MENU
icon label
image label
blacklogo

Perjalanan Legendaris Ini Mungkin Perjalanan Terindah di Bumi

DEC 18, 2020@08:00 WIB | 573 Views

Beberapa perjalanan yang membuat malas, liburan akhir pekan yang berkelok-kelok – melihat pemandangan indah di pinggir jalan yang unik dan menarik, melewati kota-kota kecil yang berharga dan penuh dengan tempat pemberhentian kecil sekedar untuk membeli donat, dan barang antik serta berfoto dengan dinosaurus raksasa ...

Rute 40 Argentina bukanlah perjalanan semacam itu.

“La Cuarenta”, demikian sebutannya, adalah seekor binatang buas — paus putih. Perjalanan yang membutuhkan perencanaan yang matang dan perasaan yang tak pernah puas untuk berpetualang. Imbalannya? Kepuasan menaklukkan salah satu bentangan jalan terindah di planet ini.

Untuk melakukannya berarti menempuh jalan raya sejauh 3.227 mil — setara dengan mengemudi dari New York ke Los Angeles, lalu melanjutkan perjalanan ke Seattle. Jalan ini membentang di sepanjang pegunungan Andes, dari kota tandus La Quiaca di perbatasan Bolivia hingga ke Cabo Vírgenes yang dingin di ujung selatan Amerika Selatan.

Sepanjang jalan, Anda akan melewati ladang lahar vulkanik, hutan purba, dan dataran garam yang berkilauan. Anda akan melihat taman nasional yang luas, danau biru kehijauan, gletser raksasa, dan formasi batuan beraneka warna. Ini adalah petualangan yang tiada duanya. Berikut cara mewujudkannya, dan pratinjau keindahan yang menanti.

Kapan harus pergi?

Dalam situasi yang memungkinkan, Anda lebih baik berkunjung secepat mungkin untuk melihat gerhana matahari total pada tanggal 14 Desember ini. Kecuali Anda sudah tinggal di Argentina (beruntung!), perjalanan itu hanyalah angan-angan untuk saat ini. Saat perbatasan dibuka kembali, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah bulan November dan Desember, saat jalan dibatasi dengan bunga lupin yang indah dan berwarna-warni; atau pada bulan Januari dan Februari, saat suhu naik (seiring dengan harga dan keramaian).

Tempat menyewa kendaraan

Dengan asumsi Anda terbang ke Buenos Aires untuk menjelajahi "Paris Amerika Selatan" (peringatan spoiler: jauh lebih ramah daripada Paris), Anda akan mengejar penerbangan dua jam ke titik peluncuran Anda di Bariloche. Dari sana, Anda punya pilihan: Patagonia Austral Rent A Car akan mengantarkan mobil Anda kepada Anda, atau jika Anda lebih suka mobil 4x4, coba pesan melalui Campanada. Untuk menciptakan situasi van kemping, perusahaan Wicked Van terdekat ada di Puerto Varas, Chili: jaraknya beberapa jam lagi, tapi sepadan jika Anda ingin memilih #vanlife.

Bariloche sejauh ini merupakan kota terbesar di rute tersebut, jadi kumpulkan semua perlengkapan berkemah yang dibutuhkan, dan sediakan minuman atau makanan ringan untuk perjalanan. Satu hal lagi: Anda akan melihat banyak orang yang ingin menumpang dalam perjalanan ini. Hal yang wajar dan sangat umum di sini. Jangan merasa berkewajiban untuk berhenti, tentu saja, dan selalu percaya insting Anda. Oke? Saatnya berangkat.

Bariloche ke Siete Lagos

Perlu diketahui bahwa bentangan jalan Rute 40 ini dimulai dan berakhir di Bariloche — baik 119 mil kesana-kemari, ataupun 162 mil putaran melalui Junín de los Andes — dan pemandangan yang akan Anda lihat adalah air. Salah satu tempat terindah dalam petualangan ini, nama area tersebut diterjemahkan menjadi Seven Lakes. Nama tersebut sebenarnya hanya untuk kebutuhan pemasaran singkat, karena pemandangannya dihiasi dengan perairan yang tampaknya tak berujung.

Dari gletser Gunung Tronador di Taman Nasional Nahuel Huapi, rutenya melewati Hutan Valdivian di Puerto Blest. Nantinya mungkin Anda akan merasa lelah dan menepi lalu mencoba memotret warna pirus yang luar biasa dan kejernihan danau yang menakjubkan. Selain itu, ada tempat lainnya yang tak kalah menarik. Lago Correntoso, rumah bagi beberapa tempat untuk memancing terbaik di bumi; Lago Espejo - Danau Cermin - airnya yang tenang dan bening sangat jernih; Licar seluas 21 mil persegi yang sangat terisolasi; dan Mirador del Pil Pil, mungkin sudut pandang paling menakjubkan di bagian Argentina ini.

