MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Tips Memilih Sepatu Terbaik Untuk Pria

JUN 09, 2021@16:30 WIB | 79 Views

Sepatu adalah salah satu bagian dari fashion yang penting dan banyak diperhatikan. Tidak ada sepatu yang bisa dipakai untuk semua acara. Sneakers tidak bisa dipakai untuk acara-acara resmi seperti pesta, di sisi lain sepatu brogue juga terasa aneh bila dipakai jalan-jalan. Selain itu, memilih sepatu juga harus disesuaikan dengan banyak hal. Berikut adalah panduan tips untuk BlackPals.

Aturan umum pemilihan sepatu

Dalam memilih sepatu apapun, ada beberapa tips yang cocok untuk diperhatikan. Pertama, pilihlah sepatu dengan warna yang lebih gelap dari warna celana. Hal ini karena warna sepatu yang lebih terang biasanya akan mendistraksi. Memilih kaus kaki sendiri sebenarnya tidak perlu menyesuaikan dengan sepatu. Pemilihannya sendiri bisa disamakan dengan pemilihan dasi, pilihlah sesuatu yang menonjolkan gaya unik Anda.

Tidak seperti kaus kaki, pemilihan ikat pinggang justru bisa berpengaruh dengan sepatu. Sesuaikan juga kedua item fashion ini dalam pemakaian. Aturan lainnya adalah dalam membeli sepatu, jangan ragu untuk menginvestasikan banyak uang. Membeli sepatu yang lebih mahal justru bisa menghemat banyak uang karena bisa bertahan hingga bertahun-tahun lebih lama dari sepatu lain. Apalagi sepatu kulit yang dirawat dengan baik. Terakhir, utamakan kenyamanan dan ukuran yang pas dibandingkan gaya desain. Anda akan berdiri dan berjalan lama dengan sepatu Anda, jadi pastikan Anda nyaman memakainya.

Tips Memilih Sepatu untuk Pakaian Kasual

Untuk momen kasual, ada banyak pilihan celana yang biasa dipakai. Mulai dari jeans, dockers, chino, atau khakis. Bila Anda memakai jeans, sebaiknya hindari sepatu-sepatu yang sangat mengkilap karena mereka didesain untuk acara yang lebih formal. Sepatu boots, sepatu dengan lug shoes atau bersol tebal, sneakers, loafers, dan sandal akan menjadi pilihan yang bagus.

Agar lebih mudah, Anda bisa memilih berdasarkan baju yang dipakai. Baju polo dipadukan dengan loafers dan baju kaos dengan sneakers. Bila memakai baju berdesain kotak-kotak, sepatu boots kerja atau hiking boots adalah pilihan yang cocok. Sandal sendiri bisa dipadukan dengan kemeja button down yang lebih banyak desain untuk gaya yang lebih kontemporer.

Atau Anda juga bisa memilih berdasarkan warna jeans yang dipakai. Canva shoes memiliki banyak pilihan warna untuk dipadukan dengan semua warna jeans. Namun sepatu ini tidak cocok bisa cuaca buruk di luar. Bila memakai jeans berwarna gelap, pilih sepatu slip on atau square toes. Ditambah kaus kaki terang atau blazer, Anda akan mendapatkan gaya vintage. Bila memakai jeans berwarna terang, pakailah slip on dengan warna coklat gelap.  

Bila memakai celana lain seperti dockers, chino, atau khakis, pilihan sepati seperti loafers dan boots masih bisa dipakai. Namun ada juga pilihan lain seperti sepatu oxford, boat, dan saddle shoes. Ketika sepatu ini mirip dengan sepatu pantofel tetapi lebih kasual. Biasanya sepatu seperti ini semakin bergaya akan semakin kasual.

Tips Memilih Sepatu untuk Pakaian Formal

Berbicara tentang pakaian formal, yang terpikir pertama tentu adalah jas. Pilihan sepatunya biasanya berputar pada sepatu brogue. Sepatu ini bisa dipakai ke tempat kerja ataupun ke pesta. Pilihan lain yang bisa dipilihan adalah slip on berwarna coklat. Untuk sepatu formal, biasanya bahan yang lebih mengkilap akan terlihat lebih bergaya, begitu juga dengan heels dan sol sepatu yang lebih tipis. Bila memakai ikat pinggang, sesuaikan juga warna seaptu dengannya.

Bagian sepatu lain yang harus diperhatikan adalah ujung depan sepatu. Ada banyak bentuk yang dipakai mulai dari kotak hingga runcing. Sepatu dengan ujung lebih bulat atau di antara kotak hingga runcing akan lebih mudah dipadukan dengan lebih banyak baju. Sepatu dengan ujung bulat atau kotak juga memiliki lebih banyak ruang untuk jari kaki dibandingkan sepatu berujung runcing.

Panduan warna sepatu dan celana

Sebagai tips terakhir, berikut adalah daftar warna sepatu dan warna celana yang cocok dengannya.

- Sepatu hitam dengan celana hitam, navy, atau abu-abu.

- Sepatu coklat dengan celana coklat, tan, beige, hiatau, atau warna tanah yang lebih gelap.

- Sepatu berwarna gelap mengkilap dengan celana khaki, coklat muda, biru, dan abu-abu.

- Sepatu tan dengan celana berwarna tanah yang lebih muda, biru, beige, warna tan, atau putih.

- Sepatu navy dengan celana berwarna abu-abu, beige, coklat, putih, olive, dan merah.

Itulah tadi panduan tips memilih sepatu untuk pria. Pemilihannya lebih banyak disesuaikan dengan celana dan momen. Namun tentunya kenyamanan tetap nomor satu karena sepatu yang tidak cocok bisa melukai kaki. Intinya, pilih sepatu yang nyaman, cocok dengan momen atau acara, dan sesuai dengan pakaian yang dipakai. [evl/asl/timBX]

Tags :

#
tips memilih sepatu terbaik,
#
cara memilih sepatu terbaik,
#
tips pria,
#
sepatu terbaik pria