MENU
icon label
image label
blacklogo

Ketahui Jenis-Jenis Oli Untuk Mobil Bermesin Diesel

MAR 23, 2018@17:00 WIB | 1,997 Views

Semakin hari, semakin banyak jumlah mobil bermesin diesel yang berkeliaran di jalan. Maklum, saat ini, banyak pabrikan yang makin gencar mengeluarkan mobil baru bermesin diesel.

Seiring dengan berkembangnya teknologi mesin diesel, otomatis pilihan oli untuk mobil bermesin diesel pun juga semakin banyak dan beragam.

Dengan beragamnya jenis oli untuk mobil diesel, otomatis kita tidak boleh memilih oli yang spesifikasinya tidak sesuai dengan mobil kita. Jika nekat melakukannya, maka itu dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan pada mesin mobil kita.

Mayoritas mobil diesel saat ini memakai mesin berteknologi commonrail. Untuk mobil diesel berteknologi commonrail, oli yang cocok adalah 5W-40. Lalu ada oli 5W-30. Kesitimewaan dari oli ini adalah, ia juga dapat dipakai untuk mobil bermesin bensin.

Kemudian ada oli 10W-40. Jika Anda adalah pemilik Toyota Kijang Innova atau Toyota Fortuner diesel keluaran awal yang masih menggunakan mesin berkode 2KD-FTV, maka oli 10W-40 ini adalah yang cocok untuk mobil Anda.

Terakhir, ada oli 15W-40 yang cocok untuk digunakan oleh mobil yang sudah berusia di atas lima tahun, atau jarak tempuhnya sudah lebih dari 70 ribu km.

Seandainya ada mobil sekelas Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan sejenisnya yang jarak tempuhnya sudah lebih dari 70 ribu km, tetap disarankan untuk memakai oli 10W-40.

Alasannya adalah karena oli 10W-40 masih mengandung mineral, sehingga cocok dengan spesifikasi mobil bermesin diesel seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner generasi pertama. [APSG/timBx]

Tags :

#
oli diesel,
#
mesin diesel,
#
pilihan oli,
#
oli mobil,
#
auto tips