MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingat, Ban Motor Juga Punya Masa Kadaluarsa

JAN 31, 2019@16:00 WIB | 324 Views

Selama ini, mungkin kita berfikir kalau pendek atau panjangnya usia pakai ban motor sangat bergantung terhadap bagaimana karakter berkendara kita. Hal itu sebenarnya tidak salah, tapi yang mungkin selama ini tidak terfikir oleh kita adalah, ban motor juga mempunyai masa kadaluarsa.

Masa kadaluarsa ban motor emang sering tidak diperhatikan karena biasanya, kita menjadikan kondisi fisik sebagai patokan baik atau tidaknya ban. Oleh karena itu, tidak sedikit pemotor yang tetap berkendara dengan ban yang sudah kadaluarsa.

Makanya, saat Anda membeli ban motor, jangan lupa untuk mengecek kode produksi yang tertera di bagian samping. Karena meskipun baru, namun bisa saja ban itu sudah lama diproduksi, dan masa kadaluarsanya sudah dekat.

Biasanya, kode produksi ban berjumlah 5-8 digit, tapi setiap pabrikan ban memiliki jumlah digit yang berbeda-beda. Tapi untuk lebih mudahnya, cukup memperhatikan empat angka dari belakang yang menandakan minggu sekaligus tahun produksi sebuah ban. Contohnya, jika terdapat kode seperti 2418" maka artinya adalah ban itu diproduksi pada minggu ke-24 2018.

Lantas, berapa lama usia pakai dari sebuah ban? Untuk ban-ban produksi lokal masa pakainya itu adalah selama tiga tahun, sementara ban impor biasanya mencapai lima tahun. Jika tetap menggunakan ban yang sudah lewat masa kadaluarsanya, karet ban akan jadi keras dan getas, sehingga lama kelamaan, bisa muncul retak-retak pada ban.[ap/timBX]

Tags :

#
ban,
#
umur ban