MENU
icon label
image label
blacklogo

Ulasan Macbook Air M1, Dinilai Mengungguli MacBook Pro 16inci

NOV 17, 2020@09:30 WIB | 88 Views

Apple belum lama ini kembali mengejutkan pasar dengan perilisan tiga produk teranyar untuk perangkat MacBook. Ketiganya adalah MacBook Air, MacBook Pro dan Mac mini baru. Peluncuran yang digelar dalam acara virtual bertajuk One More Thing tersebut, secara resmi memperkenalkan otak baru untuk Mac, yang disebut chip M1.

Diklaim mampu bekerja dengan kecepatan tinggi, koleksi MacBook yang dilengkapi chip M1 disebut Apple sebagai komputer paling unggul yang pernah ada. Adapun terdapat banyak klaim lain yang begitu manis didengar, sayangnya tidak dilengkapi data teknis yang mendukung. Akibatnya, ulasan untuk MacBook bertenaga M1 begitu dinantikan oleh banyak orang.

Waktu pun perlahan tapi pasti mulai menjawab rasa penasaran konsumen, dengan sejumlah perbandingan yang mulai beredar. Salah satunya adalah ulasan dari GeekBench, di mana MacBook Air 13 inci M1 dinilai mengungguli MacBook Pro 16 inci Apple berbasis Intel 2019. MacBook 16 inci pada dasarnya adalah perangkat kelas atas, yang kini kehilangan daya tariknya bila dibandingkan MacBook Air M1.

Hasil GeekBench mengungkapkan bahwa MacBook Air M1 mencetak skor 1.687 dalam hal kinerja single-core dan 7.433 dalam skor multi-core. Bila dibandingkan dengan MacBook Pro 16 dengan model Intel Core i9, hasilnya adalah 1.096 dan 6.870.

Skor yang diperoleh MacBook Air tergolong bagus, mengingat perangkat tidak dibekali dengan kipas untuk mendinginkan aneka komponen hardware yang tersemat di dalamnya. Kemungkinan, ini diakibatkan desain MacBook yang tipis, yang membuat kipas tak dapat dibenamkan.

Dari sini dapat diprediksi bahwa MacBook Pro dan Mac mini kemungkinan bakal mencetak skor performa single-core dan multi-core yang lebih mumpuni. Sebab meskipun dibekali chip CPU yang sama, MacBook Pro dan Mac mini dilengkapi kipas untuk mendinginkan komponen.

Selain kinerja, kecepatan base clock CPU Apple M1 adalah 3,2 GHz. Ini jauh lebih tinggi dibanding CPU  Intel Core i9 dengan 2,3 GHz. Tentu saja, angka dari kinerja di atas hanyalah dari satu sisi cerita. Di samping itu, masih ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti kompatibilitas dan ketersediaan aplikasi.

Apple juga menjanjikan sejumlah aplikasi penting seperti Adobe Photoshop, Lightroom, DaVinci Resolve, Cinema 4D dan lainnya, dipastikan hadir di Mac Apple M1. Pabrikan sempat juga memamerkan sejumlah game yang bisa dimainkan di Mac anyar tersebut, diantaranya Baldur’s Gate 3, Beyond a Steel Sky dan Subnautica : Below Zero. Tak hanya itu, beberapa aplikasi dari App Store untuk iOS juga dapat dimainkan, seperti Among Us, Procreate, dan HBO Max. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
macbook air m1,
#
macbook pro 16inci,
#
mac mini,
#
spesifikasi macbook air