MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Mobil Diesel

MAR 27, 2021@16:30 WIB | 1,551 Views

Saat ini dunia otomotif roda empat sedang marak-maraknya mobil diesel. Buktinya, saat ini sebut saja Toyota Fortuner, Pajero Sport, Chevrolet Captiva, Toyota Innova yang berhasil menarik animo masyarakat mobil diesel. Walaupun banyak regulasi terkait mesin mobil diesel, terbukti sampai saat ini pabrikan masih gencar mengeluarkan mobil diesel.

Nah, apa sih yang membuat mobil mesin diesel ini menarik perhatian para masyarakat ? Apa saja kelebihannya ? Mari simak ulasan berikut.

Mesin mobil diesel lebih tangguh

Salah satu rahasia kenapa Isuzu Panther masih banyak berkeliaran meski usianya sudah sepuh adalah karena mesinnya yang bandel alias tangguh. Selain Panther, mobil diesel yang masih banyak wara-wiri di jalan adalah Toyota Kijang LGX dan Mitsubishi L300.

Mesin mobil diesel memang dikenal tangguh, lebih tangguh dari mesin bensin. Sebab tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin, karena itu diperlukan bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dan material yang sangat kuat untuk membuat mesin diesel.

Itu sebabnya mobil-mobil bermesin diesel biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bensin untuk varian yang sama. Sebab bahan baku untuk pembuatan mesinnya memang berbeda.

Torsi lebih melimpah dibandingkan mesin bensin

Keunggulan mesin mobil diesel lainnya adalah torsi yang melimpah. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam. Dengan torsi yang melimpah, pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang membuat kenapa mobil diesel lebih enak diajak ke pegunungan dibandingkan mobil-mobil bermesin bensin.

Mesin mobil diesel lebih irit bahan bakar

Karena tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil melaju, maka mobil diesel otomatis lebih irit dibandingkan mesin bensin. Itu sebabnya kenapa mobil mesin diesel lebih banyak diaplikasikan ke kendaraan komersial seperti bus dan truk dibandingkan mesin bensin. Karena lebih irit dan lebih tangguh.

Nah bagaimana, sudah tahu kelebihan dari mesin mobil diesel kan? Sebagai pecinta otomotif tentunya memiliki sebuah kendaraan harus diimbangi dengan perawatan yang rutin. Banyak jenis perawatan yang bisa kamu lakukan baik itu mobil diesel atau mobil bensin, mulai dari penggantian oli berkala, pembersihan filter, tune up, dan masih banyak lagi.

Namun, untuk mobil mesin diesel sedikit berbeda. Memang, mesin diesel dikenal sebagai mesin yang tangguh tetapi butuh perawatan juga lho. Untuk masalah perawatan, jelas mesin mobil diesel memiliki perawatan yang berbeda daripada mobil pada umumnya. Bagi sebagian orang, perawatan mesin diesel dianggap susah dan menghabiskan biaya yang cukup banyak, namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan mobil mesin diesel bila digunakan untuk jarak yang jauh akan semakin bertenaga dan juga irit.

Hal ini dikarenakan mesin mobil diesel cenderung memiliki performa yang semakin baik bila digunakan saat mesinnya panas. Kelebihan mesin diesel lainnya adalah tahan digunakan dalam berbagai kondisi. Untuk BlackPals yang tertarik dengan mesin mobil diesel ini bahkan sudah memiliki, berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk merawat mesin mobil diesel agar tidak cepat rusak.

Lakukan pemanasan mobil terlebih dahulu

Hampir semua mobil termasuk mobil mesin diesel harus melakukan pemanasan kurang lebih 10 menit. Fungsinya adalah untuk memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin mobil. Tapi jangan terlalu lama ya, karena dapat berakibat buruk salah satunya yaitu membahayakan kesehatan. Selain itu, dengan melakukan pemanasan mesin, hal ini dapat mengantisipasi mesin mobil diesel atau mesin bensin yang "kaget" pada komponen mesin-mesin yang bergesekan didalamnya.

Perhatikan penggunaan solar, filter dan tangki solar

Mesin mobil diesel membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Selalu gunakan solar yang memiliki kualitas baik walaupun dengan harganya yang mahal. Gunakan solar yang memiliki kandungan sulfur rendah karena hal ini akan berpengaruh terhadap tarikan mesin yang lebih ringan dan suara mesin akan halus.

Untuk filter mesin mobil diesel sendiri, ketika lampu saringan bahan bakar di dashboard menyala segera lakukan tindakan karena hal itu menandakan kotoran atau air yang menyumbat saringan bahan bakar.

