebih baik. Tidak ada cara lain untuk mengatakannya: kualitas kendaranya luar biasa.

Mobil ini tidak terganggu oleh apa pun, dan dia membuat kebisingan dan goncangan keluar dari kabin. Sasisnya baru terasa kaku ketika Anda tak sengaja menginjak lubang dengan kecepatan sangat tinggi. Namun kabin tetap tenang. Bahkan di jalan raya dia sama rileksnya dengan mobil Eropa. Dan mungkin ada hubungannya dengan kaki-kakinya. Karena suspensinya sedikit disesuaikan untuk mengakomodasi ban baru yang lebih besar.

Jika dulu SX4 S-Cross tidak ada dalam radar Anda, sekarang dia layak mendapat tempat di daftar belanja Anda. Tidak mungkin pembaruan ini akan mengubah keberuntungan Suzuki di kelas SUV kompak/crossover dalam semalam, tetapi dia sudah pasti jauh lebih menarik. Luas untuk mengangkut lima anggota keluarga, dan kualitas rakitannya salah satu yang terbaik yang pernah kami lihat dari sebuah Suzuki yang diimpor dari India. [bil/timBX]

Spesifikasi New Suzuki SX4 S-Cross

Dimensi           4.300 mm x 1.785 mm x 1.595mm

Sumbu roda     2.600 mm

Mesin              M15A 4 silinder DOHC VVT

Kapasitas         1.491 cc

Tenaga             107 HP  @ 6.000 rpm

Torsi                138 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi         6-speed Automatic

Berat               1.670 kg (kotor)

Suspensi          MacPherson Strut & Tosion beam (depan & belakang)

Ban                  215/60 R16

Harga              Rp 268 juta

Tags :

#
suzuki,
#
suv compact,
#
sx4 s-cross,
#
new suzuki sx4