MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Fortuner VRZ - The True Successor

JAN 13, 2017@14:20 WIB | 2,474 Views

Kehadiran Toyota Fortuner generasi pertama berdasarkan dari proyek IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang dilakukan oleh Toyota Motor Corporation sejak 2002. Pengembangan ini dilakukan untuk ekspansi industri otomotif di dunia, termasuk Asia.

Untuk memenuhi permintaan tinggi, Toyota mengimplementasikan satu platform untuk digunakan pada beberapa model, dan pengembangan komponen dilakukan di negara yang berbeda, salah satunya Indonesia.

Fortuner pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, pada tahun 2006 produksi dari Thailand dipindahkan ke Indonesia untuk memenuhi permintaan domestik. Perubahan terpenting dari sejarah Fortuner adalah penggunaan Variable Nozzle Turbo pada mesin diesel di tahun 2012.

Untuk meneruskan kesuksesan Fortuner, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All-New Fortuner pada Januari 2016 lalu. All-New Fortuner yang diproduksi oleh Pabrik Toyota Karawang ini disambut baik oleh para pecinta SUV, khususnya SUV 7-seater. All-New Fortuner tampak sebagai mobil yang benar-benar baru, dari sisi eksterior, interior, mesin, hingga transmisi yang digunakan tanpa mengurangi identitasnya sebagai penerus kesuksesan Fortuner generasi pertama.

Redaksi BlackXperience kali ini mencoba All New Fortuner varian VRZ bermesin diesel. Varian ini merupakan varian tertinggi untuk penggerak 4x2 dengan harga Rp503.200.000, sedangkan varian VRZ 4x4 dibandrol dengan harga yang cukup melambung yaitu Rp640.700.000.  Sedangkan untuk varian mesin bensin tersedia varian SRZ Rp519.900.000. Harga tersebut semuanya On the Road Jakarta.

Sektor eksterior mengutamakan ketangguhan sebagai bahasa desain utama, dengan sentuhan urban stylish. Wajahnya dihiasi dengan nuansa chrome, sedangkan headlight memberikan kesan tajam dan tegas. Dari samping, Anda dapat melihat tiga garis utama.

Garis pertama mengalir dari bonnet hingga garis atap, garis kedua mengalir dari bahu pintu hingga buritan mempertegas kesan maskulin, dan garis ketiga berada di bawah pintu mengekspesikan kekuatan pada bagian lengkungan roda. Penggunaan velg alloy berukuran 18 inci menyempurnakan tampilan ekterior pada All-New Fortuner.

Masuk ke dalam kabin, All-New Fortuner menyajikan perubahan total yang membuat saya takjub. Lingkar kemudinya disemati dengan banyak fitur, dan di balik lingkar kemudi terdapat paddle shift jika Anda ingin mengoperasikannya secara manual.

Instrumental Panel kini berubah total dibandingkan generasi pertama. Informasi yang diberikan melalui TFT MID 4.2 inci sangatlah lengkap. Mengingatkan saya pada kendaraan premium Lexus.  Dari bangku pengemudi Anda juga dapat mengaktifkan Power Back Door.

Kesan premium diperkuat dengan aksen kaya yang melekat pada beberapa bagian, penggunaan warna hitam pada interior memberikan kesan mewah. Pengadopsian jok berlapis kulit pada unit yang saya coba memberikan rasa nyaman selama perjalanan.

Duduk di bangku belakang terasa nyaman dan lapang, setidaknya baris kedua dapat diisi oleh tiga orang dewasa. Sedangkan bangku baris ketiga dapat diisi oleh dua orang. Menariknya, bangku baris ketiga semakin mudah untuk dilipat maupun dibuka. Hal lain yang mencuri perhatian saya adalah sistem transmisi yang berubah.

Pada Fortuner sebelumnya masih mengadopsi otomatis 4-percepatan, kini All New Fortuner mengadopsi sistem otomatis 6-percepatan.

Tuas transmisi kini dilengkapi dengan pilihan D ke S, lalu Anda bisa menggunakan mode sequential yang tidak terdapat pada generasi sebelumnya. Fitur lainnya yang menyenangkan adalah mode berkendara, Anda bisa berkendara secara ekonomis dengan ECO, berkendara normal, atau maksimalkan potensi mesin menggunakan Power mode.

Lain halnya dengan mesin 2.5 diesel VNT yang disematkan pada generasi sebelumnya, kini All New Fortuner mengadopsi mesin 2.4 liter VNT yang menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm, dengan torsi puncak 40,8 Kgm pada putaran 1.600-2.000 rpm. Torsi puncak pada putaran rendah membuat berkendara semakin menyenangkan, Anda dapat merasakan potensi mesin dari awal menginjak pedal gas. Kesenangan berkendara semakin bertambah karena Anda memiliki kebebasan untuk menggunakan gear yang Anda inginkan, Anda juga dapat memilih mode berkendara yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Bantingan yang diberikan oleh suspensi terasa lembut bagi seisi penumpang, saya mencoba menjelajah gunung pancar dengan beragam kondisi jalanan. Tanjakan curam dapat dengan mudah dilalui berkat torsi melimpah pada putaran rendah. Dan saat digunakan di jalan bebas hambatan, bermanuver menggunakan All New Fortuner terbilang menyenangkan, pada kecepatan tinggi rasa pengendaraan yang diberikan terasa mantap.

Overall, All-New Fortuner merupakan yang dapat menyenangkan dan memenuhi kebutuhan Anda, Meskipun mesin baru memiliki kapasitas sedikit lebih kecil, nyatanya tidak mengurangi kesenangan berkendara. All-New Fortuner dapat menjadi pilihan menarik jika Anda sedang mencari SUV 7-seater untuk penggunaan harian maupun berpetualang bersama keluarga. [aag/timBX]

Spesifikasi All-New Fortuner VRZ

Panjang4.795 mm
Lebar1.855 mm
Tinggi1.835 mm
Wheelbase2.745 mm
Tipe MesinDiesel 2.4L VNT
Daya Maksimum (Ps/rpm)149,6/3.400
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)40,8/1.600-2.000
Suspensi Depan Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer / Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer
Suspensi Belakang 4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod

Tags :

#
toyota fortuner vrz,
#
toyota fortuner,
#
toyota,
#
fortuner,
#
autoreview,
#
vrz,
#
mobil mpv,
#
mpv,
#
multi-purpose vehicle