MENU
icon label
image label
blacklogo

Perhatikan BALOK Sebelum Berkendara

SEP 17, 2015@18:07 WIB | 25,644 Views

Para pemilik kendaraan bermotor, sebelum berkendara sebaiknya memeriksa kendaraan Anda. Cukup sediakan waktu luang dan perhatikan "BALOK".

BALOK disini adalah akronim dari Body, Air, Listrik, Oli, dan Karet serta Kertas. Dalam situs resmi Toyota Indonesia dijelaskan kalau keenam hal pada kendaraan itu merupahan elemen yang wajib di cek sebelum Anda berkendara.

Bodi
Selalu cek keseluruhan bodi mobil sebelum pergi. Lihat apakah ada bagian yang terlepas, baret, atau bahkan penyok atau tidak. Caranya, cukup  dengan mengitari mobil satu atau dua kali putaran dan memperhatikan setiap bagian dari bodi mobil.

Air
Pemeriksaan kedua adalah pada air. Bagian air yang harus diperiksa meliputi air radiator, air wiper atau air aki jika ada. Cek level ketinggian air pada ketiga bagian komponen mobil tersebut, jika kurang atau bahkan habis, maka wajib di tambahkan.

Listrik
Mewakili "L" dari BALOK yakni listrik. Sistem kelistrikan mobil tak boleh luput dari pengecekan berkala Anda sebelum berkendara. Periksa pula aki (accu) mobil apakah ada soket yang berkerak/lepas atau tidak. Kemudian cek juga rumah sekering dan perhatikan kondisi sekeringnya apakah masih berfungsi normal atau ada yang putus, karena semua sistem tergantung dengan sekering.

Oli
Pemeriksaan selanjutnya yakni terkait oli. Pada mobil, ada beberapa bagian oli yang harus dicek sebelum mobil digunakan. Periksa tangkai pada oli mesin terlebih dahulu. Lalu, lanjutkan dengan memeriksa oli rem, oli power steering dan oli gardan. Jika indikator oli mesin dan oli power steeering kurang atau berada pada batas minimum, maka segera tambahkan. Untuk oli rem dan oli gardan sebaiknya ganti setiap setahun sekali atau jika warnanya sudah hitam. 

Karet dan Kertas
Huruf terakhir dari BALOK yaitu K yang berarti karet dan kertas. Bagian mobil seperti ban, wiper dan v-belt adalah bagian yang terbuat dari karet sehingga wajib diperiksa. Cek kondisi ban apakah ada benjolan, ketakan dinding ban, atau bahkan kebocoran angin. Cek pula kondisi karet wiper dan kekenyalan karet v-belt. Jika sudah keras maka pertanda karet wajib di ganti.

Untuk kertas, sebelum berangkat cek dulu apakah berkas-berkas kendaraan yakni SIM dan STNK sudah lengkap. Masukkan ke dalam dompet atau saku tas yang aman dan jangan sampai keluar berkendara tanpa kedua benda tersebut. [Pra/timBX]

Tags :

#
Auto Tips
#
Tips Otomotif
#
Tips Kendaraan
#
Tips Mobil
#
Tips Balok