MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Karatan? Simak 7 Cara Mengatasinya

NOV 23, 2020@14:00 WIB | 350 Views

Pasti tidak ingin bukan, kendaraan kesayangan Anda dihinggapi karat yang mengganggu? Seiring perkembangan waktu, karat pada mobil akan menyebar dari satu titik ke banyak bagian. Ini dipengaruhi karena kelembaban udara yang membuat karat tumbuh subur. Berikut ini 7 cara mengatasi apabila bagian mobil mulai karatan.

1. Amplas dan Cat Ulang

Apabila karat sudah mulai mengkhawatirkan, segera lakukan pengamplasan pada bagian mobil yang mulai berkarat. Bisa dengan amplas manual atau dengan menggunakan sander dan grinder, bila permukaannya cukup luas. Setelah bagian yang berkarat bersih, maka gunakan cat primer sebagai lapisan pertama, cat untuk lapisan kedua dan clear coat untuk sentuhan akhir.

2. Dempul

Tindakan ini mirip dengan pengamplasan, hanya saja ini dilakukan apabila karat sudah melubangi bagian mobil. Dengan dempul, Anda dapat menutupi bagian berlubang dan membuatnya tak kasat mata.

Cara melakukan pendempulan dengan benar dimulai dengan membersihkan area yang berkarat dengan amplas atau grinder. Setelah itu tutup dengan dempul supaya lubang terisi sempurna. Selanjutnya ratakan dempul agar menyatu dengan baik lalu lakukan pengecatan tiga lapis dengan cat primer, cat dan clear coat.

3. Cuka

Cairan yang mengandung asam asetat dan asam sitrat ini, dikenal dengan sejuta fungsi, termasuk untuk segmen otomotif. Kandungan yang terdapat dalam cuka secara luas dikenal dapat menghilangkan karat pada mobil.

Caranya adalah dengan membongkar bagian mobil yang berkarat, lalu merendamnya dengan air cuka selama 1-2 hari. Apabila belum maksimal, lakukan perendaman lebih lama dan maksimalkan pembersihan karat menggunakan sikat.

4. Baking Soda

Sama halnya dengan cuka, baking soda diketahui ampuh melawan karat. Anda cukup menyikat bagian mobil yang karatan dengan air yang sudah dicampur baking soda. Lakukan hal ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Lemon / Jeruk Nipis

Buah ini tidak hanya efektif untuk kesehatan dan kecantikan, tapi juga ampuh melawan karat pada mobil. Untuk mengaplikasikannya, taburi bagian mobil yang berkarat dengan garam lalu rendam dengan air lemon atau jeruk nipis. Optimalkan proses pembersihan karat dengan menggunakan sikat atau penggosok aluminium.

6. Rust Remover

Selain opsi di atas, Anda juga dapat menggunakan rust remover untuk membasmi karat pada mobil. Produk ini banyak tersedia di pasaran dengan harga antara Rp100ribu sampai Rp150ribu. Cara mengaplikasikannya hampir sama, yakni dengan merendam bagian berkarat selama 15 menit hingga 8 jam, tergantung usia karat. Kemudian sikatlah menggunakan sikat besi.

7. Bawa ke Bengkel Resmi

Langkah terakhir untuk mengatasi karat pada mobil adalah dengan membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi. Tenaga ahli akan melakukan perawatan menyeluruh mulai dari menghilangkan karat sampai memberi perlindungan terhadap karat. [yub]/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil karatan,
#
tips kendaraan,
#
cara atasi mobil karatan