MENU
icon label
image label
blacklogo

Komponen Ceramic Shield Buat iPhone 12 Sulit Dihancurkan

OCT 30, 2020@11:00 WIB | 117 Views

Dengan iPhone 12 terbaru, Apple memperkenalkan inovasi terbaru, Ceramic Shield. Ini adalah jenis penutup kaca baru yang diklaim perusahaan 4x lebih tangguh dari pendahulunya. Mendengar hal ini, ada banyak yang penasaran untuk mencari tahu kebenarannya, termasuk EverythingApplePro.

Mereka melakukan serangkaian tes, yang hampir tak dapat disebut tes ilmiah, karena ada begitu banyak skenario berbeda. Tetapi ini akan memberikan gambaran tentang betapa tangguhnya iPhone terbaru dengan ceramic shield-nya.

Menurut EverythingApplePro, seri iPhone 11 benar-benar gagal selama pengujian ponsel menghadap ke bawah, sedangkan iPhone 12s tidak. Memang ada beberapa piksel yang mati dan merusak interior perangkat, tetapi bagian kaca sama sekali tidak pecah.

Pengakuan ini tak datang sendirian, karena perusahaan asuransi Allstate juga menyuarakan hal yang sama. Menurut Allstate, iPhone 12 memiliki layar smartphone paling kuat yang pernah diuji dan sulit dihancurkan. Fakta ini ditemukan ketika perusahaan menguji iPhone 12 dengan tes jatuh yang dapat merusak, termasuk menjatuhkan ponsel ke trotoar kasar dari ketinggian 1,5 meter.

Allstate menemukan desain datar iPhone 12 dan 12 Pro meman telah ditingkatkan daya tahannya, tetapi bukan berarti itu tidak pecah. Saat bagian depan dijatuhkan, koleksi iPhone 12 Pro retak di paruh bawah layar pelindung, sedangkan iPhone 12 hanya mengalami retakan kecil.

Ketika bagian belakang jatuh terlebih dahulu, iPhone 12 Pro bernasib lebih buruk dengan kaca yang hancur. Sedangkan iPhone 12 hampir tidak ada kerusakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa performa kedua perangkat jauh lebih baik dari model sebelumnya.

Beralih ke pengujian jatuh dengan posisi menyamping dari EverythingApplePro, hasilnya iPhone 12 lebih mudah penyok dibandingkan iPhone 12 Pro. Itu karena komponen iPhone 12 Pro menggunakan baja tahan karat untuk tali pengikat di sekitar telepon. Sedangkan iPhone 12 menggunakan aluminium yang sedikit lebih lembut.

Di samping itu, pengujian yang melibatkan rival iPhone 12, Samsung Galaxy S20, membuat klaim ini makin tak terpatahkan. Setelah melewati beberapa tes, Galaxy S20 benar-benar tidak berfungsi, sedangkan iPhone 12 masih dapat digunakan bahkan jika layarnya pecah.

Akan tetapi, pengguna disarankan untuk tidak ceroboh dalam menggunakan iPhone 12. Sebab, memperbaiki layar iPhone 12 atau iPhone 12 Pro menelan biaya $279 dolar AS atau sekitar Rp4 juta rupiah. Namun, bila Anda adalah pengguna asuransi AppleCare+, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya $29 dolar AS atau sekitar Rp424 ribu rupiah. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ceramic shield,
#
phone 12,
#
teknologi inovatif,
#
inovasi teknologi