Jika tidak segera dibersihkan, kemungkinan kotoran atau air tersebut dapat masuk ke sistem bahan bakar mesin dan dapat menyebabkan mobil mesin diesel tidak dapat bekerja dengan sempurna bahkan dapat mogok.

Apabila hal ini terjadi maka pemakai mobil harus memompa injection pump karena sifat solar yang tidak menguap. Sehingga apabila tangki mesin mobil diesel dalam keadaan minim atau kosong akan menimbulkan pengembunan yang dapat merusak filter solar mobil. Lebih baik jika tangki solar sudah 1/3 dari kapasitas tangki solar maka lakukan pengisian kembali.

Perawatan water sedimenter

Biasanya filter solar modern yang ada pada mesin mobil diesel sudah dilengkapi dengan water sedimenter. Alat ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. Lakukan cek secara rutin dan berkala kandungan air pada water sedimenter. Apabila indikator bahan bakar menyala, maka itu menandakan kandungan air pada water sedimenter sudah maksimal dan harus segera dibuang.

Perawatan filter udara

Udara yang bersih dapat membuat proses bahan bakar menjadi sempurna dan performa mesin menjadi maksimal. Ukuran pori-pori pada filter udara mesin diesel hanya mencapai 50-60 mikron dan dengan ukuran yang seperti itu, debu dan kotoran dapat masuk kedalamnya. Yang perlu diketahui adalah debu merupakan musuh utama dari mesin mobil diesel.

Debu yang masuk ke dalam mesin mobil diesel akan menyebabkan mesin cepat aus, karena debu menjadi bahan pengasah antar silinder dengan ring piston. Sehingga untuk menghindari kerusakan tersebut, alangkah baiknya kamu rajin dalam membersihkan filter udara mesin diesel.

Jangan langsung mematikan mesin mobil diesel

Jangan pernah mematikan mobil mesin diesel secara langsung ketika selesai digunakan. Setidaknya biarkan mesin tetap menyala selama 5 menit kemudian barulah kamu dapat mematikannya. Mematikan mesin mobil secara langsung dapat menyebabkan mesin "stress" sehingga mengurangi umur dari penggunaan mesin diesel sendiri.

Hal ini dikarenakan BlackPals tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai saat mobil sedang digunakan. Selain itu jika mesin langsung mati, maka otomatis suplai oli akan terhenti dan pendinginan juga akan berhenti.

Lakukan penggantian oli secara berkala

Oli merupakan bagian penting dalam sebuah mesin yang mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin mobil. Kamu harus melakukan penggantian oli setiap 5000 km dan sekaligus mengganti filter olinya. Gesekan yang sering terjadi pada komponen-komponen di dalam mesin termasuk mesin diesel, akan meninggalkan sisa residu yang dapat membuat mesin mobil cepat aus.

Sehingga sangat penting untuk melakukan penggantian oli secara berkala agar kondisi mesin tetap stabil, kokoh dan nyaman untuk digunakan. Cara mengecek oli mesin mobil diesel sama seperti mesin bensin. Caranya dengan menarik dipstick oli setelah itu perhatikan apakah volume oli berada di garis normal atau tidak. 

Bersihkan mesin mobil diesel secara berkala

Untuk membersihkan mobil mesin diesel yang paling ampuh adalah membersihkan mobil dalam keadaan hangat. Maka dari itu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu terhadap mesin mobil dan jangan terlalu lama. Bagaimana cara membersihkannya? Mari simak tips berikut.

Ada dua jenis pembersih yang dapat anda gunakan untuk membersihkan mesin mobil diesel yaitu engine clean yang berfungsi membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada mesin mobil dan engine dressing yang berfungsi untuk mengembalikan warna asli dari komponen mesin tersebut.

Untuk membersihkan mesin mobil diesel, semprotkan terlebih dahulu cairan engine clean yang berfungsi untuk merontokkan debu, oli dan kotoran lainnya yang menempel pada mesin. Untuk bersih yang maksimal kamu dapat menggunakan kuas untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Setelah itu kamu juga hanya tinggal mengelap dan mengeringkan saja bagian mesin mobil.

Yang harus diperhatikan adalah lakukan perawatan mesin mobil diesel ini secara berkala dan rutin. Jangan sampai kamu tidak mengetahui apabila terjadi kerusakan komponen di dalam mesin. Apabila tidak terlalu paham tentang mesin, kamu dapat mengecek rutin kendaraan mobil diesel di bengkel-bengkel resmi yang khusus untuk mesin diesel.

Tags :

#
auto tips,
#
mesin diesel,
#
mobil diesel