MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Bakal Gunakan Teknologi AI Dari Google?

MAR 19, 2024@17:30 WIB | 417 Views

Selama ini, Google dan Android merupakan dua perusahaan yang bersaing ketat di industri teknologi. Meski begitu, Apple ternyata justru bakal menghadirkan generatif AI untuk kebutuhan seperti chatbot AI menggunakan teknologi yang justru dibuat oleh Google.

Melansir TechCrunch, Selasa (19/3/2024), disebutkan bahwa penggunaan chatbot AI Google bakal digunakan pada smartphone iPhone. Artinya Apple bakal menggunakan chatbot AI besutan Google yaitu Gemini.

Selain dengan Google, Apple juga membuka kerjasama pembuatan chatbot AI dengan perusahaan lainnya. Salah satunya adalah Open AI yang terkenal dengan ChatGPT dan sudah banyak dipakai di berbagai perangkat seperti smartphone Android.

Laporan lainnya dari Bloomberg, Senin (18/3/2024), disebutkan Apple masih berdiskusi baik dengan Google maupun OpenAI perihal penggunaan teknologi AI. Setidaknya kepastian penggunaan chatbot AI mana yang akan dipakai bakal diumumkan pada bulan Juni mendatang.

Apple sejatinya sudah punya teknologi generatif AI yang mereka buat sendiri. Kabarnya fitur teknologi AI ini akan terintegrasi dengan sistem operasi iOS 18 yang bakal hadir sekitar akhir tahun ini. Artinya fitur ini bakal pertama kali hadir di seri iPhone 16 yang bakal meluncur tahun ini.

Namun bila Apple memutuskan menggunakan chatbot AI pihak ketiga, akan mengurangi biaya pengembangan yang cukup signifikan. Misalnya seperti fitur pembuatan teks, gambar, dan lain-lainnya akan dibuat oleh perusahaan pihak ketiga.

Menarik untuk melihat langkah apa yang akan dilakukan Apple untuk teknologi generatif AI yang terpasang di iPhone. Karena selama ini, mereka banyak membuat teknologi pendukung yang semuanya merupakan buatan Apple sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. [edo/timBX]

Tags :

#
apple,
#
teknologi,
#
chatbot,
#
ai,
#
google