MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Juga Ingin Ikutan Bikin Chipset Sendiri?

FEB 13, 2019@10:00 WIB | 148 Views

Google sepertinya ingin mengurangi ketergantungan pada produsen chipset. Dikabarkan saat ini mereka merencanakan membentuk tim khusus untuk menggarap chipset buatan Google.

Seperti yang dilansir Reuters baru-baru ini, pihak Google sedang membangun sebuah tim baru yang didedikasikan untuk proyek di Bengaluru, India. Dalam tim desain baru tersebut menyertakan setidaknya 16 engineer dan empat perekrut. Kemungkinan jumlahnya berpotensi untuk terus meningkat.

Ini bisa menjadi sinyal kuat kalau Google berusaha melepaskan diri dari ketergantungan pada bisnis chip tradisional. Di antara karyawan baru tersebut, terdiri dari engineer yang pernah mengecap pengalaman dari perusahaan seperti Intel, Nvidia, dan Qualcomm.

Apple dan Google mantap dalam menghadirkan lebih banyak desain chipset, dimulai dengan prosesor A4 Apple untuk iPhone. Tak ketinggalan chipset khusus untuk pengolahan grafik pada perangkat dan pemrosesan kecerdasan buatan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Google juga merancang pelatihan artificial intelligence (AI) sendiri dan chip inferensi untuk pusat data. Kemudian diikuti oleh Amazon, Facebook, dan Microsoft, yang sebagian membuat chip untuk AI.

Sayangnya pihak Google belum memberikan konfirmasi ataupun informasi terkait pembentukan divisi barunya ini.

Menurut Reuters, Google saat ini hanya memiliki 13 daftar pekerjaan yang tersedia di Bengaluru. Tetapi jika upaya menghadirkan divisi baru ini bisa berjalan dengan baik, maka bukan hal mustahil bagi Google untuk benar-benar lepas dari ketergantungan dengan produsen chipset seperti Qualcomm misalnya.

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Berbagai sumber

Tags :

#
google,
#
chipset,
#
qualcomm