MENU
icon label
image label
blacklogo

Kehadiran Tesla Model X SUV Terganjal Masalah

SEP 29, 2015@11:00 WIB | 497 Views

Kehadiran Tesla Model X SUV diyakini akan membawa tren baru di industri otomotif. Konsumsi masyarakat akan kendaraan bermotor pun dinilai bakal berubah. Meski demikian Tesla Model X juga menyimpan potensi masalah.


Ben Kallo, Senior Analyst dari Robert W. Baird & Co menilai jika Tesla kini mampu mengubah kendaraan listrik menjadi simbol status seseorang. Muncul pertama kali di pertengahan 2008 dengan model Roadster, saat itu Tesla hanya menjadi penyedia kendaraan listrik sport dengan jumlah terbatas.

Kesuksesan Tesla baru terjadi di 2012 ketika Model S sedan datang menggantikan tipe Roadster. Penjualan Tesla pun meroket dan sekarang Tesla mulai transisi dengan menyediakan model tamabahan dalam portofolio mereka akan kebutuhan pasar yang lebih khusus melalui Tesla Model X SUV.

"Dengan Model X, mereka memiliki satu senjata baru dengan standar lebih tinggi untuk mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik dibanding hanya dengan Model S," kata Kallo. Namun ia tak yakini SUV listrik ini akan memperluas jangkauan pelanggan baru bagi Tesla. "Anda harus lebih dulu melihat profil pelanggan Tesla, mereka orang-orang yang high tech selalu menginginkan yang terbaru, jadi saya pikir akan ada kanibalisasi dari pelanggan Model S," ucap Kallo.

Sementara itu Kirk Brown yang merupakan satu dari sekian banyak calon pelanggan Tesla menyatakan sangat berminat dengan Tesla Model X. Ia melihat Model X SUV merupakan kendaraan listrik yang menawarkan kebutuhan ruang interior dan daya jelajah sesuai kebutuhannya. "Saya ingin Model X menggantikan Subaru Forester 2002 milik saya, bagi saya Model X seperti layaknya iPhone terbaru," ucap PR Executive asal San Anselmo itu.

Tetapi keinginan Brown rupanya terganjal ketersediaan unit Tesla Model X. Perusahaan baru membuka pesanan untuk Model X pada paruh kedua 2016 sementara unitnya baru tersedia di 2012. "Saya buka orang yang bisa memberi tanda jadi dan menunggu sampai batas waktu yang tidak tentu. Jika saya datang ke dealer Tesla, duduk di antrian pelanggan, menguji mobil itu, kemudian menunggu 6 bulan untuk bisa memilikinya, maka saya yakin untuk membeli, tidak dengan memesan tanpa pernah melihat dan merasakan sendiri mobil tersebut," tukas Brown. [Pra/timBX]

Tags :

#
Tesla Model X SUV
#
Tesla Model X
#
Tesla
#
SUV