MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Bocoran 6 Fitur WhatsApp Terbaru

JUN 16, 2020@12:25 WIB | 156 Views

Aplikasi chatting atau layanan perpesanan instan, WhatsApp dikabarkan sedang melakukan pengujian terhadap 6 fitur terbarunya demi memudahkan penggunanya. Dalam waktu dekat ini 6 fitur untuk pengguna perangkat Android dan iOS tersebut akan segera dirilis. Kabar ini pertama kali diumumkan oleh WABetaInfo yang notabene selalu terupdate untuk urusan fitur-fitur baru dari WhatsApp. Baik fitur yang sudah siap meluncur maupun fitur yang berada pada tahap pengujian. Penasaran? Berikut ini enam fitur WhatsApp yang akan segera meluncur dalam waktu dekat ini:

1. Fitur Pencari Pesan Sesuai Tanggal

Untuk memudahkan para penggunanya, WhatsApp sedang menguji fitur pencarian pesan menurut tanggal pesan dikirim sesuai keinginan. Fitur 'Search by date', namanya. Menurut WABetaInfo, fitur Search ini bakal dibikin berbentuk ikon kalender yang disematkan pada bagian obrolan dan diletakkan di sisi pojok kanan bawah, atau tepat di atas keyboard untuk iOS. Bagi pengguna Android, kemungkinan akan difasilitasi fitur ini dengan akses opsi Search yang terdapat pada jendela chat.

Adanya fitur ini, pengguna WhatsApp bisa memilih tanggal saat mengirim pesan pada setelan ikon kalender muncul. Di mana saat ini fitur Search baru bisa mencari kata kunci. Nantinya, fitur yang masih dalam tahap alpha tersebut akan memberi opsi lebih advanced bagi pengguna. Fitur search yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp ini ternyata sudah diterapkan oleh Telegram, sebuah aplikasi chatting buatan Rusian. Hanya saja, ikon kalender di Telegram berada di pojok kiri bawah, sedangkan WhatsApp menempatkan ikon tersebut di pojok kanan bawah.

2.Fitur Penghapus Pesan

WhatsApp juga sedang melakukan uji coba opsi menghapus (Clear) semua isi pesan kecuali yang telah dikasih tanda bintang. Pengembangan opsi baru ini untuk iOS dan juga telah disiapkan untuk Android. Dari gambar yang ada untuk iOS nampak opsi ‘Delete all excpt starred’ yang akan tersemat dengan ‘Delete all messages’. Kemudian, pada bagian Storage Usage terdapat opsi lain yaitu ‘Clear except starred’ yang nantinya bisa difungsikan pengguna untuk menyimpan pesan berbintang dan menghapus pesan dalam satu waktu.

3. Upgrade Pengelolaan Penyimpanan

WhatsApp dikabarkan pula sedang menguji pengembangan desain baru Storage Usage atau fitur yang dapat mengelola obrolan dan menyortir file dalam fitur Storage Usage. Fitur ini bakal menampilkan opsi file Large Files untuk melihat file-file yang berkuran besar dan file hasi forward (diteruskan). Nah, dengan fitur sortir, pengguna tinggal mengetuk opsi ini, maka pilihan file seperti Newst (terbaru), Oldest (terlama), dan bu Zize (berdasar ukuran).

Opsi Forwarded files pun WhatsApp sediakan sebagai penyaring file apa saja yang pernah diteruskan pengguna. Bakal ada opsi Sort untuk mengurutkan foto yang diterima sesuai urutan paling baru, paling lama atau ukurannya. Fitur ini dimungkinkan mempermudah pengguna untuk memilih foto mana yang ingin dihapus atau disimpan.

4. Mode Gelap/ Dark Mode

WhatsApp dilaporkan juga akan menerapkan warna baru bubble (gelembung) percakapan saat mode gelap atau dark mode diaktifkan. WABetaInfo menunjukkan melalui screenshot-annya ternyata ada warna baru yang sedikit berubah. Ini bertujuan untuk meringankan mata saat membuka WhatsApp di tempat yang minim cahaya. Sekarang, gelembung percakapan pesan masuk dengan dark mode masih berwarna keabu-abuan untuk versi WhatsApp 2.20.189 perangkat android. Sementara untuk pesan terkerim berwarna hijau gelap.

5. ShareChat yang Terintegrasi

Dikutip dari laporan WABetaInfo, WhatsApp tengah mempersiapkan sebuah video playar khusus untuk konten video dari ShareChat. Di mana ShareChat ini adalah jejaring sosial bikinan India yang memungkinkan pengguna bisa menjelajahi berbagai jenis konten foto maupun video. Jadi, nanti ketika fitur ini tersedia, seluruh pengguna WhatsApp bisa share tautan video yang ada di ShareChat dengan mudah. Cara kerjanya persis seperti pengguna mendapat atau mengirim konten dari YouTube atau Instagram yang dapat langsung ditonton di WhatsApp.

6. Fitur Gambar yang Diteruskan

Pengguna WhatsApp di iOS nanti bakal mendapat fitur baru penyemat tanda pada gambar yang diteruskan (forward) lebih empat kali. Di mana secara otomatis akan muncul notifikasi dan pengguna akan langsung diarahkan ke website atau google. Jadi, notifikasi hanya muncul jika pengguna akan meneruskan gambar yang telah empat kali diforward sebelumnya.

Itulah 6 fitur yang sedang diuji olah WhatsApp BlackPals. Dari keterangan yang dipaparkan WABetaInfo tentu fitur-fitur tersebut akan sangat memudahkan kita sebagai penggunanya bukan. Tetapi, itu baru dalam tahap uji coba dan belum ada kepastian kapan akan keenam fitur itu akan dirilis. Kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan akan diluncurkan. [asl/timBX]

Tags :

#
fitur whatsapp,
#
fitur whatsapp terbaru,
#
dark mode whatsapp