MENU
icon label
image label
blacklogo

Elon Musk Ungkap 2 Tesla Bots di Even AI Day 2022, Bumble C dan Optimus

OCT 03, 2022@13:30 WIB | 456 Views

Beberapa hari yang lalu, CEO Tesla Inc., Elon Musk, memperkenalkan dua purwarupa robot humanoid pada awal even Tesla AI Day 2022. Seiring pengembangannya, purwarupa tersebut mengusung banyak nama.

Pertama dikenal sebagai "Tesla Bot" dan saat ini Tesla menggunakan nama "Optimus" di purwarupa robot humanoid-nya. Tahun ini, Tesla mengungkap dua perwarupa robot. 

Yang pertama, yang disebut Bumble C, robot ini bisa berjalan sendiri di atas panggung, tanpa ada campur tangan manusia atau bantuan lainnya. Robot tersebut mampu berjalan dengan baik, menggerakkan kaki dan tangannya dengan gerakan yang cukup halus. Dia juga mampu melambai pada kerumunan dan melakukan beberapa gerakan tarian sederhana.

Mereka melanjutkan dengan menunjukkan beberapa video robot tersebut melakukan beberapa tugas sederhana, seperti mengambil, mengangkat, dan membawa sebuah kotak, menyiram tanaman, atau mengangkat batangan logam.

Bumble C bukanlah robot utama yang ingin mereka tunjukkan, tetapi generasi terbaru dari Optimus. Saat ini, robot tersebut belum bisa berjalan, tetapi Musk mengatakan bahwa Optimus akan dapat melakukannya dalam beberapa minggu. Mereka meluncurkannya di atas platform dan mampu melakukan gerakan melambai ke kerumunan.

Optimus menunjukkan kabel yang lebih sedikit daripada Bumble C, dan terlihat lebih rapi, tetapi Musk mengakui bahwa "masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya, Saya pikir Optimus akan menjadi sangat luar biasa dan mencengangkan dalam lima atau 10 tahun ke depan."

Tesla Bot generasi berikutnya akan memiliki komponen inti yang dirancang Tesla, ditenagai oleh baterai 2,3 kWh yang ditempatkan di tubuhnya yang dapat berfungsi secara optimal selama sekitar satu hari, sistem chip, dan aktuator untuk menggerakkan anggota tubuhnya.

Robot tersebut juga dilengkapi dengan teknologi "self-driving computer" yang sama yang ditemukan di dalam kendaraan Tesla. Robot ini dirancang untuk memiliki berat sekitar 73 kg.

Musk memperkirakan robot humanoid akan dijual dengan harga yang lebih murah dari EV, sekitar $20.000 (Rp300 jutaan) dan mengatakan bahwa Tesla akan siap menerima pesanan untuk Optimus dalam tiga hingga lima tahun mendatang. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
elon musk,
#
tesla,
#
tesla bots,
#
optimus,
#
bumble c,
#
robot