MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Toyota Rush TRD Sportivo - As Good As Ever

MAR 08, 2018@14:00 WIB | 2,710 Views

Toyota suka mengatakan bahwa mereka menemukan kategori SUV kompak pada tahun 2006 dengan diperkenalkannya Rush. Entah Anda yakin itu atau tidak tergantung pada definisi Anda tentang SUV kompak. Tapi jika Anda menambahkan kualifikasi "seperti kategori ada sekarang," maka klaim Toyota jauh lebih kuat. Rush pasti menggebrak apa yang telah menjadi segmen pasar otomotif terbesar di Tanah Air, dan Toyota bekerja keras untuk menjaga Rush tetap relevan dan kompetitif.

Untuk tahun 2018, Toyota Astra Motor telah meluncurkan refresh penuh pada generasi kedua SUV yang gagah dengan tingkat trim yang sporty dan sejumlah fitur teknologi baru.

Kami menyebutkan cerita teknologi dan interior baru di sini - jadi mari kita jadikan bagian dalam dengan mengatakan bahwa All New Rush adalah Toyota - cukup bagus dalam model dasar dan naik ke tingkat yang sangat bagus pada trim TRD Sportivo yang ada di hadapan Anda ini.

Di sisi teknologi, Rush menawarkan hampir semua perlengkapan yang bisa Anda mau, termasuk tart-stop mesin, AC double blower, HU 7 inci, kamera parkir mundur, pengaturan kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat 7 sabuk pengaman, ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS). Yang tidak Anda dapatkan adalah Apple CarPlay dan Android Auto.

Adapun jarak bangku baris kedua ke bangku ketiga 700 mm, sehingga penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman. Apalagi bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

Rush terus memperbaiki pengalaman berkendara. Jika Anda pernah memiliki versi Rush yang sebelumnya, Anda akan melihat model baru ini – jauh lebih tenang, menawarkan handling yang lebih baik, dan umumnya nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai. Versi TRD adalah yang Anda inginkan kecuali Anda tidak menyukai hal yang berbau sportifitas, karena terasa lebih memukau di jalanan sepanjang waktu.

Toyota Rush sebelumnya itu unik dan juga menyenangkan untuk dikendarai, tapi Anda tidak merasakan banyak semangat di mobil generasi pertama ketika merasakan model generasi kedua ini. Dia sangat sesuai untuk selera kebanyakan orang, tapi ketika Anda memiliki ketangkasan dan pesaing hebat seperti Honda BR-V, kata 'cukup' saja tidak cukup bagus.

All New Rush menawarkan kenyamanan berkendara yang layak sebagian besar waktu dan penyempurnaan yang masuk akal, yang merupakan bonus. Ini juga sangat menggoda. Selidik punya selidik, sistem suspensi menerapkan pengaturan (setting) berbeda dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman di dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Meski dengan ground clearance 220 mm, membuat tongkrongan Rush tampak jangkung. Nyatanya tidak serta merta membuat kestabilannya berkurang. Melintasi jalan rusak atau bergelombang dengan All New Rush, kami merasa bagian belakang lebih kokoh, tidak lagi mengayun terlalu lembut, sehingga bermanuver di lintasan semi off road menjadi mantap. Adanya Hill Start Asist juga memudahkan proses stop-and-go saat terkena macet di jalan menanjak.

Performanya cukup memadai dan hampir setara dengan Honda BR-V, setidaknya di atas kertas - tapi rasanya tidak begitu enerjik di jalanan. Meski begitu, teknologi dual VVT-i (2NR), membuat performa All New Rush lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Hal lain, kemudi tidak menginspirasi kenikmatan pengemudi, dan rasanya berat dan datar dimana saingan terdekatnya tersebut terasa gesit. Tetapi penggunaan keluarga, bagaimana pun, dia melakukan pekerjaannya dengan baik.

Tenaga 102 hp dan torsi 136 Nm lebih dari cukup untuk sekedar berpelesir tenang, terutama pada kecepatan rendah. Namun saat Anda mulai memacu Toyota ini, barulah terasa dampak penyempurnaan pada gearbox 4-speed-nya. Di kecepatan 100 km/jam, biasanya saya menyentuh putaran 3.500 rpm. Tetapi di versi barunya ini, dia hanya menyentuh putaran 2.500 rpm di kecepatan tersebut. Sehingga berdampak pada pemakaian bahan bakar yang efisien dari mesin 1,5 liter DOHC-nya.

Intinya di All New Rush adalah jika Anda menyukai SUV kompak secara umum, Anda benar-benar harus mengemudikan kendaraan ini sebagai bagian dari proses itu. Apa pun yang Anda inginkan, All New Rush memiliki jawaban untuk Anda. Apakah Anda menyukai jawaban itu terserah Anda, tapi All New Rush tetap menjadi pelopor kategori SUV kompak. [bil/timBX]

Spesifikasi All New Toyota Rush 1.5 S A/T TRD Sportivo

Dimensi           4.435 mm/ 1.695 mm/ 1.705 mm

Sumbu roda     2.685 mm

Mesin              Dual VVT-i 4 silinder

Kapasitas        1.496 cc

Tenaga            103 HP @ 6.000 rpm

Torsi                136 Nm @ 4.200 rpm

Transmisi         4-speed Automatic

Suspensi         MacPherson Strut / 5 Link Lateral Rod (depan & belakang)

Ban                 215/60 R17

Harga              Rp 261 juta

Tags :

#
auto reviews,
#
all new toyota rush trd sportivo,
#
suv,
#
toyota,
#
rush