MENU
icon label
image label
blacklogo

Salah Kaprah Penggunaan Transmisi Rendah pada Mobil Matic

MAR 15, 2019@14:30 WIB | 1,253 Views

Sama halnya seperti transmisi manual, mobil bertransmisi otomatis juga mempunyai gigi rendah. Tapi pertanyaan mendasarnya adalah, apakah penggunaan gigi rendah pada mobil bertransmisi otomatis ini bisa disamakan dengan teknik yang diterapkan pada mobil bertransmisi manual?.

Pada mobil bertransmisi otomatis, posisi gigi terendahnya adalah L (low). Tapi di sebagian mobil, posisi gigi terendah justru adalah 2. Contoh mobil bertransmisi otomatis yang gigi terendahnya adalah 2 ialah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Sama halnya seperti mobil bertransmisi manual, gigi rendah pada transmisi otomatis juga dihadirkan untuk menjaga transmisi pada rasio gigi yang rendah. Penempatan transmisi pada posisi gigi rendah biasanya dilakukan saat mobil melaju di kontur jalan yang ekstrim atau jalan menanjak.

Hanya saja, masih banyak yang salah kaprah dengan pengoperasian gigi rendah pada transmisi otomatis. Tidak jarang pemilik mobil memindahkan transmisi ke gigi rendah dalam kecepatan tinggi. Cara tersebut jelas salah karena bisa merusak komponen girboks di dalamnya.

Adapun cara memindahkan transmisi ke gigi yang rendah ialah, ketika Anda ingin melewati tanjakkan dan ingin menggunakan transmisi gigi rendah, kurangi kecepatan mobil terlebih dahulu.  Jika ingin memasukkan transmisi ke 2, pastikan kecepatan mobil berada di sekitar 20-40 km/jam, kemudian Anda bisa jalankan mobil Anda untuk melewati tanjakan dengan transmisi di posisi 2. Kalau transmisi yang dipakai adalah 1 atau L, kecepatan mobil harus rendah di sekitar 10-20 km/jam.

Lain halnya ketika dari jauh sudah ambil ancang-ancang lalu menanjak dengan kecepatan tinggi, transmisi tetap di D saja atau gunakan D3 atau overdrive. Jika pada saat menanjak dirasa tidak bisa dengan transmisi D atau D3, barulah Anda bisa gunakan transmisi gigi rendah dengan ketentuan yang sudah dijelaskan di atas.

Bila Anda memindahkan transmisi ke gigi yang rendah dalam kecepatan tinggi akan menimbulkan gejala overspeed. Yang terjadi adalah komponen clutch di dalam girboks bekerja lebih keras, bahkan bergesek berlebihan dan lama kelamaan bisa rusak.

Sedikit penjelasan tentang gigi rendah pada transmisi otomatis. Jika gigi terendahnya adalah 1 atau L, itu berarti ia hanya bermain di gigi satu saja. Sedangkan untuk 2, maka transmisi hanya melakukan perpindahan maksimal sampai gigi dua saja.

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Tags :

#
transmisi otomatis,
#
mobil matic