MENU
icon label
image label
blacklogo

Ilmuwan Ini Buat Robot Kepiting Yang Lebih Kecil Dari Kutu

JUN 06, 2022@20:00 WIB | 206 Views

Para peneliti di Northwestern University dikabarkan sedang mengerjakan robot sub-milimeter yang mampu berjalan tanpa sistem hidraulik yang rumit dan sistem lain yang tidak mungkin dibuat dalam skala kecil untuk saat ini.

Kepiting berkaki 8 ditambah 2 lengan ini dapat berjalan menyamping, berkat bahan yang dikembangkan secara khusus. Teknologi ini bekerja dengan membangun kaki yang mengingat bentuk aslinya yang direkayasa. Saat dipanaskan dengan laser, kaki berubah bentuk, memungkinkan terjadinya gerakan.

Laser ini secara efektif mengontrol bagaimana robot bergerak, dan ini adalah cara untuk melepaskan beberapa sumber daya dan mekanik dari robot. Bergantung pada bahan dan kekuatan laser, beberapa desain robot ini bahkan dapat melompat.

Teknologi semacam ini adalah salah satu cara robot kecil dapat bergerak dan populer di dunia robot nano. Diyakini bahwa pada akhirnya, perangkat ini akan dapat beroperasi di tempat yang biasanya tidak dapat diakses, termasuk tubuh manusia.

Telah lama diramalkan bahwa robot nano suatu hari nanti akan melakukan tugas operasi dengan cara yang sepenuhnya non-invasif, seperti menghancurkan tumor atau memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
nanotechnology,
#
robot,
#
nanobot