MENU
icon label
image label
blacklogo

HEXA, Robot Khusus Perawat Tanaman

MAY 09, 2019@13:25 WIB | 969 Views

Robot adalah platform besar berikutnya. Kita semua memimpikan dunia di mana robot berinteraksi dan membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi kenyataannya adalah teknologi robot saat ini masih jauh untuk mencapai itu. Meski sedikit lambat tapi pergerakan positif dapat dirasa seiring penelitian yang terus berkembang. Terobosan terbaru dalam dunia robotic adalah robot HEXA buatan Vincross.

Awalnya robot ini dirancang untuk multiguna, tetapi Tianqi Sun, CEO dan penemu, memutuskan untuk mengubah fokus Hexa setelah melihat bunga matahari yang layu dan mati terjebak di sudut yang teduh. Dia lalu menyadari sesuatu yang dijelaskan di blog-nya. “Tanaman pasif. Tidak masalah jika mereka dipotong, dibakar atau ditarik dari bumi, mereka diam dan menerima apapun yang terjadi pada mereka. Mereka memiliki derajat kebebasan paling kecil di antara semua makhluk di alam”.

Empati terhadap kehidupan hijau itu mengilhami Sun untuk menaruh tanaman di atas HEXA dan memprogramnya untuk menjadi penjaga tanaman. Ternyata hasilnya sanagt memuaskan. Si robot mengerjakan tugasnya sebagai penjaga tanaman dengan sangat baik.

 Misi satu-satunya robot kecil ini dalam hidup adalah untuk merawat tanaman sukulen di atas kepalanya. HEXA akan mengejar matahari atau mundur ke tempat teduh sesuai kebutuhan, sepanjang hari. Saat berada di bawah sinar matahari, kepalanya dapat berputar 360 derajat penuh untuk memastikan setiap daun menyerap cahaya. Ketika tanaman Anda perlu disiram, HEXA akan melakukan tarian yang lucu untuk mendapatkan perhatian Anda.

Dengan enam kaki yang kokoh dan lentur, HEXA dapat bergerak ke mana saja - ke segala arah dan di sekitar objek apa pun di jalurnya. Robot ini bahkan cukup gesit untuk menavigasi kecuraman yang tidak terduga. Seperti jika harus tiba-tiba melangkahi celah antara dua permukaan meja. HEXA memiliki berbagai ‘mata’, termasuk sensor inframerah, sensor jarak, dan kamera 720p dengan penglihatan malam (night vision), yang bisa sangat berguna jika Anda ingin mengirimkannya seperti anjing penjaga di malam hari untuk memeriksa setiap suara. Robot ini juga dilengkapi built in WiFi serta berbagai i (USB).

Meski bukan gnome, mahluk mungil penghuni taman atau kebun dalam legenda, setidaknya HEXA melakukan tugas yang baik menjaga tanaman Anda daripada hanya berdiri di sana dan terlihat lucu.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
hexa,
#
vincross,
#
robot