MENU
icon label
image label
blacklogo

New Toyota Fortuner TRD Sportivo - Live Up The Expectation

MAY 24, 2018@12:00 WIB | 1,673 Views

Sudah hampir 13 tahun sejak Fortuner diluncurkan pertama kali di Tanah Air, jadi apa yang dilakukan Toyota selama ini? Hadir di kancah automotif bersama Land Cruiser, produsen asal Jepang ini menciptakan saudara kecilnya. Penantian sudah berakhir – New Fortuner TRD Sportivo telah hadir.

Toyota Astra Motor merasa mereka telah menciptakan sebuah SUV dengan karakteristik sebuah sports car dengan nama TRD. Apakah itu terlalu menyombongkan diri? Tidak juga, karena New Fortuner TRD dirancang bagi mereka yang berjiwa muda yang mendambakan kendaraan dengan tampilan keren dan mampu mengatasi tantangan gaya hidup aktif.

Salah satunya adalah tampilan luar yang ‘beda’, lebih berani, dan orang tidak akan pernah keliru membedakannya. Untuk alasan yang lebih sederhana, level ekuipmennya boleh dibilang lebih keren sekarang, menampilkan spoiler cantik dan air intakes yang makin memperbaiki aliran aerodinamika. Dengan desain yang sebersih ini bisa jadi Anda tidak ingin menambah opsi pop-out tow hook untuk menarik trailer di belakang.

Karena diperuntukan bagi soft-roader, tak mengherankan jika bagian kabin sangat memikat. Betul-betul didesain penuh dedikasi dengan ruang yang cukup untuk banyak orang dan barang. Interior terlihat berkelas, apik dengan sentuhan kemewahan memancar dari disain dashboard yang mengkombinasikan aneka jenis material dengan kelebihan estetika masing-masing.

Belum lagi, kesan mewah terpancar lewat penataan tombol pengatur MID dan audio pada roda kemudi berlapis kulit. Menariknya, konsumen akan disediakan Toyota Navigation. Sistem navigasi berbasis GPS dengan layar display 8 inci, peta yang dilengkapi 14.000 point of interest, koneksi iPod, HP melalui bluetooth, DVD, MP3, TV tuner dan Radio. Di dalamnya dihadirkan peta yang detail dan display tampilan grafis, sekaligus lokasi ATM, SPBU, RS, dealer-bengkel Toyota, kantor polisi, dan lainnya.

Deretan jok kulit, dan door trim terasa nyaman menyentuh kulit. Pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraannya dengan memanfaatkan tombol-tombol yang terpasang di palang kemudi. Kami merasa Toyota telah bekerja optimal untuk menghasilkan kursi yang ergonomis. Lekuk-lekuk tubuh disangga dengan baik mulai dari bantalan, lumbar support hingga head rest.

Jok pengemudi bisa digeser maju mundur secara elektrik, plus headrest di semua kursi. Di dalam kabin ada setumpuk tempat untuk menampung botol/kaleng minuman, lalu ada pula kompartemen tersembunyi di berbagai sudut kabin serta socket 12V yang serba guna.

Inventaris barang-barang mewah lainnya yang terdapat di New Fortuner TRD terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu di laman kesayangan Anda ini, namun ada beberapa item unggulan seperti; projector headlight (sudah termasuk lampu depan Bi-xenon sebagai standar), cruise control, AC digital, serta roof monitor.

Namun masih ada satu peranti standar khusus bagi yang gemar bongkar muat barang, yakni automatic opening & closing tailgate. Hanya sedikit sentuhan tombol, anda bisa buka/tutup bagasi secara elektrik. Praktis dan hemat tenaga.

Lalu beberapa menit setelah menghidupkan mesin common rail direct injection, anda tak akan menyadari kalau yang anda kendarai saat ini adalah mobil bermesin diesel. Bahkan karakteristiknya persis mesin bensin biasa, jadi anda harus berhati-hati di bulan-bulan pertama kepemilikan, jangan sampai salah mengisi BBM di pom bensin nanti.

Kemampuan mekanis New Fortuner TRD pun bisa menarik kargo 3 ton dari sarangnya. Turbocharger dan VNT intercooler combo-nya mampu menghasilkan tenaga cukup, ekonomis, sekaligus menekan emisi. Mesin baru berkode GD berbahan alumunium ini tarikannya cukup yahud.

Puncak torsi mesin diesel 2.400 cc ini mulai dirasakan antara 1.600 rpm hingga 2.000 rpm dengan konsumsi solar tetap efisien. Menghasilkan 150 HP dengan torsi maksimumnya 400 Nm, lebih dari cukup untuk membawa bodi seberat 2 ton itu mendaki tebing.

Apakah anda di jalan tol, jalan lumpur, jalan pegunungan atau jalan setapak sekalipun – New Fortuner TRD tetap memberikan pengendaraan yang sangat luwes. Lebar trek roda yang dimilikinya membantu untuk itu. Begitu juga konstruksi velg TRD 18 inci yang dibalut ban profil lebar 255/55 di keempat roda.

Kualitas berkendara New Fortuner TRD sama baiknya ketika di jalanan aspal, walau begitu dia bukanlah soft-roader yang melankolis. Pemakaian dalam kota begitu menyenangkan, ia lembut dan penuh kenyamanan.

Secara umum, New Fortuner TRD adalah SUV yang fun-to-drive, terutama di dalam kota. Plus detail yang menarik seperti pintu otomatis terkunci pada kecepatan diatas 15 km/jam. Tuas pemindah gigi di balik setir, jika ingin berkendara manual dari transmisi 6-speed-nya. Terpenting Toyota telah menepis asumsi orang kalau SUV mereka itu berisik dan loyo dengan memperkenalkan New Fortuner TRD Sportivo ke pasar. [bil/timBX]

Tags :

#
auto reviews,
#
new toyota fortuner trd sportivo,
#
suv,
#
toyota