MENU
icon label
image label
blacklogo

LG Membagikan Progress Pengembangan Teknologi 6G

AUG 23, 2021@16:15 WIB | 190 Views

Smartphone 5G akhir-akhir ini sudah mulai menjamur dan telepon, tetapi konektivitas 5G sebenarnya belum menjadi standar. Meskipun ada banyak peluncuran jaringan 5G, namun tetap saja belum merambah ke seluruh penjuru dunia seperti yang kita inginkan dan bisa dibayangkan mungkin akan memakan waktu beberapa tahun sebelum 5G menjadi standar baru.

Sementara itu, pengembangan dan pengerjaan teknologi 6G sepertinya sudah dimulai dan tampaknya cukup berjalan dengan baik, ini karena perusahaan ternama, LG telah mengumumkan apa yang tampaknya menjadi tonggak baru dalam pengembangan 6G, di mana mereka telah berhasil menyiarkan 6G dengan jarak rekor baru, yaitu 100m.

Jarak yang sebenarnya belum terlalu jauh. Namun, ini seperti yang diharapkan pada tahap pengembangan saat ini, karena masalah dengan frekuensi THz yang akan digunakan 6G adalah jangkauannya sangat terbatas dan cenderung kehilangan banyak daya saat melewati antena.

Solusi yang jelas untuk permasalahan ini adalah membangun lebih banyak menara seluler, tetapi hasilnya mungkin belum tentu layak dan biaya yang dikeluarkan cenderung mahal, itulah sebabnya LG bekerja sama dengan Fraunhofer Heinrich Hertz Institute dan Fraunhofer Institute for Applied Solid State Physics untuk membuat penguat daya yang dapat menargetkan dan mengarahkan sinyal nirkabel seperti ini dengan lebih baik.

Ingatlah bahwa 6G tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat dan saat waktunya diluncurkan, teknologi 6G harus jauh lebih mengesankan, setidaknya itulah harapannya. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
lg,
#
6g,
#
teknologi terbaru,
#
inovasi teknologi