MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenali Indikator Check Engine Mobil Diesel Anda Menyala Saat Stay at Home

APR 13, 2020@16:03 WIB | 644 Views

Keputusan Lockdown atau dalam skala lebih kecil  PSBB membuat pusing pemilik mobil diesel dengan mesin barunya. Apa yang membuat mobil diesel Anda terbengkalai, akibat kurang mobilitas?  Beberapa tahun terakhir mesin diesel modern telah dilengkapi Diesel Particulate Filters (DPF) yang dtelah digunakan untuk semua mobil diesel. Salah satunya telah menjadi bagian yang harus lolos pengujian Kementerian Perhubungan Inggris sejak 2013.  


Secara fungsi DPF menangkap dan menyimpan jelaga yang dihasilkan oleh mesin diesel, secara fungsi mungkin menyamai cathalityc coverter pada mesin mobil berbahan bakar bensin, sama-sama untuk mengurangi emisi yang semakin ketat untuk benua eropa.


DPF hanya mampu menangkap jelaga dengan kapasitas minimum, jika melebihi kapasitas jelaga  dibakar. Untuk mengurangi jelaga, mobil diesel harus dikendarai sekitar 15 sampai 20 menit dengan putaran mesin 2500 rpm bahkan lebih.  Langkah ini yang kemudian disebut sebagai regeneratif DPF.  Namun klaim tersebut tidak sepenuhnya memenuhi ekspektasi. 
Pasalnya indikasi lain ditangkap oleh Independent Garage Association (IGA), jika hanya melakukan perjalanan singkat selama  lockdown, tidak mungkin DPF bisa regenerasi sesingkat itu.  Sebagai gantinya, IGA menyarankan pemilik mobil diesel modern, untuk menggunakan mobilnya sejauh 10-15 mil untuk menghindari penyumbantan pada DPF.
Tanpa dua hal diatas, DPF dengan kondisi jelaga terlalu banyak, cukup susah  pembakarannya, akibatnya tumpukan jelaga bakal mengakibatkan indikator check engine menyala. Kondisi ini menghilangkan kemungkinan mobil diesel Anda bisa digunakan, sampai ada tukang service andalan Anda melakukan pengecekan di garasi Anda.  Mekanik bakal meregenerasi DPF secara paksa, melalui alat khusus, hasilnya mungkin cukup ideal. Atau anda bakal menggantinya sendiri, dengan membeli filter baru seharga 3000 euro.


Namun bila owner membiarkan check engine menyala, dan terus menggunakan mobil dieselnya dalam keadaan DPF penuh, resikonya DPF akan terblok, dalam status  atau mode home.  Check Engine mungkin tidak selalu merujuk pada kondisi DPF, dan itu bisa saja membuat Anda ragu sebenarnya apa yang terjadi. Maka jalan terakhir dengan memanggil mekanik atau bengkel langganan Anda BlackPals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
check engine menyala,
#
mobil diesel,
#
diesel particulate filters,
#
jelaga karbon,
#
covid-19,
#
lockdown