Tempat pemberhentian yang cukup baik untuk makan siang adalah di Pistache di Villa La Angostura: Anda akan merasakan pizza yang dipanggang dengan kayu bakar, salah satu menu terbaik di Argentina. Kemudian kembali ke Bariloche sebelum perjalanan menjadi semakin jauh.

Bariloche ke El Bolson

Kota ini terletak 129 kilometer (80 mil) dari Bariloche, mengarah ke selatan melalui Rute Nasional 40. Beberapa kilometer pertama ikuti tepi danau Gutiérrez, Mascardi dan Guillelmo, sampai Anda menyeberangi jembatan sungai Villegas. Bagian jalan yang menakjubkan ini melewati perkebunan konifer yang luas.

Sekitar setengah jalan, Anda akan menemukan El Foyel, kota kecil komunitas El Manso. Mereka menjual kopi dan makanan di kios-kios di sepanjang pinggir jalan. Ada juga kabin dan penginapan tempat Anda bisa menginap.

Beberapa kilometer lagi di sepanjang jalan, Anda akan menemukan komunitas Guaitecas keturunan mapuche. Mereka menawarkan berbagai macam kerajinan tangan selama akhir pekan. Tepat sebelum mencapai kota, Anda akan menemukan Ukiran Kayu, sebuah instalasi seni atipikal yang menggunakan sisa-sisa hutan yang terbakar untuk menghidupkan karya seni seniman lokal.

Salah satu atraksi kota yang paling populer adalah pameran kerajinan di alun-alun Pagano di pusat kota El Bolsón. Anda dapat menyaksikan pengrajin mengerjakan kerajinan mereka, termasuk logam, tembikar dan potongan kayu, produk rajutan, kaca patri, pisau, perhiasan, dan banyak lagi.

Ada dua tur yang berangkat dari El Bolsón. Salah satunya adalah Taman Nasional Lago Puelo, yang terletak 16 kilometer (10 mil) dari El Bolsón dan antara provinsi Río Negro dan Chubut. Pilihan lainnya adalah pergi ke El Maitén untuk menaiki La Trochita, kereta uap kuno yang menarik banyak turis dari seluruh dunia. Kereta ini melintasi jalur rel kereta api sepanjang 45 kilometer (28 mil). Periksa hari dan jam buka kereta sebelum bepergian.

Jika Anda memiliki mobil sendiri, Anda harus pergi ke sudut pandang sungai Azul, lembah Mallín Ahogado, dan sudut pandang Cerrito Amigo. Anda juga dapat mengunjungi pameran spesies burung Patagonik, museum batu, dan beberapa air terjun terdekat.

El Bolson ke Epuyen

Argentina terkenal dengan anggur ungu dari Mendoza. Cuaca yang lebih sejuk di kawasan ini membantu menghasilkan beberapa pinot noir atau sejenis anggur wine yang bagus. Dalam perjalanan Anda ke luar kota, mampirlah ke Bodega de Bernardi, kebun anggur kuno berskala kecil. Dapatkan beberapa botol sebanyak mungkin, karena Anda pasti tidak akan dapat menemukannya di supermarket lokal di rumah.

10 menit dari Bolson ada kota bernama El Hoyo, di mana Anda harus berhenti untuk melihat air terjun: jika beruntung, Anda bahkan dapat melihat sarang burung condor di puncaknya. 10 hingga 15 menit dari sana adalah Epuyen, rumah dari Lago Epuyen yang indah. Jelajahi danau, lalu berkemah untuk bermalam. Tempat terkenal di daerah tersebut adalah Laberinto, labirin terbesar di Amerika Selatan. Pada hari-hari sebelum pandemi, tempat ini juga merupakan lokasi yang bagus untuk festival musik internasional akhir musim panas yang keren. Mudah-mudahan, pada saat perjalanan Anda menjadi kenyataan, festival tersebut kembali berjalan lancar.

Epuyen ke wilayah Piedra Parada

Saat Anda meninggalkan Epuyen, Anda akan memulai perjalanan ke stepa Patagonian. Beberapa jam kemudian, belok sedikit dari Rute 40 untuk melihat Piedra Parada, destinasi panjat tebing gurun yang terlihat seperti zaman prasejarah, lengkap dengan gua rahasia, kristal, dan fosil. Akomodasi cukup langka di sini, jadi pangkalan mereka bisa berupa tenda di perkemahan kecil dekat susunan batu besar atau di Hosteria Mirador Huancache di desa terdekat Gualjaina — pemandu mereka sejauh ini adalah yang terbaik di wilayah ini dan bisa mengantar Anda ke semua tempat-tempat keren yang kurang diketahui di daerah tersebut.

