MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

JUL 17, 2015@12:00 WIB | 14,962 Views

Toyota Alphard sudah lama menjadi simbol kesuksesan sebuah keluarga di Indonesia. Alphard pun seakan menjadi kendaraan "wajib" bagi keluarga modern di Tanah Air yang menginginkan sarana mobilitas yang mewah, nyaman, sekaligus tetap mempertahankan prestige keluarga.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Selain Alphard, Toyota juga memiliki Vellfire. Baik Alphard dan Vellfire diposisikan pada segmen yang serupa meski keduanya punya diferensiasi masing-masing. Sama seperti halnya Toyota Vellfire 2015 yang kami pinjam melalui dealer CBU Autobless yang berlokasi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Toyota Vellfire memang selama ini hanya dijual melalui jalur importir umum (IU). Baru pada generasi ketiga Vellfire ini PT Toyota Astra Motor (TAM) juga ikut memasarkannya. Para dealer CBU pun tak kalah kreatif memanfaatkan momentum ini dengan memasarkan Toyota Vellfire 2015 dengan varian lebih banyak. Satu diantaranya model 8-seater yang kami uji kali ini.

Punya konfigurasi jok yang sanggup menampung hingga delapan penumpang termasuk sopir tentu menjadikan Toyota Vellfire ini lebih akomodatif demi memfasilitasi agenda berlibur atau pelesir ke kampung halaman dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. Well... anggota keluarga mana yang menolak pelesir dengan Vellfire bukan...

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Meski jumlah penumpang yang sanggup masuk di kabin Toyota Vellfire 2015 ini lebih banyak, tapi Toyota tak melupakan sisi kenyamanannya. Dibanding Vellfire sebelumnya, sedikit modifikasi dimensi dilakukan demi membuat ruang kabin more comfortable for all passengers. Seperti jarak sumbu roda yang lebih panjang 50mm, ketinggian lantai menurun 20 mm, serta bukaan pintu geser elektrik yang diperlebar 70 mm.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Selain itu ketiga baris jok bisa di maju mundurkan dalam rentang yang cukup lebar, walau untuk menggesernya masih dilakukan secara manual. Jok ini memang absen balutan kulit premium, sebagai gantinya adalah bahan suede dengan permukaan yang lebih lembut. Dan jujur saja kami lebih menyukai bahan seperti ini karena jauh lebih lembut dan lebih cozy untuk berlama-lama duduk di atas permukaannya.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Detil-detil aksesoris lain menjadikan ruang kabin ini layaknya kabin pesawat terbang. Contohnya saja keberadaan lampu iluminasi di bagian atap, aksen kayu pada dashboard dan door trim, serta sunroof yang tak cuma diperuntukan bagi penumpang depan tapi juga ada sunroof untuk penumpang belakang.

Sementara dari bagian luar, we think everyone will agree... ketika melihat sepintas paras luxury MPV Jepang ini akan langsung mengenali jika inilah Toyota Vellfire 2015. Kenichi Yoshioka, Chief Engineer of Alphard and Vellfire pernah mengatakan jika generasi ketiga MPV mewah Toyota ini menganut bahasa desain Grandeluxe yang artinya merepresentasikan kualitas kemewahan bukan sekedar ada kesan mewah.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Hampir seluruh permukaan bodi dari model terbaru ini di desain ulang. Paling radikal tentunya bentuk front facia. Well, Toyota Vellfire 2015 kini menampakan bentuk grill yang lebih futuristik. Ornamen chrome mendominasi dengan ketebalan yang bervariasi sehingga mengesankan jika grill depan seakan terdiri dari tiga bagian.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Hal yang sama juga terjadi pada lampu depan yang seakan terpisah antara lampu utama yang sudah menganut model projector dengan lampu sein. Sebenarnya lampu model "terbelah dua" ini sudah ada sejak Vellfire generasi sebelumnya, namun pada model anyar ini bentuknya jauh lebih sharper than old generation serta ada tambahan LED lamp.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Di bagian sisi, kami juga menemukan desain pilar B dan C yang disamarkan oleh bentangan kaca belakang. Imbuhan aksen chrome yang menempel di dekat atap menjadikan mobil seakan punya desain atap mengambang. Very dramatic!

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Lanjut ke belakang, Toyota Vellfire 2015 punya rearlamp dengan desain kombinasi baru. Material lampunya memakai LED dan antar dua lampu belakang ini dihubungkan dengan ornamen chrome yang senada grill depan.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Dari balik bonet, Toyota Vellfire 2015 menyimpan mesin 2.5-liter baru 4 silinder DOHC berdaya 180 hp dengan torsi puncak 235 Nm. Getaran mesinnya masih tetap halus diimbangi perpindahan transmisi yang juga smooth berkat gearbox CVT-i. Beberapa fitur diterapkan agar konsumsi BBM lebih efisien. Diantaranya keberadaan ECO Mode yang untuk mengaktifkannya tersedia tombol di konsol tengah dekat tuas transmisi.

Review Toyota Vellfire 2015 Indonesia Versi 8 Seater

Pengendaliannya masih senyaman Alphard dan Vellfire terdahulu, namun memang harus diakui lebih nikmat duduk di kursi belakang sembari menikmati permandangan sepanjang perjalanan dari pada harus berada di balik kemudi. A rich man doesn't need a pedal, right?! [Pra/timBX]

Spesifikasi :
Mesin : 2.5-liter 2AR-FE DOHC Dual VVT-i
Kapasitas : 2.494 cc
Sistem penggerak : front wheel drive
Tenaga Maksimum : 180 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 235 Nm / 4.100 rpm
Transmisi : 7-Speed CVT Sport Sequential Shiftmatic
Bahan bakar : Gasoline
Kapasitas tangki : 65 liter
Panjang : 4.915 mm
Lebar : 1.850 mm
Tinggi : 1.880 mm
Sumbu roda : 3.000 mm
Suspensi Depan : MacPherson strut coil spring
Suspension Belakang : Double wishbone coil spring
Ban Depan : 215/65 R16
Ban Belakang : 215/65 R16
Fitur lain : Auto Headlight, Rain Sensor, Cruise Control, ECO Mode, Paring Camera, Auto Climate Control, Traction Control
Harga : Rp 825 juta on the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
toyota vellfire 2015
#
toyota vellfire
#
toyota
#
toyota vellfire 2015 8 seater