MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenapa Simbol “Check Engine” Menyala? Berikut 10 Kemungkinan Alasannya (Part 3)

OCT 24, 2020@13:00 WIB | 512 Views

9. Kerusakan katup resirkulasi gas buang

Sistem resirkulasi gas buang (EGR) menurunkan jumlah nitrogen oksida yang keluar dari mesin mobil dan membantunya bekerja lebih efisien. Ini mengarahkan kembali gas buang panas ke ruang pembakaran, yang menghangatkan bahan bakar dan membuatnya lebih mudah untuk dibakar. Ini juga mengurangi emisi.

Katup EGR bisa tersumbat atau gagal seluruhnya. Jika Anda sedikit cenderung mekanis, Anda dapat melepas katup, membersihkannya, dan memasangnya kembali dalam waktu yang relatif singkat. Jika katup perlu diganti, perkirakan untuk membayar setidaknya $ 125 (1,8 Juta Rupiah) untuk unit baru berkualitas OEM.

Baterai itu sederhana dan penting; tanpanya, mobil Anda tidak dapat menyala, menerangi jalan di depan, atau mengisi daya ponsel Anda. Baterai saat ini bertahan lebih lama dari sebelumnya, dan bebas perawatan. Harga yang baru tergantung pada jenis mobil yang Anda kendarai, tetapi rencanakan untuk menghabiskan setidaknya $ 100 untuk baterai berkualitas.

Mengganti atau mengisi baterai sendiri adalah tugas yang relatif mudah, namun perlu diingat bahwa di beberapa mobil model terbaru, baterai terkubur di bawah penutup plastik yang tak terhitung jumlahnya, dan mungkin agak sulit diakses. Juga, perhatikan bahwa melepaskan baterai sering kali akan mengatur ulang sistem stereo Anda. Jika Anda tidak memiliki kodenya, tanyakan kepada dealer setempat sebelum Anda melepaskan terminal positif dan negatif. Jika tidak, Anda akan mengemudi dalam diam.

10. Lampu mesin cek saya menyala. Sekarang apa?

Mobil-mobil modern penuh dengan lonceng dan peluit berteknologi tinggi, tetapi entah mengapa Anda masih membutuhkan perangkat aftermarket terpisah untuk menguraikan mengapa lampu check engine menyala. Kebanyakan pengendara cukup membawa mobilnya ke diler. Itu jalan keluar yang mudah, tetapi juga merupakan rute yang paling mahal untuk diambil. Jika Anda ingin melewatkan perjalanan ke bengkel, belanjakan beberapa dolar untuk pemindai OBD II yang kompatibel dengan Bluetooth (atau adaptor yang lebih canggih) dan unduh aplikasi yang kompatibel seperti Torque dari Google Play Store atau App Store Apple. Anda bisa mendapatkan alat dan aplikasinya dengan harga kurang dari $ 15 (225 Ribu Rupiah), yang lumayan, mengingat banyak toko mengenakan biaya antara $ 50 (750 Ribu Rupiah) dan $ 100 (1,5 Juta Rupiah) untuk menarik kode dari ECU.

Baca: Kenapa Simbol “Check Engine” Menyala? Berikut 10 Kemungkinan Alasannya (Part 1)

Siap? Mulailah dengan menemukan port OBD II mobil Anda. Biasanya ada di footwell pengemudi, tidak jauh dari pelepasan kap, tapi terkadang tersembunyi di balik konsol tengah atau di kompartemen yang terpasang di lantai. Colokkan pemindai, luncurkan aplikasi di ponsel Anda, dan kode kesalahan yang disimpan di ECU mobil akan muncul di layar. Terkadang kode dijelaskan dengan jelas; namun kadangkala Anda perlu melakukan sedikit penelusuran untuk mencari tahu arti seperti P1301. Manual perbaikan berguna untuk menguraikan kode, tetapi Google biasanya memiliki jawabannya.

Kode kesalahan adalah alat diagnostik yang dapat membantu Anda mengetahui dari mana harus memulai saat mobil Anda perlu diperbaiki; berhati-hatilah untuk memahami batasan mereka. Kode kesalahan tidak selalu menceritakan kisah lengkapnya.

Suatu kali, saat mengerjakan mobil kerabat yang kehilangan semua daya, kode ECU menunjukkan adanya masalah dengan turbo. Tetapi masalahnya bukan pada bagian itu sendiri - itu adalah selang vakum yang retak. Singkat cerita: Memiliki daftar kode yang Anda inginkan tidak selalu berarti solusi yang mudah. Anda mungkin perlu menghabiskan beberapa menit (atau, paling buruk, beberapa jam) mencari-cari di sekitar ruang mesin untuk menemukan masalahnya.

Ada pemindai kode tingkat profesional yang lebih tepat tetapi juga jauh lebih mahal. Pemindai hanya dapat memberi Anda kode; Anda juga membutuhkan pengetahuan mendalam tentang arti setiap kode atau cara yang berguna untuk mengetahuinya. Sebagai alternatif, beberapa toko suku cadang mobil akan menjalankan tes diagnostik secara gratis. Namun, mendapatkan pemindai Bluetooth dan aplikasi akan menghemat waktu dan uang Anda sekaligus membuat Anda lebih paham tentang mobil. Pastikan unit yang Anda pilih kompatibel dengan mobil Anda sebelum membelinya. Beberapa pemindai yang lebih murah tidak akan berfungsi dengan semua merek dan model, jadi sebaiknya lakukan penelitian Anda.

Apakah lampu check engine akan memberi tahu saya kapan saya harus memperbaiki mobil saya?

Baca: Kenapa Simbol “Check Engine” Menyala? Berikut 10 Kemungkinan Alasannya (Part 2)

Lampu check engine memberikan gambaran - terkadang tepat, terkadang samar - tentang apa yang salah dengan mobil. Namun, itu tidak menggantikan mekanik yang terampil atau perawatan rutin.

Dengan kata lain, jangan menunggu sampai lampu check engine menyala untuk memenuhi kebutuhan perawatan mobil Anda. ECU tidak akan memperingatkan Anda bahwa pompa air akan mati, salah satu sambungan bola aus, atau AC akan berhenti menghembuskan udara dingin pada pertengahan Agustus. Lampu mesin hanya akan menyala setelah kesalahan sistem telah terjadi. Dalam beberapa kasus, kerusakan akibat kegagalan tersebut bisa menjadi bencana besar.

Perawatan mobil membutuhkan pendekatan dua arah. Pemeliharaan rutin dan preventif akan mengatasi masalah umum sebelum gagal, dan pemeliharaan diagnostik yang tepat waktu akan menangani suara, bau, atau perasaan baru atau yang berubah.

Kami menyarankan Anda membiasakan diri dengan kebutuhan perawatan mobil Anda. Memahami kendaraan Anda dengan lebih baik berarti Anda tahu persis kapan harus mengganti oli, kapan harus membuang cairan pendingin, dan kapan harus mengganti bantalan rem. Jika Anda mempelajari seluk beluk kendaraan Anda, Anda tidak perlu lampu check engine untuk memberi tahu Anda jika ada yang salah. Dan, Anda bahkan dapat menghindari masalah yang menyebabkan cahaya menyala di tempat pertama. [elisa/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
indikator check engine,
#
penyebab masalah check engine,
#
tips mobil,
#
check engine menyala