Bagi mereka yang datang untuk mendaki, ada lebih dari 300 rute di dinding setinggi lebih dari 180 kaki yang masih terus dilewati. Sebagian besar rute berada di sepanjang dinding lembah tinggi dan menawarkan perpaduan antara olahraga, trad climbing, dan multi-pitch climbing. Trekking dan berenang di air terjun El Saltillo yang sangat tersembunyi adalah suatu keharusan sebelum menuju lebih jauh ke selatan. Pengalaman ini seperti menemukan air terjun pribadi Anda sendiri yang terselip di Grand Canyon.

Piedra Parada ke Esquel

Hanya kurang dari dua jam dari Piedra Parada adalah Esquel, kota berukuran sedang dengan beberapa pabrik bir untuk dikunjungi dan toko grosir pertama yang akan Anda temui sejak Bolson — jadi jika Anda perlu menyimpan barang, sekaranglah waktunya.

Di sini Anda akan menemukan Taman Nasional Los Alerces, yang melindungi lebih dari 15.000 hektar pohon Alerce yang megah (Famili dari kayu merah Amerika Utara). Beberapa pohon di taman ini berusia lebih dari 2.600 tahun. Anda dapat berkemah di dalam taman (dengan reservasi sebelumnya), atau mungkin memilih kubah geodesik di Los Huemules Reserva de Montana. Di sini Anda dapat menunggang kuda, bersepeda gunung atau hanya memakai ponco, meringkuk dengan beberapa anggur dan menikmati beberapa pemandangan bintang terbaik di planet ini.

Jika Anda menyukai barang bersejarah, di samping Rute 40 ada kereta mesin uap tua yang dikenal sebagai Viejo Expreso Patagónico ("Kereta Patagonian Tua") atau La Trochita. Membuat perjalanan singkat, touristy, dan sangat Instagrammable antara Esquel dan Maiten.

Esquel ke El Calafate / El Chalten

Sampai saat ini, Anda mendapatkan perjalanan Patagonia dengan mudah. Setelah Esquel, Rute 40 menjadi semakin sepi, pemandangan yang luas serta angin yang bertiup kencang. Perhentian berikutnya baru 15 atau 16 jam lagi. Maklum, kebanyakan orang kembali ke utara ke Bariloche. Jika mobil sewaan Anda memungkinkan pengantaran di kota yang berbeda dari penjemputan, Anda juga dapat naik penerbangan domestik di Calafate ke sebagian wilayah kota besar di negara ini.

Tetapi jika Anda tidak keberatan untuk berkemah dalam semalam, ada baiknya Anda terus maju. Jangan khawatir jika Anda melihat flamingo merah muda, Anda tidak sedang lelah dan berhalusinasi, mereka menyukai laguna di pinggir jalan.

Imbalannya adalah Taman Nasional Los Glaciares, Situs Warisan Dunia UNESCO yang meliputi gletser luas di Ladang Es Patagonia Selatan, termasuk Gletser Perito Moreno yang terkenal di Calafate. Untuk melihat bongkahan besar es yang menguap dan mendarat seperti bom (suara dan semuanya) di air adalah sesuatu yang tidak akan pernah Anda lupakan. Para pendaki dan fotografer handal juga harus merencanakan beberapa hari ekstra untuk mengunjungi puncak granit setinggi 11.000 kaki di dekat Gunung Fitz Roy di Chalten. Hampir setengah dari stok foto Patagonia Argentina yang akan Anda lihat adalah Fitz Roy — Patagonia selatan klasik, dengan embusan angin kencang, bunga liar bermekaran, danau glasial, condor terbang di atas kepala, dan pemandangan yang membuat Anda merasa kecil. Di dekatnya terdapat Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya, Cueva de los Manos, yang memiliki seni cadas yang dilukis oleh Paleoindian, diperkirakan berusia 9.300 tahun.

Di akhir perjalanan ini, Anda akan merasa kelelahan dan gembira. Anda akan melihat lebih banyak keindahan dalam beberapa minggu daripada yang mungkin Anda bayangkan sebelumnya bahkan masih ada di Bumi. Terpesona oleh pemandangan alam yang mengesankan di sini, Anda pasti tidak ingin meninggalkan tempat ini. Dan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang membuat negeri ini begitu spektakuler. Masih ada sungai untuk rakit, penguin dan paus untuk dilihat, singa laut untuk snorkeling, bangkai kapal untuk dijelajahi, Beagle Channel untuk menyelam, dan heli-ski untuk dilakukan. Dan itu hanya di sisi Argentina dari Patagonia… Patagonia Chili juga menunggu. Saatnya memulai perencanaan. [mhd/asl/timBX]

Catatan : Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan peringatan perjalanan Level 4 untuk menghindari perjalanan ke Argentina, dan perbatasan Argentina saat ini ditutup untuk pariwisata. Untuk saat ini, gunakan panduan ini sebagai inspirasi untuk memenuhi keinginan berkelana Anda dengan aman dari rumah.

Tags :

#
rekomendasi spot,
#
spot pilihan,
#
spot terindah,
#
perjalanan terindah