MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Langkah Menyiapkan Mobil Matik di Musim Hujan

FEB 10, 2021@14:30 WIB | 597 Views

Saat ini, masyarakat cenderung beralih dari transportasi umum dan menggunakan mobil pribadi untuk bepergian atau berlibur. Apalagi dengan situasi pandemi seperti sekarang dimana penyebaran COVID-19 akan sangat berbahaya jika menggunakan transportasi umum. Namun, ada hal yang penting saat menggunakan transportasi pribadi apalagi mobil matik.

Lho, kenapa hanya perawatan mobil matik saja, tenang, kalau mengenai perawatan transmisi mobil manual kamu bisa membacanya di artikel berikut. Karena hampir semua mobil saat ini menggunakan transmisi otomatis, maka kita perlu mengetahui perawatan mobil matik apa saja yang harus dilakukan. Apalagi sebentar lagi libur panjang telah menanti, jika mobil tidak disiapkan, bisa-bisa liburan kamu terganggu lho. 

Namun sebelumnya, bagi pengendara pemula yang baru saja membeli mobil matik, bahwa merawat mobil matik baru diperlukan perhatian khusus agar mobil matik tetap dalam kondisi yang bagus dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Terlebih lagi apabila akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran, atau liburan menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang tergolong jauh (lebih dari 5 jam perjalanan) diperlukan perawatan ekstra untuk kondisi prima mobil matik kamu.

Berikut hal-hal yang diperlukan untuk merawat mobil matik sebelum melakukan perjalanan jauh:

Mengganti oli matik

Sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik, maka penggantian oli mesin adalah hal yang paling penting juga untuk mobil matik. Harus dicek benar, apakah oli masih dalam kondisi bagus dan masih dalam volume yang layak pakai. Biasanya, apabila sudah pernah melakukan pergantian oli, akan ada tanggal kapan sebaiknya mulai ganti oli, atau berapa kilometer sebaiknya kamu mengganti oli kembali.

Mesin mobil matik akan lebih bekerja maksimal apabila oli baru dan tingkat kekentalannya cocok dengan kapasitas kinerja mesin. Mobil yang memiliki kapasitas mesin besar dengan mobil kapasitas mesin kecil tentu memiliki kekentalan oli yang berbeda pula.

Apabila mobil matik kamu sudah mendekati angka 50.000 km, maka segeralah mengganti oli. Tetapi tetap saja kamu harus mengetahui bahwa jarak tempuh tidak bisa dijadikan acuan untuk melakukan perawatan mobil. Kami telah mengulasnya secara mendalam di artikel berikut ini.

Pengecekan aki

Hal penting lainnya adalah mengecek aki dan listrik mobil matic anda sebelum perjalanan jauh. Baik dari lampu, audio, sampai indikator-indikator lampu di dalam mobil. Mengapa penting? Aki adalah komponen mobil yang menjalankan kelistrikan mobil. Kualitas aki yang bagus menentukan efisiensi penggunaan listrik mobil matik.

Bila perjalanan jauh nanti ternyata ada masalah listrik, maka akan sulit untuk menemukan bengkel yang tepat untuk memperbaiki sistem listrik mobil matik kamu. Karena tidak semua bengkel mampu memperbaiki sesuai kriteria mobil matik.

Hal ini bisa dilakukan di bengkel mobil terpercaya yang memiliki alat untuk mengukur bagus atau tidaknya aki dan sistem listrik mobil matik. Biar mobil kamu tidak mogok, kamu bisa mendapatkan info mengenai permasalahan seputar aki mobil disini.

Panaskan mobil matik

Hal ini sepele, namun sering tidak dihiraukan para pengendara mobil matik. Kebanyakan para pengendara yang sudah bekerja, seringkali di pagi hari terburu-buru berangkat kerja dan hanya sebentar melakukan pemanasan mobil. Padahal mesin mobil matik cukup sensitif walaupun sebenarnya mobil-mobil sekarang tidak perlu lagi dipanaskan terlalu lama di pagi hari.

Mesin yang belum panas apabila dipaksa melaju akan membuat kerja oli mesin transmisi tidak maksimal. Sehingga akan menimbulkan gesekan yang berat. Apabila dilakukan secara rutin, maka mesin akan cepat rusak dan suhu akan cepat naik dari normal. Cukup lakukan pemanasan mobil matik antara 5-7 menit agar oli mesin bekerja maksimal sebelum perjalanan jauh. Di artikel berikut kamu bisa mengetahui mengapa sih mobil-mobil matik sekarang tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu.

Gunakan oktan BBM yang sesuai

Pemilihan bahan bakar untuk mobil matik penting lho. Mobil-mobil matik sekarang sudah dilengkapi dengan sistem eco-driving yang mampu membantu pengendara untuk berkendara yang efisien.

Untuk itu, penggunaan oktan BBM sangatlah dianjurkan. Untuk mobil matik tahun baru, alangkah lebih baik menggunakan BBM dengan oktan minimal 90 keatas. Kamu bisa membaca artikel berikut, supaya kamu mengetahui apa sih pentingnya memilih oktan BBM di mobil matik.

Bagaimana ? Sudah memahami apa saja sih perlakuan-perlakuan yang harus kamu lakukan terhadap mobil matik yang kamu miliki ? Bagi kamu yang ingin memiliki mobil matik dengan kondisi yang sangat baik, kamu bisa mendapatkannya di koleksi Mobil Pilihan Garasi.id.

Selain itu, ada banyak perawatan-perawatan mobil yang bisa kamu miliki mulai dari penggantian oli, tune up, perawatan eksterior maupun interior hingga coating mobil. Jadi buat BlackPals yang memiliki mobil matik dan ingin melakukan perawatannya, kalian bisa mendapatkannya di jasa dan servis Garasi.id.

Tags :

#
auto tips,
#
mobil matic