MENU
icon label
image label
blacklogo

CyberOne, Robot Berukuran Manusia Buatan Xiaomi

AUG 12, 2022@13:30 WIB | 376 Views

Xiaomi meluncurkan beberapa produk terbaru di even beberapa saat yang lalu. Namun, yang paling mengesankan dari semuanya adalah robot humanoid ukuran penuh pertama buatan Xiaomi, yang disebut CyberOne.

Ini memang bukan pertama kalinya raksasa teknologi asal negeri tirai bambu tersebut meluncurkan produk berbau robotik. Perusahaan sebelumnya meluncurkan CyberDog, seperti namanya, ini adalah sejenis robot yang memiliki 4 kaki.

CyberOne adalah robot bionik humanoid skala penuh dengan tinggi 177 cm dan berat 52 kg. Wajah robot tersebut terbuat dari panel OLED melengkung dan dapat melihat dunia dalam format 3D. Untuk pendengaran, CyberOne memiliki dua mikrofon.

CyberOne juga dilengkapi dengan algoritma kontrol seluruh tubuh yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi, yang dapat mengoordinasikan pergerakan 21 sendi yang terdapat pada robot ini. Selanjutnya, robot humanoid tersebut dapat menginterpretasikan 45 emosi semantik manusia dan membedakan 85 semantik lingkungan. Robot tersebut diklaim dapat mempelajari keterampilan baru setiap hari.

Menurut Xiaomi, CyberOne menggabungkan mekatronik canggih dan kecerdasan buatan yang dibuat oleh divisi Lab Robot khusus milik perusahaan. Xiaomi juga mengklaim bahwa sumber daya dan tenaga kerja yang berkualitas digunakan untuk membangun CyberOne.

CyberOne hanyalah produk generasi pertama dan sebagian besar aspeknya masih dalam tahap pengembangan. CyberOne sebenarnya masih cukup jauh jika dibandingkan dengan kemampuan robot yang dibuat oleh Boston Dynamics. Namun, robot ini sepertinya telah mengungguli purwarupa humanoid milik Tesla.

Robot CyberOne Xiaomi akan dibanderol sekitar 600.000 hingga 700.000 yuan (sekitar $89.100 hingga $104.000) dan belum dikomersialkan. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
cyberone,
#
xiaomi,
#
robot